Mikroblog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut. Pesan-pesan ini dapat dikirim melalui berbagai cara, yaitu melalui SMS (layanan pesan singkat), pesan instan, surat elektronik, digital audio atau web.

Yang membedakan mikroblog dengan blog lainnya adalah mikroblog memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran blog sebenarnya. Akan tetapi tujuannya tetap sama yaitu pengguna menulis topik tertentu. Pengguna mikroblog juga dapat memberikan komentar kepada teks pembaharuan yang dibuat oleh pengguna lain dan begitu juga sebaliknya. Layanan ini dapat diunduh secara gratis. Tidak ada kriteria-kriteria khusus untuk menggunakan layanan ini, semua orang di seluruh dunia dapat melakukan aktivitas menulis teks pembaharuan singkat dengan fasilitas yang diberikan oleh mikroblog.

Mikroblog telah mengalami perkembangan dan menyediakan banyak fasilitas yang bisa pengguna manfaatkan. Layanan ini memiliki banyak macam berikut kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pilihan bagi pengguna.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pownce adalah suatu situs web jejaring sosial dan mikroblog yang dirintis oleh Dig, Kevin Rose, Leah Culver, Daniel Burka dan Shawn Allen. Layanannya meliputi agian pesan, berkas, kegiatan dan pranala dengan teman atau kontak. Sejak peluncurannya pada 27 Juni 2007, anggota baru hanya dapat bergabung jika diundang oleh orang yang telah menjadi anggota Pownce. Akan tetapi, Pownce efektif ditutup pada tanggal 15 Desember 2008 dan anggota timnya bergabung dengan perusahaan SixApart. Layanan baru yang akan menggantikannya adalah Motion yang sekarang masih dalam proses pengerjaan.Situs web jejaring sosial populer Facebook dan MySpace juga memiliki fitur mikroblog yang disebut pembaharuan status atau status update.

Layanan terpopuler untuk mikroblog adalah Twitter yang diluncurkan pada Juli 2006 dan telah memenangi Web Award untuk kategori blog pada konferensi South by Southwest 2007 di Austin, Texas. Selain Twitter, layanan lain yang memberikan layanan yang sama dan paling sering digunakan adalah Tumblr, Plurk, Squeelr, Jaiku dan identi.ca. Baru-baru ini, jenis layanan dan perangkat lunak dengan fitur mikroblog telah dikembangkan. Pada layanan Squeelr, pengguna dapat menambahkan geolocation dan gambar ke mikroblog dan menghilangkan akun pengguna, sehingga layanan mikroblog anonim.

Mikroblog berkembang secara lokal ke beberapa daerah di dunia, antara lain Eropa khusunya di Prancis dan Jerman dengan Frazr, Korea Selatan dengan PlayTalk, Tiongkok dengan Fanfou dan Zousa, India dengan Ugaldo, serta Britania Raya dengan Blabto. Pada bulan Mei 2007, suatu artikel menyebutkan adanya 111 situs web mirip Twitter di seluruh dunia.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa studi, terutama oleh Harvard Business School dan Sysomos, telah mencoba menganalisis perilaku penggunaan layanan mikroblog. Kesimpulan dari penelitian yang mereka lakukan menunjukkan bahwa salah satu aktivitas masyarakat sekarang adalah menulis teks pembaharuan singkat.

Dalam surveinya yang didasarkan pada lebih dari 11 juta pengguna, Sysomos menunjukkan bahwa 10% dari mereka memiliki akun Twitter. Mikroblog memungkinkan pengguna menulis teks pembaharuan singkat tentang kehidupan pengguna di mana saja dan mengirimnya ke pengguna lain yang dapat dilakukan setiap waktu. Selain itu mikroblog dapat dijadikan juga sebagai media pengiriman berita. Perusahaan media seperti BBC, The New York Times dan Al Jazeera sedang mencoba mikroblog khususnya Twitter sebagai cara untuk mengirim dan menerima berita.

Baru-baru ini mikroblog juga sering dijadikan media kampanye dan promosi bagi calon presiden atau kontestan sebuah ajang untuk mencari dukungan. Calon presiden atau kontestan tersebut memiliki profil pada mikroblognya dan pengguna lain dapat memeriksa teks pembaharuannya tiap waktu. Layanan mikroblog juga muncul sebagai sumber yang penting untuk mengetahui berita dan situasi baru-baru ini.

Mikroblog merupakan pesan singkat yang memungkinkan pengguna untuk menulis berita dengan cepat dalam hitungan detik. Dengan bertumbuhnya mikroblog, banyak pengguna ingin mempertahankan kehadiran di lebih dari satu jejaring sosial. Untuk itu terdapat layanan seperti Ping.fm yang akan mengirimkan mikroblog pengguna ke beberapa jejaring sosial.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Pesan Instan[sunting | sunting sumber]

Pesan instan adalah sebuah teknologi internet yang mengizinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama. Pesan instan seperti Yahoo Messenger dan Windows Live Messenger menyediakan fasilitas penulisan teks pembaharuan yang bisa disebut pesan pribadi (personal message).

Ketiker[sunting | sunting sumber]

Ketiker adalah sebuah situs web jejaring sosial dan mikroblog dengan teks tulisan yang dibatasi sampai 200 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna dan dapat mengirim pesan kepada pengguna lain. Ketiker memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca berbasis teks posting dan berbagi gambar dan video. Semua usia mulai dari anak anak hingga dewasa dapat registerasi/bergabung di Ketiker karena Ketiker tidak memandang usia penggunanya.

Twitter[sunting | sunting sumber]

Twitter adalah suatu situs web layanan jejaring sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan teks pembaharuan dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS (Short Message Service), pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific, Twitasari dan Twitbin.

Plurk[sunting | sunting sumber]

Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim teks pembaharuan melalui antarmuka web, pesan singkat atau cara lain dengan panjang maksimum 140 karakter. Teks pembaharuan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaharuan yang diterima dengan urutan kronologis dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan atau pesan singkat.

Facebook[sunting | sunting sumber]

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang sedang marak dilakukan di dunia maya. Banyak aplikasi yang bisa pengguna lakukan. Salah satunya adalah menulis teks pembaharuan yang bisa ditulis oleh pengguna yang memiliki akun dan dilihat oleh pengguna yang tentunya juga memiliki akun Facebook.

Instagram

Instagram adalah layanan jejaring sosial berbagi foto dan video Amerika yang dimiliki oleh Facebook, dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger dan awalnya diluncurkan di iOS pada Oktober 2010. Saat ini Instagram tidak hanya digunakan untuk membagikan foto, namun banyak dimanfaatkan untuk beriklan dan membuat konten mikroblog. Mikroblog di Instagram dapat dibuat dengan memanfaatkan fitur carousel, yang memungkinkan memposting 10 gambar sekaligus. Selain itu, fitur mikroblog di Instagram juga berfungsi untuk meningkatkan interaksi antarpengguna.

Jaiku[sunting | sunting sumber]

Jaiku adalah salah satu situs web layanan jejaring sosial dan mikroblog. Jaiku memilki kegunaan yang hampir sama dengan Twitter yaitu memberikan fasilitas untuk menulis teks pembaharuan yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Catchfriend[sunting | sunting sumber]

Catchfriend situs web jejaring sosial murni buatan programmer Indonesia yang dibuat untuk mengimbangi popularitas Facebook. Secara umum fitur web ini sama dengan Facebook, namun mengurangi beberapa fitur Facebook, dan menambahkan fitur-fitur yang berbeda (belum ada di FB). Untuk Anda yang susah menghafal nama domain Catchfriend saat akan mengetikkannya di URL, Anda dapat mengakseskannya melalui http://www.rencang.com Diarsipkan 2020-12-02 di Wayback Machine. .


Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Sawyer, Stacey C. & Williams, Brian K. (2001). Using Information Technology, New York: McGraw-Hill Company.
  • Lin, Carolyn A. & Atkin, David A. (2002). Communication Technology and Society, Cresskill, NJ: Hampton Press, Inc.