Myspace

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Myspace
Myspacelogo2013.svg
URL www.myspace.com
Komersial? Ya
Jenis situs Layanan jejaring sosial
Pendaftaran Dibutuhkan untuk berbagai fasilitas
Bahasa Multibahasa (semula hanya berbahasa Inggris)
Pemilik News Corporation
Dibuat oleh Thomas Anderson
Christopher DeWolfe
Diluncurkan 2003
Peringkat Alexa
  1. 5[1]
Status saat ini Aktif

Myspace (dahulu MySpace) merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation. MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Berdasarkan comScore, MySpace telah disusul oleh kompetitor internasional utamanya yaitu Facebook pada bulan April 2008. MySpace mempekerjakan 1000 karyawan pada bulan Juni 2009. Perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News Corporation.

Isi profil MySpace[sunting | sunting sumber]

Moods[sunting | sunting sumber]

Moods adalah emosikon kecil yang digunakan untuk menggambarkan suasana hati pengguna MySpace. Fitur ini telah ditambahkan pada MySpace bulan Juli 2007. Pada tahun 2010, fitur moods ini tidak disertakan secara default dalam update status, tapi bisa digunakan di homepage sebagai update yang terpisah.

Blurbs, blog, multimedia[sunting | sunting sumber]

Profil dalam MySpace berisi dua standar "blurbs", yaitu bagian "About Me" dan "Who I'd Like to Meet”. Profil juga memuat bagian "Interests" dan "Details". Pada bagian "Details", status dan daftar zodiak selalu ditampilkan kecuali jika anggota tidak mengisinya. Profil juga berisi blog dengan aspek standar untuk isi, emosi, dan media. MySpace juga dapat mengunggah gambar. Salah satu gambar dapat dipilih untuk menjadi gambar default, yaitu gambar yang akan terlihat pada halaman utama profil, halaman pencarian, dan juga sebagai gambar yang akan muncul di samping nama pengguna pada komentar, pesan, dan lain-lain. Tersedia pula sebuah editor foto oleh FotoFlexer yang tidak hanya dapat memotong gambar dan mengantur kontras, tetapi juga dapat mengubah foto menjadi kartun atau memasang wajah pengguna dalam foto bergambar uang $100. Seperti pada layanan video MySpace, flash bisa dimuat. Tersedia pula fitur blogging. Fitur-fitur ini bisa disimpan di profil dengan menggunakan pengkostumisasi modul atau menggunakan kode HTML/CSS. Foto bisa ditampilkan di MySpace, tidak dengan link seperti zaman tahun-tahun sebelumnya. Dan foto-foto dapat dibuat menjadi bentuk slide show.

Komentar[sunting | sunting sumber]

Di bawah daftar teman pengguna MySpace terdapat lahan untuk bagian komentar, dimana teman-teman pengguna dapat meninggalkan komentar yang bisa dibaca oleh siapapun yang membuka profil pengguna tersebut. Pengguna MySpace memiliki pilihan untuk menghapus komentar apapun atau mengharuskan semua komentar untuk disetujui sebelum posting. Jika akun pengguna dihapus, setiap komentar dari pengguna yang ada di profil lain akan dihapus, dan diganti dengan komentar yang menyatakan "This Profile No Longer Exists", artinya profil tersebut tidak ada lagi. Pilihan untuk menggunakan HTML dalam komentar bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.

Profil kustomisasi (HTML / CSS)[sunting | sunting sumber]

MySpace memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan halaman profil penggunau dengan memasukkan HTML (tetapi tidak JavaScript) ke bagian-bagian seperti "About Me", "I'd Like to Meet", dan "Interests". Video dan konten berbasis flash bisa dimasukkan dengan cara ini. Pengguna juga memiliki pilihan untuk menambahkan musik ke halaman profil mereka melalui MySpace Music, sebuah layanan yang memungkinkan band-band untuk memasang lagu mereka di MySpace.

Seorang pengguna juga dapat mengubah penampilan umum halamannya dengan .nmemasukkan CSS (dalam elemen <style> ... </style>) ke salah satu bidang untuk menimpa gaya default halaman lembar tersebut menggunakan editor MySpace. Hal ini sering digunakan untuk pemilihan font dan warna. Ada beberapa situs web independen yang menawarkan fungsi mendesain tata letak MySpace yang memungkinkan pengguna untuk memilih dan meninjau seperti apa halaman mereka akan terlihat dengan bantuan desain tersebut. Pada tahun 2008, MySpace meluncurkan Profile 2.0 baru sebagai generasi berikutnya dari profil MySpace. Profile 2.0 memiliki antarmuka yang bersih serta kemampuan untuk menyembunyikan atau menampilkan modul profil, bersama dengan menyesuaikan posisi modul pada profil. Susunan tata letak Profile 2.0 dirilis di internet secara langsung dalam waktu cepat karena penggunaan tata letak MySpace klasik tidak bekerja dengan Profile 2.0.

Profile 2.0 dikritik karena tidak mempertimbangkan hak ketika mencoba untuk menambahkan kustom CSS. Untuk menambahkan kustom CSS, tema asli akan dibuang dan membuat banyak MySpace tweak tidak fungsional dalam tata letak Profile 2.0. Pada tahun 2010, MySpace meninggalkan tata letak Profile 1.0 dan menjadikan Profile 2.0 sebagai fitur standar profil. Keunggulannya adalah antarmuka yang bersih dan banyaknya tema yang dikemas dengan customizer, juga dengan membuat tema kustom menggunakan berbagai parameter pengeditan profil. Aplikasi digunakan untuk dekorasi. Sementara Profile 2.0 adalah standar tata letak, suatu profil baru mulai diluncurkan sebagai peningkatan mutu yang bersifat opsional. Profil baru ini diluncurkan untuk mengikuti tren dari antarmuka profil modern dan memberikan suatu desain yang lebih dewasa dan sederhana. Profile 3.0 memungkinkan pengguna menggunakan kustomisasi yang lebih lebih fleksibel dan membangun tema dengan lebih sederhana, namun tidak jauh berbeda dari antarmuka Profile 2.0. BK©

Musik[sunting | sunting sumber]

Profil MySpace untuk musisi pada bagian situs web MySpace Music berbeda dari profil normal, profil ini memungkinkan seniman untuk mengunggah seluruh diskografi mereka yang terdiri dari lagu-lagu dengan format MP3. Sang pengunggah harus memiliki hak untuk menggunakan lagu-lagu (misalnya karya mereka sendiri, izin yang diberikan, dll). Musisi yang tidak berkontrak dapat menggunakan MySpace untuk mengirim dan menjual musiknya dengan menggunakan SNOCAP, yang telah terbukti populer di kalangan pengguna MySpace.


Tak lama setelah MySpace dijual kepada Rupert Murdoch, pemilik berita Fox dan 20th Century Fox, pada 2005 mereka meluncurkan label rekaman mereka sendiri, MySpace Records, dalam upaya untuk menemukan bakat yang tidak diketahui saat ini di MySpace Music. Dari artis yang sudah menjadi terkenal atau masih mencari jalan masuk ke industri, seniman dapat mengunggah lagu mereka ke MySpace dan memiliki akses ke jutaan orang setiap hari. Beberapa penyanyi terkenal seperti Lily Allen dan Sean Kingston memperoleh ketenaran melalui MySpace. Ketersediaan musik pada situs web ini terus berkembang, sebagian besar didorong oleh bakat muda. Lebih dari delapan juta seniman telah ditemukan oleh MySpace dan banyak lagi yang akan terus ditemukan setiap harinya. Pada akhir 2007, MySpace meluncurkan situs The MySpace Transmission, yang memuat serangkaian serial mengenai rekaman langsung di studio oleh seniman terkenal.


MySpace, pada tahun 2008, telah mendesain ulang halaman musik dengan menambahkan fitur baru untuk semua musisi. Fitur-fitur baru ini termasuk kemampuan pengguna untuk membuat playlist, menyerupai fungsi Last.fm dan situs musik sosial, bersama dengan ProjectPlaylist yang populer di profil. Fitur musik yang baru ini juga menampung lagu-lagu dari artis populer, menyerupai layanan dari iTunes dan Napster. Pada bulan Maret 2010, mendengarkan lagu penuh dalam hasil pencarian tidak lagi dilakukan dan telah digantikan oleh sampel 30 detik. MySpace Music juga menyarankan lagu-lagu berdasarkan lagu-lagu yang sedang pengguna dengarkan atau lagu-lagu yang pengguna telah cantumkan dalam daftar putar, menjadikannya sebagai alat pendeteksi musik.


MySpace Music juga memperbaharui fitur playlist dan profil artis, bersama dengan fitur saran musik yang lebih baik, menjadikannya salah satu situs musik yang maju di Web. Situs web ini memiliki grafik yang mirip dengan grafik lagu Billboard dan melacak musik paling populer yang disukai oleh pengguna MySpace dari semua genre. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat musik populer di negara-negara lain di dunia, terutama di Eropa dan negara-negara Asia seperti Cina dan Rusia. Hal ini menyokong dan membantu mempromosikan musik internasional di seluruh dunia, sehingga globalisasi dunia musik tercipta lebih mudah dari sebelumnya. Situs web ini juga memungkinkan pengguna untuk menemukan lagu-lagu dan album baru, untuk mendapatkan ujung tombak musik baru.

Kritik Sosial dan Budaya[sunting | sunting sumber]

Dave Itzkoff, dalam Playboy (majalah) Juni 2006, mencoba memaparkan pengalamannya dengan keanggotaan beliau di MySpace. Dia mengindikasikan bahwa duplikasi desain sentral MySpace dilakukan untuk menyatukan orang-orang. Salah satu di antara beberapa kritiknya berkaitan dengan jarak yang dapat dijangkau internet memberikan keberanian bagi pengguna, contohnya bagi pengguna wanita yang menampilkan foto dirinya dengan pakaian minim pada halaman profilnya atau bersikap dan berperilaku tidak seperti yang akan mereka lakukan dalam kehidupan nyata.

Itzkoff juga berpendapat tentang sifat adiktif, bahwa situs ini memakan waktu penggunanya. MySpace memberikan akses banyak orang kepada kehidupan anggota, tanpa memberikan waktu yang dibutuhkan untuk mengelola hubungan tersebut dan bahwa relasi tersebut tidak memiliki kedalaman hubungan.

Itzkoff mengkritisi permohonan komersial dengan cara yang lebih halus di situs, seperti spanduk web dan link ke profil dan video klip yang berubah menjadi, misalnya, iklan untuk keluaran baru 20th Century Fox film. Ia juga mengamati bahwa bagian musik yang sangat didukung dan diapresiasi oleh MySpace lebih berat kepada keinginan label perusahaan rekaman, bukan musisi terobosan.

Dalam kritik yang sehubungan dari seorang yang disebut 'Judas' oleh Itzkoff, dia mengilustrasikan bahwa saat tujuan “untuk menghubungkan dan menyatukan orang-orang yang mungkin tidak bergaul dengan satu sama lain dalam kehidupan nyata” mungkin tampak mulia, MySpace melanggar kontrak sosial, sehingga ia menilai bahwa MySpace tidak lebih dari situs iseng belaka.

Hak Musisi dan Perjanjian Persyaratan Penggunaan MySpace[sunting | sunting sumber]

Sampai dengan Juni 2006, ada perhatian dari para musisi, seniman, dan band di MySpace seperti penulis lagu Billy Bragg mengenai fine print dalam perjanjian pengguna yang berbunyi, "Anda dengan ini memberikan kepada MySpace.com sebuah lisensi yang berlaku di seluruh dunia (dengan hak untuk mensublisensikan dengan tingkat sublisensi yang tidak terbatas) yang bersifat non-eksklusif, dan bebas royalti untuk menggunakan, menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, menampilkan dan menyajikan kepada umum, menyimpan, memperbanyak, mentransmisikan, dan menyebarluaskan konten tersebut pada dan melalui Layanan. "

Fine print ini membawa kekhawatiran tertentu sebagai perjanjian yang dibuat oleh Murdoch's News Corporation. Billy Bragg membawa masalah ini ke media dan menarik perhatian pada minggu pertama di bulan Juni 2006. Jeff Berman, seorang juru bicara MySpace cepat menanggapi isu ini dengan mengatakan, "Karena kelegalan tersebut telah menimbulkan kebingungan, kami sedang bekerja merevisinya untuk membuat kejelasan bahwa MySpace tidak mencari izin untuk melakukan hal-hal berkaitan dengan hasil kerja seorang seniman selain memungkinkannya untuk dibagikan dengan cara yang seniman kehendaki.”

Pada 27 Juni 2006, MySpace telah mengubah perjanjian pengguna tersebut menjadi "MySpace.com tidak mengklaim hak kepemilikan dalam teks, file, gambar, foto, suara, video dan video karya musik, karya kepengarangan, ataupun materi lain (secara kolektif, Content) yang Anda posting dengan Layanan MySpace. Setelah posting konten Anda ke Layanan MySpace, Anda dapat terus mempertahankan semua hak kepemilikan dalam materi tersebut, dan Anda terus memiliki hak untuk menggunakan konten Anda dengan cara apapun yang Anda pilih.”

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Pete Cashmore (2006-07-11). "MySpace, America’s Number One". Mashable.com. Retrieved 2010-07-24.
  • My Space is not their space anymore – Article on the move to Beverly Hills. Retrieved March 16, 2007.
  • Goldman, David (2009-06-16). "MySpace to cut 30%, or 430 jobs". CNN. Retrieved 2010-03-30

Pranala luar[sunting | sunting sumber]