Mohamed Rahmat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tan Sri Mohamed bin Rahmat (lahir di Pulai, 4 Januari 1938 – meninggal di Kuala Lumpur, 1 Januari 2010 pada umur 71 tahun) adalah politikus Malaysia keturunan Jawa-Tionghoa.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tokoh yang akrab disapa Tok Mat ini menempuh pendidikan sastra di Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia, pada tahun 1961, namun tidak tamat akibat Konfrontasi Indonesia-Malaysia.

Pada tahun 1978, Mohamed diangkat oleh Perdana Menteri Hussein Onn sebagai menteri penerangan dalam kabinetnya dan tetap menjabat hingga pemerintahan berganti ke tangan Mahathir Mohamad, dan berhenti pada tahun 1982. Setelah perombakan kabinet, Mohamed diangkat sebagai DuBes Malaysia untuk Indonesia berpangkat menteri dan menjabat hingga tahun 1984.

Pada tahun 1987, ia diangkat kembali oleh PM Mahathir Mohamad sebagai menteri penerangan dan menjabat hingga tahun 1999. Sebagai menteri penerangan, ia membawa pengaruh besar pada sistem siaran di Malaysia. Ia tidak hanya penggagas program Setia Bersama Rakyat (SeMaRak), sebuah konsolidasi membangkitkan kesadaran nasional, tetapi juga dikenal karena menghimbau pemusik rock seperti Awie dari Wings maupun Amy dari Search harus memangkas rambutnya yang gondrong bila hendak tampil di Radio Televisyen Malaysia (RTM).

Antara tahun 1988-1996, Mohamed menjadi Sekretaris Jenderal UMNO, partai terbesar di Malaysia. Di saat yang sama ia juga menjadi SekJend. Barisan Nasional (1988-1999) dan karena itu ia menjadi tokoh politik berpengaruh sepanjang tahun-tahun tersebut.

Mohamed yang mengidap penyakit ginjal dan 10 tahun harus menjalani hemodialisis ini meninggal dalam tidurnya hanya 3 hari sebelum hari UlTahnya. Ia dimakamkan di Bukit Kiara, daerah pinggiran Kuala Lumpur.

Puteranya Nur Jazlan bin Mohamed juga mengikuti jejaknya sebagai politikus.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Taib Mahmud
Menteri Penerangan
1978-1982
Diteruskan oleh:
Mohd Adib bin Mohd Adam
Didahului oleh:
Tengku Ahmad Rithaudeen Al-Haj bin Tengku Ismail
Menteri Penerangan
1987-1999
Diteruskan oleh:
Mohd Khalil Yaakob