PAS Mantab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
PAS Mantab
Pas Mantab.jpg
PAS Mantab
Format Komedi
Negara Indonesia
Jumlah episode 200+
Produksi
Durasi 105 menit (23.00-00.45 hari Sabtu)
Siaran
Saluran asli Trans7
Penayangan awal Sabtu, 6 Maret 2010 – Sabtu, 15 Februari 2014
Kronologi
Dilanjutkan oleh Asik Tiap Malam (22 Februari 2014-sekarang)
Pranala luar
Trans7

PAS Mantab adalah acara talkshow berbasis komedi yang ditayangkan oleh Trans7. Tayang sejak Sabtu, 6 Maret 2010 hingga Sabtu, 15 Februari 2014, dan telah mencapai hingga lebih dari 200 episode. Acara ini dibawakan oleh tiga pelawak yang juga memperkuat Opera Van Java, yaitu Parto, Andre Taulany, dan Sule. Acara ini menjadi acara komedi alternatif selain OVJ (Opera Van Java), bedanya jika OVJ murni sebuah acara komedi, sedangkan PAS Mantab merupakan sebuah talkshow yang dikemas dengan komedi sebagai genre-nya. Selain itu, jika komedi dalam OVJ mereka keluar pada naskah cerita, sedangkan PAS Mantab mereka keluar dari set, seperti bintang tamu yang tiba-tiba ditanya soal perselingkuhannya, padahal dia tidak selingkuh.[1] Acara ini pernah diplesetkan pada acara Yuk Keep Smile di Trans TV sebagai PAS Mangap. Acara dengan konsep dan pembawa acara yang sama juga ditayangkan di NET. dengan nama Ini Talkshow.

Konsep acara[sunting | sunting sumber]

PAS Mantab dikemas dengan setting di sebuah rumah yang diceritakan milik Andre, yang merupakan orang terkaya di kelurahan tersebut, dimana kelurahan itu dipimpin oleh seorang lurah, yaitu Parto. Sedangkan Sule berperan sebagai asisten di rumah Andre, tapi kadang-kadang juga bekerja pada Parto. Dalam setiap episodenya, bintang tamu akan masuk dalam sketsa cerita dan berpura-pura mempunyai kepentingan/urusan dengan pembawa acara utama. Namun di sela-sela sketsa, Andre akan menyelipkan beberapa pertanyaan mengenai kehidupan dan kesibukan para bintang tamu saat ini. Tak jarang para bintang tamu ini menjadi target sasaran kejahilan dan keusilan Parto dan Sule. Di dalam setiap episodenya, Parto, Andre, dan Sule akan membawakan sketsa yang berbeda serta peran yang berbeda, sehingga bintang tamu yang hadir dituntut untuk ikut hanyut dalam alur sketsa tersebut.[2] Yang membedakan PAS Mantab dengan talkshow pada umumnya terletak pada caranya mengundang bintang tamu. Pada kebanyakan talkshow, bintang tamu/narasumber dipanggil untuk masuk ke dalam studio oleh pembawa acara dengan menyebut nama narasumber, sedangkan di PAS Mantab pembawa acara jarang menyebut nama bintang tamu yang akan ditanya oleh pembawa acara, paling sering bintang tamu disuruh duduk oleh host, lalu diberi bermacam-macam pertanyaan, baik itu yang berhubungan atau tidak sama sekali dengan bintang tamu itu.

Bintang Tamu dan Pemeran Pengganti[sunting | sunting sumber]

Bintang Tamu[sunting | sunting sumber]

Sejak penayangan perdana PAS Mantab hingga sekarang, ratusan public figure pernah menjadi bintang tamu pada acara PAS Mantab, mulai dari aktor, penyanyi, pelawak, atlet, hingga politisi. Berikut adalah daftar bintang tamu yang pernah hadir di PAS Mantab dan digolongkan berdasarkan profesinya:

Aktor/Aktris/Model
Penyanyi (solo)
Pelawak
Band
Politisi dan mantan politisi
Grup musik (boyband/girlband/idol group, dan lain-lain)
Atlet/Pembalap

Pemeran Pengganti[sunting | sunting sumber]

Terkadang, pada beberapa episode pembawa acara utama berhalangan hadir sehingga digantikan oleh selebritis lain (biasanya pelawak) untuk menjadi pembawa acara. Diceritakan, pemeran pengganti ini mempunyai hubungan dengan pembawa acara utama, seperti hubungan kerabat/kaluarga/saudara, teman main/sekolah, guru, dan sebagainya.

Beberapa selebritis yang pernah menjadi pemeran pengganti yaitu:

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parto, Andre, dan Sule siap beraksi di PAS Mantab kapanlagi.com. Diakses pada 24 Juli 2012.
  2. ^ Sinopsis PAS Mantab di situs resmi Trans7 trans7.co.id. Diakses pada 24 Juli 2012.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Award Kategori Hasil
2011 Panasonic Gobel Awards 2011 Program Talkshow Hiburan Nominasi
2012 Panasonic Gobel Awards 2012 Program Talkshow Hiburan Nominasi
2013 Panasonic Gobel Awards 2013 Program Talkshow Hiburan Nominasi
2014 Panasonic Gobel Awards 2014 Program Talkshow Hiburan Menang

Pranala luar[sunting | sunting sumber]