Panekuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panekuk dengan stroberi
Panekuk Skotlandia.

Panekuk atau kue dadar (bahasa Inggris: pancake) adalah kue yang dibuat dari terigu, telur ayam, gula dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan datar yang diolesi sedikit minyak. Setelah matang, panekuk bisa dihidangkan sewaktu masih hangat atau setelah dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega dan sirup mapel, selai, atau madu. Selain itu, panekuk juga sering dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging (dari babi berupa bacon atau ham).

Adonan biasanya dicampur bahan pengembang seperti bubuk pengembang, soda kue, ragi, bir, atau kocokan putih telur. Panekuk yang enak biasanya adalah panekuk yang "ringan" karena berisi udara yang terperangkap di dalam adonan. Adonan juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras. Sewaktu menuangkan adonan, wajan yang sudah panas diletakkan atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian bawah panekuk setelah matang menjadi berwarna kuning keemasan. Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan susu mentega, yogurt, atau susu kedelai.

Di seluruh dunia terdapat berbagai ragaman panekuk. Poffertjes adalah salah satu ragaman panekuk yang berukuran kecil. Crêpe adalah salah satu ragaman panekuk yang dibuat menjadi lembaran yang sangat tipis. Bergantung pada tradisi setempat, panekuk ini bisa dimakan dengan menggunakan pisau dan garpu, atau dimakan dengan tangan.

Ragam lokal[sunting | sunting sumber]

  • Indonesia: serabi, dibuat dari tepung beras
  • Myanmar: bein mont, dibuat dari tepung beras
  • Hungaria: palatschinke, dibuat dari tepung, susu atau air soda, gula, dan telur

Bahan pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Siegelman, Stephen, Bette Kroening, Sue Conley (2003). The Pancake Handbook: Specialties from Bette's Oceanview. Ten Speed Press. ISBN 1-58008-537-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]