Patriarkat Armenia Yerusalem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patriarkat Armenia Yerusalem
PenggolonganGereja Ortodoks Oriental
BahasaArmenia
Kantor pusatKota Lama Yerusalem
DaerahIsrael, Palestinian Authority, and Jordan
PendiriRasul Bartolomeus dan Tadeus
KemerdekaanApostolic Era
Pengakuanby Armenian Apostolic Church as their autonomous church
Situs web resmiarmenian-patriarchate.com

Patriarkat Armenia Yerusalem juga dikenal sebagai Patriarkat Armenia Santo Yakobus (bahasa Armenia: Առաքելական Աթոռ Սրբոց Յակովբեանց Յերուսաղեմ, Aṙak’yelakan At’voṙ Srboc’ Yakovbeanc’ Yerusaġem, terj. har.'Takhta Apostolik Santo Yakobus di Yerusalem') terletak di Perempatan Armenia di Yerusalem. Gereja Apostolik Armenia secara resmi diakui di bawah sistem pengakuan Israel, untuk mengatur sendiri masalah status, seperti pernikahan dan perceraian.

Uskup Agung Nourhan Manougian, sebelumnya Sakristan Agung dan Vikaris Patriarkal, menjadi Patriark Armenia Yerusalem ke-97 pada 24 Januari 2013. Manougian menggantikan Uskup Agung Torkom Manoogian, yang meninggal pada 12 Oktober 2012, setelah menjalani 22 tahun masa jabatannya. Patriark, bersama dengan sinode tujuh pendeta yang dipilih oleh Persaudaraan St. James, mengawasi operasi Patriarkat.

Selama Perang Dunia I, orang-orang yang selamat dari genosida Armenia berlindung di biara Armenia di Yerusalem. Populasi Armenia di Yerusalem saat itu mencapai 25.000 orang. Tetapi ketidakstabilan politik dan ekonomi di wilayah tersebut telah mengurangi populasi Armenia. Sebagian besar orang Armenia di Yerusalem tinggal di dalam dan sekitar Patriarkat di Biara St. Yakobus, yang menempati sebagian besar Kawasan Armenia di Kota Tua. Selain Yerusalem, ada komunitas Armenia di Jaffa, Haifa dan Nazaret, dan di Wilayah Palestina.

Komunitas Armenia Yerusalem menggunakan kalender Julius Kuno, tidak seperti Gereja Armenia lainnya, yang menggunakan kalender Gregorius.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Church Calendar". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-03. Diakses tanggal 2017-03-02.