Michaëlle Jean

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Her Excellency the Rt. Hon. Michaëlle Jean
Michaëlle Jean 1 11072007.jpg
Urutan: Gubernur Jenderal Kanada ke-27
Mulai Menjabat: 27 September 2005 -
Pendahulu: Adrienne Clarkson
Tanggal Lahir: 6 September 1957 (umur 56)
Kelahiran: Port-au-Prince, Haiti
Suami: Jean-Daniel Lafond
Profesi: Wartawati
Agama: Katolik Roma

Michaëlle Jean, CC, CMM, COM, CD [mi•ka•ɛl ʒɑ̃] (lahir di Port-au-Prince, 6 September 1957; umur 56 tahun) adalah Gubernur Jenderal Kanada sekarang ini. Jean ditunjuk oleh Ratu Elizabeth II, setelah mendapat rekomendasi dari Perdana Menteri Paul Martin untuk menggantikan posisi Adrienne Clarkson dan menjadi gubernur jenderal Kanada ke-27. Sebelumnya, ia adalah seorang jurnalis dan penyiar CBC.

Pengangkatannya diumumkan pada 4 Agustus 2005 dan dilantik pada 27 September. Sebagai Gubernur Jenderal Kanada, ia mendapat gelar Her Excellency saat menjabat dan gelar The Right Honourable seumur hidup. Setelah selesai menjabat, ia akan dimasukkan ke Badan Penasihat Ratu untuk Kanada.

Jean adalah orang kulit hitam pertama, perempuan ketiga, dan imigran kedua yang menjabat sebagai gubernur jenderal.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Michaëlle Jean mengungsi dari Haiti bersama keluarganya pada 1968. Ayahnya adalah seorang filsuf yang disiksa dibawah rezim François Duvalier dan terpisah dari keluarganya selama 30 tahun. Selain bahasa Inggris dan Perancis, Jean juga lancar berbahasa Spanyol, Italia, dan Kreol Haiti, serta bisa membaca bahasa Portugis.

Selama di universitas, Jean bekerja di tempat penampungan wanita yang mengalami kekerasan dari tahun 1979 sampai 1987. Setelahnya, ia turut serta mendirikan sebuah jaringan penampungan untuk wanita dan anak-anak di Kanada. Ia bekerja di organisasi yang menolong imigran masuk ke Kanada, dan kemudian bekerja untuk Employment and Immigration Canada serta Conseil des Communautés culturelles du Québec. Sebelum menjabat gubernur jenderal, Jean memegang kewarganegaraan ganda Kanada dan Perancis sebagai hasil dari pernikahannya. Namun pada 23 September 2005, ia melepas kewarganegaraan Perancis karena tanggung jawab sebagai Gubernur Jenderal Kanada. [1]

Lambang[sunting | sunting sumber]

Setelah dilantik menjadi gubernur jenderal, sebuah lambang pribadi untuk Jean dibuat. Lambangnya menggambarkan asal-usulnya dari Haiti. Perisainya menunjukkan dolar pasir, sebuah lambang khusus untuk Jean, dan mahkota, melambangkan otoritasnya. Di atasnya terdapat sebuah kerang dalam rantai yang terbuka, melambangkan kebebasan leluhurnya dari perbudakan. Penopangnya adalah dua Simbi, roh air dalam budaya Haiti. Mottonya adalah Briser les solitudes dan di sekeliling perisai terdapat lingkaran Order of Canada bertuliskan Desiderantes meliorem patriam yang berarti "Mereka mendambakan negara yang lebih baik".


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prime Minister Paul Martin's Announcement
  2. ^ Stephen Harper's remarks
  3. ^ Governor General Clarkson's reaction to the appointment
  4. ^ NDP's Reaction

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Adrienne Clarkson
Gubernur Jenderal Kanada
2005
Diteruskan oleh:
masih menjabat