OVJ Sahurnya Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sahurnya OVJ
Format 135 menit (02.15 - 04.30 WIB)
Jumlah musim 6
Jumlah episode 146 (hingga 7 Agustus 2013)
Siaran
Saluran asli Trans 7
Penayangan awal Sabtu, 22 Agustus 2009 – sekarang


Sahurnya OVJ (nama acaranya sama dengan tahun 2010-2011, sebelumnya bernama OVJ Sahurnya Indonesia pada tahun 2012 dan Opera Van Java Sahur pada tahun 2009) adalah salah satu kemasan/paket acara spesial dari Opera Van Java yang khusus ditayangkan selama bulan Ramadhan saat sahur. Acara ini mulai tayang sejak Sabtu, 22 Agustus 2009 hingga sekarang, pada season 1 hingga season 5, acara dimulai pada pukul 2.30 WIB, tetapi pada season 6, jam tayangnya dimajukan 15 menit menjadi pukul 2.15 WIB, acara ini berlangsung hingga adzan Subuh wilayah Jakarta dan sekitarnya berkumandang, dan saat ini sudah mencapai enam musim (season). Pada musim 2009 acara ini bernama Opera Van Java Sahur, lalu pada musim 2010 dan 2011 namanya menjadi Sahurnya OVJ, dan pada musim 2012 namanya diubah menjadi OVJ Sahurnya Indonesia, tetapi pada musim 2013 ini namanya kembali dengan Sahurnya OVJ dengan mengalami sedikit perubahan pada kemasan acaranya. Tahun 2013, Sahurnya OVJ termasuk dalam acara Ramadhan yang disponsori oleh merek-merek ternama dalam setiap sesi kuisnya yaitu Luwak White Koffie, Indosat Mentari, Yamaha Mio, dan Clavo (dulu disponsori oleh 76 Mild).

Sejarah dan Kronologi[sunting | sunting sumber]

2009 (Opera Van Java Sahur)[sunting | sunting sumber]

Buat pertama kalinya, Opera Van Java menampilkan kemasan/paket acara spesial bulan suci Ramadhan, yaitu Opera Van Java Sahur yang mulai tayang sejak Sabtu, 22 Agustus 2009 hingga Sabtu, 19 September 2009 dengan total 29 episode. Opera Van Java Sahur memiliki kemasan yang sedikit berbeda dengan Opera Van Java reguler, yaitu terdapat segmen buat sketsa cerita, kuis, dan ceramah dari ustadz-ustadz ternama. Pada salah satu episode OVJ Sahur, terjadi pertukaran antara Olga Syahputra dengan Azis Gagap, dimana Olga Syahputra yang mengisi acara SKS (Saatnya Kita Sahur) masuk ke OVJ Sahur, sedangkan Azis Gagap sebaliknya, masuk ke SKS dari OVJ Sahur. Namun, pertukaran ini cuma terjadi setengah episode, dan setelah itu mereka dikembalikan lagi ke acara masing-masing karena mereka sudah terlalu banyak disiksa.

2010-2011 (Sahurnya OVJ)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun berikutnya, Opera Van Java kembali menampilkan paket acara spesial sahur, tetapi namanya berganti menjadi Sahurnya OVJ. Tayang pertama kali sejak Rabu, 11 Agustus 2010 hingga Jum'at, 9 September 2010, Sahurnya OVJ menjadi acara sahur dengan rating tertinggi kedua (setelah Saatnya Kita Sahur) dari seluruh acara TV spesial sahur di Indonesia. Konsep acara Sahurnya OVJ menyerupai OVJ Sahur pada tahun sebelumnya. Cuma, terdapat beberapa perbedaan, yaitu tidak ada lagi segmen ceramah dari ustadz-ustadz ternama. Sebagai gantinya, di akhir episode Sahurnya OVJ terdapat segmen "Serbuh" (singkatan dari "Serangan Subuh"), dimana pemirsa Sahurnya OVJ membawa barang atau memakai kostum yang disuruh pada hari itu, seperti panci, kandang ayam, tangga bambu, hingga mobil antik, dan kostum yang digunakan pun bisa bermacam-macam, seperti baju ronda, daster, dan sebagainya.

Sahurnya OVJ berlanjut pada tahun 2011, dimana konsep acaranya seperti Sahurnya OVJ pada tahun 2010, mulai tayang sejak Senin, 1 Agustus 2011 hingga Selasa, 30 Agustus 2011. Cuma, pada Sahurnya OVJ musim ketiga ini terdapat pertandingan adu bakat menyanyikan lagu "Kite Lagi" yang menjadi lagu tema (theme song) Opera Van Java dengan nama "Kite Lagi Cari Bakat"[1] yang dimana juara satu bakal mendapatkan uang tunai @ Rp 10,000,000.00, juara dua @ Rp 7,500,000.00, juara tiga @ Rp 5,000,000.00. Buat segmen lainnya, tetap sama seperti Sahurnya OVJ sebelumnya.

2012 (OVJ Sahurnya Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Opera Van Java edisi sahur terus mengalami perkembangan dan evolusi. Setelah Sahurnya OVJ, kini OVJ edisi sahur berganti nama menjadi OVJ Sahurnya Indonesia, dimana terjadi perubahan dari Sahurnya OVJ, seperti penggunaan monitor/screen di area pemusik, sinden, dan dalang, segmen "Serbuh" ("Serangan Subuh") yang kini menggunakan sistem lelang (auction), dimana pengisi acara seperti dalang, wayang, dan bintang tamu menawar barang yang dibawa pemirsa OVJ Sahurnya Indonesia dengan harga setinggi-tingginya, hingga mencapai penawaran tertinggi, dan penawar tertinggi harus membeli barang tersebut layaknya lelang pada umumnya. Buat barang yang bakal dilelang, ada kriteria yang ditentukan oleh tim OVJ Sahurnya Indonesia, dan barang yang terpilih itulah yang bakal dilelang. Setiap Sabtu-Minggu, ada bazar barang hasil lelang yang dijual kepada pemirsa, dan hasil penjualan tersebut nantinya bakal disumbangkan buat amal. Selain itu, terdapat segmen "Mamah Nori, Curhat Dong" yang dibawakan oleh Mpok Nori, berisi nasihat-nasihat dari Mamah Nori dan pertanyaan-pertanyaan yang tentu saja dibawakan secara jenaka oleh pengisi acara. Sayangnya, Olga Syahputra dan Adul sudah pindah ke acara Waktunya Kita Sahur.

2013 (Sahurnya OVJ)[sunting | sunting sumber]

Setelah mengganti nama kembali seperti tahun 2010-2011, acara ini secara garis besar, tidak ada perubahan yang terlalu mencolok dengan format acara pada tahun 2012, hanya perbedaannya tahun ini, ada lawak khusus yang meniru berbagai acara baik itu acara pencarian bakat, talkshow, maupun kuis yang pastinya diubah dengan gaya lawak khas OVJ, juga di segmen "Serbuh" ("Serangan Subuh"), terdapat perubahan sistem yaitu dengan menaruh suatu benda didalam koper dan dalang Parto akan memberikan petunjuk dan cara menjawabnya dengan membawa barang tersebut ke acaranya langsung dan batasan waktunya hingga jam 4 pagi, selain itu ada permainan yang bernama Rodeo OVJ dimana setiap pemain OVJ memilih satu orang yang akan mewakili para pemain untuk menaiki juga berusaha agar tidak terjatuh dari banteng mesin yang bergoyang lambat hingga sangat cepat selama 1 menit, selain bertahan agar tidak jatuh, peserta disuruh memilih pertanyaan dari 3 kategori yaitu musik, pengetahuan umum dan matematika dimana setiap kategori berisi 5 pertanyaan yang masing-masing bernilai 50 ribu rupiah, dan jika peserta bisa bertahan hingga 1 menit maka peserta akan diberikan uang sebesar 1 juta rupiah, dan jika peserta tidak mampu bertahan hingga 1 menit, maka pemain OVJ yang bersangkutan akan disirami tepung sebagai hukumannya.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Dari sekian banyak tayangan ramadhan berbentuk komedi, acara Sahurnya OVJ merupakan acara yang reputasinya paling buruk karena kerap ditegur KPI.

Penghinaan terhadap agama Islam[sunting | sunting sumber]

OVJ Sahurnya Indonesia episode 31 Juli 2012 merupakan salah satu episode OVJ Sahurnya Indonesia yang memiliki reputasi cukup buruk karena banyolan dari Sule dinilai telah melecehkan umat Islam.

Sule yang memerankan adegan sebagai seorang ustadz dinilai melecehkan agama Islam. Pasalnya, Sule yang mengenakan pakaian Muslim, masih tetap mengenakan anting di telinga sebelah kiri. Padahal, Sule berperan sebagi ustadz yang memberikan ceramah agama.

Protes atas tayangan OVJ Sahurnya Indonesia disampaikan seorang warga bernama Iskandar. Iskandar bahkan telah mengirimkan surat ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Rabu, 1 Agustus 2012. Menurut Iskandar, tanyangan itu konyol dan tidak lucu bagi umat Islam. Iskandar juga meminta KPI memperingatkan Sule.

Diberitakan sebelumnya, KPI telah menegur tayangan "Waktunya Kita Sahur" yang disiarkan secara langsung di Trans TV. Di salah satu episode, tayangan itu dinilai melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) Tahun 2012.

Akibat dari isu ini, harga saham Gallaher Indonesia sebagai produsen 76 Mild anjlok.

OVJ Sahurnya Indonesia dan rokok[sunting | sunting sumber]

OVJ Sahurnya Indonesia termasuk dalam acara spesial Ramadhan yang disponsori oleh merek rokok, 76 Mild, setelah sukses dengan Saatnya Kita Sahur pada tahun 2007 - 2011.

Padahal, rokok mengandung racun tar dan nikotin dan dianggap haram, dan merokok adalah salah satu hal yang membatalkan puasa. Pihak 76 Mild mengakali perkara tersebut dengan mengatakan bahwa iklan rokok 76 Mild "Yang Penting Heppiii..." adalah untuk mensponsori acara OVJ Sahurnya Indonesia dan bukan untuk tujuan lain, yaitu untuk menawarkan rokok kepada yang sedang berpuasa, padahal :

"MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN" (versi lama)

"(gambar orang merokok dengan asap tengkorak) PERINGATAN: ROKOK MEMBUNUHMU (18+)" (versi baru)

Setelah satu tahun tidak disponsori oleh merek rokok, pada tahun 2013, Sahurnya OVJ kembali disponsori oleh merek rokok Djarum Clavo, dengan menggunakan slogan "Karya Tangan Indonesia".

Ditegur KPI[sunting | sunting sumber]

Teguran KPI dilayangkan kepada Sahurnya OVJ di Trans7 pada 12 Juli 2013. para bintang Sahurnya OVJ seperti Andre Taulani, Desta, Nunung, Parto melakukan lawakan yang melecehkan. Padahal, Jauh sebelum memasuki bulan Ramadan, KPI memang sudah mengingatkan agar acara lawak di televisi berhati-hati. KPI pun sempat menyayangkan karena acara di sahur atau berbuka puasa jauh dari semangat Ramadan karena lebih banyak mengandung unsur lawakan yang melecehkan.

Pemain Sahurnya OVJ[sunting | sunting sumber]

Inilah nama-nama pemain yang mengisi acara Sahurnya OVJ pada tahun 2013 :

  • Pemain Utama :

-Parto Patrio (sebagai dalang)
-Sule (sebagai security, suami Nunung)
-Andre Taulany (sebagai pak RT)
-Azis Gagap
-Nunung (sebagai istri Sule)
-Desta
-Luna Maya
-Bopak

  • Pemain Pendukung :

-Mpok Nori (hanya tampil diacara Mamah Nori Curhat Dong)
-Pak Tarno (sebagai ayah Andre)
-Dede (sebagai patung pada acara kuis Clavo atau berperan apa saja)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Audisi Kite Lagi Cari Bakat 2011 operavanjava.com. Diakses pada 24 Juli 2012.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]