Adrienne Louise Clarkson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yang Mulia Adrienne Louise Clarkson
Aclarkson.jpg
Jabatan: Gubernur Jenderal Kanada
Masa Jabatan: 7 Oktober 1999 - 27 September 2005
Pendahulu: Roméo LeBlanc
Pengganti: Michaëlle Jean
Tanggal lahir: 10 Februari 1939
Tempat: Hong Kong
Suami: John Ralston Saul
Profesi: Wartawati
Agama: Anglikan

Adrienne Louise Clarkson, PC, CC, CMM, COM, CD, LL.D (lahir di Hong Kong, Cina, 10 Februari 1939; umur 75 tahun) adalah seorang wartawati Kanada yang sukses. Dari 7 Oktober 1999 hingga 27 September 2005 beliau menjabat sebagai Gubernur Jenderal Kanada yang ke-26. Ia adalah orang Tionghoa Kanada pertama dan perempuan kedua yang menduduki jabatan ini; yang pertama adalah Jeanne Sauvé.

Masa kecil dan karier[sunting | sunting sumber]

Adrienne Louise Clarkson, seorang suku Hakka dilahirkan dengan nama Tionghoa: 伍冰枝; pinyin: Wǔ Bīngzhī, bahasa Hakka: Ńg Pên-kî) di Hong Kong dengan ayah William Poy, seorang pengusaha Australia dan veteran Perang Dunia II yang cemerlang dan ibu Ethel Poy (伍英才 Pinyin: Wǔ Yīngcái), namun dibesarkan di Ottawa. Negeri leluhur Clarkson adalah Taishan, Guangdong, Tiongkok. Karena ayahnya adalah seorang kawula Britania Raya, ia diikutsertakan dalam pertukaran tawanan perang dengan Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang. Setelah itu keluarganya pindah ke Kanada, dengan menggunakan klausa “keadaan khusus” dalam Undang-undang Imigrasi Tiongkok tahun 1923 yang mengizinkan orang Tionghoa berimigrasi ke Kanada pada masa Perang Dunia II tahun 1942. Clarkson mengklaim bahwa salah satu kenangannya yang paling awal adalah bersembunyi di bawah tanah di rumahnya di Hong Kong pada saat penyerangan Jepang.

Saudara laki-lakinya adalah seorang ahli bedah plastik yang sudah pensiun di Toronto, Dr Neville Poy. Ipar perempuannya adalah Senator Vivienne Poy.

Status Clarkson sebagai imigran/pengungsi telah banyak dibicarakan, demikian pula “asal-usulnya yang sederhana.” Para pengkritik Clarkson menuding bahwa sesungguhnya ia dilahirkan di lingkungan elit Hong Kong dan di rumahnya ia mempuyai banyak pelayan. Ketika keluarganya pindah ke Kanada, keadaan mereka jauh dari kemewahan, namun tidak berarti miskin.

Clarkson belajar di sekolah negeri di Ottawa hingga tahun1956 (lulus dari Lisgar Collegiate Institute), lalu ia masuk ke Trinity College, yang merupakan bagian dari Universitas Toronto. Pada saat itu Clarkson memenangkan medali Gubernur Jenderal dalam bahasa Inggris. Ia lulus dengan gelar Bachelor of Arts pada 1960, dan setelah itu ia bepergian bersama orangtuanya ke Asia Timur dan Asia Tenggara. Studi pasca-sarjananya diambilnya di Sorbonne.

Ia mulai mengambil program Masternya pada 1962, dengan tesis tentang puisi-puisi George Meredith. Pada tahun berikutnya ia menikah dengan Stephen Clarkson, seorang profesor ilmu politik di Universitas Toronto. Mereka bercerai pada 1975. Pasangan ini mempunyai tiga anak, yaitu anak perempuan. Kyra Clarkson (lahir 1969) adalah lulusan Sekolah Menengah Northern dan saat ini bekerja sebagai arsitek di kantor arsitek Tod Williams Billie Tsien di New York City. Kyra tinggal di daerah Brooklyn Heights di New York. Pada 1971 pasangan ini mendapatkan dua anak perempuan kembar, Blaise dan Pascal. Pada usia 9 bulan Pascal meninggal dunia karena "sindroma kematian bayi mendadak". Blaise Clarkson melanjutkan studi sebagai mahasiswa kedokteran di Universitas Toronto. Stephen Clarkson diberikan hak perwalian terhadap dua anak yang masih hidup. Setelah bercerai, anak-anaknya menjadi terasing dari ibu mereka, dan kini jarang sekali berbicara dengannya. Christina McCall, istri kedua Stephen Clarkson, mengadopsi kedua anak perempuan itu.

pada tahun 1970-an.]]

Adrienne Clarkson dikenal luas dari pekerjaannya dalam penyiaran, karena ia pernah menjadi penyelenggara program untuk CBC antara 1964-1982. Pada 1964 ia mulai bekerja sebagai peninjau buku lepas untuk acara aneka-rupa siang hari Take 30 setelah ia diperkenalkan kepada para produsernya oleh seorang teman ketika masih kuliah dulu. Setelah kurang dari setahun dalam jabatan ini, ia dipromosikan menjadi ko-penyelenggara, sehingga menjadi salah satu anggota kelompok minoritas yang menonjol dengan posisi yang menonjol pula di TV Kanada. Clarkson tetap dengan Take 30 selama satu dekade dan pada saat itu ia pun mulai berkiprah dalam jurnalisme cetak. Ia menjadi penyumbang tetap untuk penerbitan seperti Maclean's dan Chatelaine. Ia juga menulis dan menerbitkan novel-novel fiksi romantiknya sendiri: A Lover More Condoling pada 1968 dan Hunger Trace pada 1970. Ia juga menerbitkan buku non-fiksi True to You in My Fashion: A Woman Talks to Men About Marriage, sebuah kumpulan wawancara dengan kaum pria menyangkut topik perceraian pada 1971 (pada saat yang sama perkawinannya yang pertama mengalami guncangan hebat).

Sesuai tradisi Clarkson dan Saul akan menanam dua pohon oak untuk menandai akhir masa jabatannya pada 26 September 2005 pada pk 14:00 tetapi acara itu dibatalkan karena cuaca buruk. [1] Pagi itu ia menghadiri sebuah perayaan di Parliament Hill; di sana para anggota Majelis Rendah mengucapkan terima kasih atas pekerjaannya. Perdana Menteri secara pribadi menyatakan terima kasihnya karena ia bersedia memperpanjang masa jabatannya satu tahun lebih lama. Pada upacara ini, sesuai tradisi, kepada Clarkson diserahkan Bendera Gubernur Jenderal yang dikibarkan di gedung parlemen ketika ia memegang jabatan.

Sebuah kontroversi terakhir terjadi pada hari-hari terakhir masa jabatan Clarkon. Ia memutuskan untuk menghadiri acara pengambilan sumpah penggantiniya, Mme Jean. Inilah kali pertama dalam lebih dari 100 tahun seorang Gubernur Jenderal menghadiri acara pengambilan sumpah penggantinya. Ia dan mengendarai sebuah Toyota Avalon setelah acara itu, lalu berangkat menuju Toronto. Mereka mempunyai rumah di distrik The Annex kota itu. Di sana mereka melanjutkan kehidupan sebagai warga biasa.

Setelah meninggalkan Rideau Hall Clarkson menandatangani kontrak untuk dua buku dengan Penguin Canada untuk menerbitkan memoarnya. Buku pertama akan berjudul "Heart Matters". Hal ini akan menjadikan Clarkson bekas Gubernur Jenderal ketiga yang menerbitkan sebuah otobiografi; yang pertama adalah Panglima Earl Alexander dari Tunisia dan yang kedua Massey yang menerbitkan What's past is prologue: the memoirs of the Right Honourable Vincent Massey, C. H. pada 1963.

Meskipun masa jabatannya agak kontroversial, banyak orang memuji Clarkson karena menjadi Gubernur Jenderal pertama yang relevan sejak Vincent Massey pada tahun 1950-an (atau, alternatifnya, sejak Roland Michener pada 1970-an).

Agama[sunting | sunting sumber]

Clarkson adalah seorang Anglikan, seperti halnya dengan seluruh keluarganya hingga lima generasi sebelumnya. Pamannya adalah seorang pendeta di Gereja Anglikan Tionghoa di Hong Kong. Clarkson belajar di Trinity College karena itu adalah sebuah sekolah Anglikan. Ketika di sana, ia pernah berpacaran meskipun tidak begitu serius dengan mahasiswa teologi, Michael Peers yang belakangan menjadi seorang Uskup Agung. Persahabatan ini tetap dipertahankan selama bertahun-tahun. Peers adalah pendeta yang memberkati pernikahan Clarkson dengan Saul serta mengambil sumpahnya pada pelantikannya sebagai Gubernur Jenderal dan memimpin upacara penguburan kedua orangtuanya. Clarkson juga dipuji karena mengembalikan doa pada upacara pelantikannya. Bagian doa ini dihapuskan ketika Romeo LeBlanc dilantik pada 1995. [2]

Clarkson dikagumi oleh umat karena ia terbuka tentang keyakinannya pada waktu ia berada di Rideau Hall, meskipun kabarnya ia merasa sedih karena tak ada orang muda Kanada yang pernah mempertanyakan imannya pada masa jabatannya sebagai Gubernur Jenderal. Lambangnya mengandung sejumlah unsur keagamaan. Yang menonjol adalah harimau yang mengenakan sebuah lencana yang didasarkan pada lencana yang diberikan kepada Gereja Anglikan Kanada pada 1995. Lambang itu juga memuat sebuah motto bahasa Latin yang terjemahannya adalah: "KIranya Hanya Kebenaran yang Diucapkan, kiranya hanya kebenaran yang didengar". Pada sebuah wawancara pada Desember 2005 dengan Anglican Journal, ia mengatakan bahwa pesan yang ingin disampaikannya melalui lambangnya itu ialah bahwa "Saya adalah seorang Anglikan dan itu adalah bagian dari kehidupan saya; bahwa saya sungguh-sungguh merasa betah di lingkungan Gereja Anglikan". [3] Dalam wawancara yang sama ia mengkritik apa yang disebutnya sebagai "perbedaan yang dalam" di kalangan Gereja Anglikan menyangkut homoseksualitas.

Clarkson juga terkenal karena mengunjungi Gereja-gereja Anglikan di seluruh Kanada dalam berbagai kunjungannya, dan mengatakan bahwa ia senang menyaksikan bagaimana gereja itu mengambil tempat dalam komunitas-komunitas di seluruh Kanada. Keyakinkan publiknya, seperti halnya juga dengan masa jabatannya, pernah menciptakan pertikaian. Ia khususnya dikritik ketika ia tampak mengambil komuni di sebuah Gereja Katolik, dan bukan Gereja Anglikan. [4] [5]

Gelar dan kehormatan[sunting | sunting sumber]

Gelar yang digunakan[sunting | sunting sumber]

Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan yang dimenangkan[sunting | sunting sumber]

  • (1974) Penghargaan Actra
  • (1982) Penghargaan Award
  • (1993) Penghargaan Gemini Best Host in a Light Information, Variety or Performing Arts Program or Series untuk Adrienne Clarkson Presents
  • (1995) Gemeaux Award Meilleur spécial des arts de la scène untuk Peau, chair et os ditampilkan dalam acara Adrienne Clarkson Presents.

Nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Gemini[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Gemini[7]:

  • (1992) Best Host in a Light Information, Variety or Performing Arts Program or Series untuk Adrienne Clarkson Presents
  • (1993) Best Performing Arts Program untuk Adrienne Clarkson Presents - bersama dengan Gordon Stewart
  • (1994) Donald Brittain Award for Best Social/Political Documentary Program untuk Adrienne Clarkson Presents
  • (1994) Best Host in a Lifestyle Information, Variety or Performing Arts Program or Series untuk Adrienne Clarkson Presents
  • (1995) Best Performing Arts Program untuk Adrienne Clarkson Presents
  • (1998) Best Performing Arts Program or Series, or Arts Documentary Program untuk Adrienne Clarkson Presents: Black and White to Colour: The Making of "The English Patient"
  • (1998) Best Performing Arts Program or Series, or Arts Documentary Program untuk Adrienne Clarkson Presents

Gelar-gelar kehormatan[sunting | sunting sumber]

Referensi dan catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://gg.ca/media/doc.asp?lang=e&DocID=365
  2. ^ http://gg.ca/media/doc.asp?lang=e&DocID=405
  3. ^ http://gg.ca/media/doc.asp?lang=e&DocID=4487
  4. ^ http://www.monarchist.ca/cmn/installed.htm
  5. ^ This quote is taken from the Anglican Journal. Vol 131. No. 10, December 2005 page 10. This interview is accessible online at http://anglicanjournal.com/131/10/canada04.html
  6. ^ http://www.findarticles.com/p/articles/mi_m1141/is_16_39/ai_98370562
  7. ^ http://anglicanjournal.com/129/03/canada07.html
  8. ^ [16] Privy Council Database. Clarkson was sworn in on October 3rd 2005.
  9. ^ [17] Academy.ca awards database. Criteria was Search by persons name. All Award Shows. Adrienne Clarkson.
  10. ^http://web.uvic.ca/univsec/governance/hondegreelist.html
  11. ^http://www.gg.ca/media/doc.asp?lang=e&DocID=4215
  12. ^http://www.lsuc.on.ca/news/a/archives/index.cfm?c=1029&i=6293
  13. ^ http://www.uottawa.ca/rector/citations/2003/citation_clarkson.html
  14. ^ http://www.news.utoronto.ca/bin2/010531a.asp
  15. ^ http://www.gg.ca/media/doc.asp?lang=e&DocID=4012
  16. ^ http://www.gg.ca/media/doc.asp?lang=e&DocID=4050
  17. ^ http://newsfromrussia.com/science/2003/09/30/50247.html

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Clarkson adalah pengarang terkenal dan mempunyai daftar terbitannya sendiri Adrienne Clarkson Books dari penerbit McClelland and Stewart.

Fiksi[sunting | sunting sumber]

  • A Lover More Condoling. Toronto: McClelland and Stewart, 1968.
  • Hunger Trace. New York: William Morrow, 1970. (cetak ulang pada 1971 dengan judul Love Affair).

Non-fiksi[sunting | sunting sumber]

  • True to You in My Fashion: A Woman Talks to Men About Marriage. Toronto: New Press, 1971.
  • Writing Home: A PEN Canada Anthology (disunting oleh Constance Rooke). McClelland & Stewart, 1997. - Clarkson menyumbangkan sebuah esai.
  • Heart Matters Toronto: Penguin Canada. - otobiografi Clarkson (akan terbit Musim Gugur 2006)
  • The Circle Widens Toronto: Penguin Canada. - non-fiksi sejarah (akan terbit Musim Gugur 2007)

Buku-buku menarik lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Canada's House: Rideau Hall and the Invention of a Canadian Home oleh Margaret Macmillan, Marjorie Harris, & Anne L. Desjardins - Clarkson & Saul menulis pengamatan mereka terhadap sejarah dan kehidupan sehari-hari di Rideau Hall dalam buku ini.
  • A History of Women in the Canadian Military oleh Barbara Dundas (pengantar oleh Clarkson)
  • An Unlikely Affair: the Irving Layton-Dorothy Rath Correspondence oleh Irving Layton & Dorothy Rath. Oakville: Mosaic Press/Valley Editions 1980. (pengantar oleh Clarkson)
Didahului oleh:
Roméo LeBlanc
Gubernur Jenderal Kanada
1999–2005
Diteruskan oleh:
Michaëlle Jean
Didahului oleh:
Warner Troyer dan Adrienne Clarkson
Host The Fifth Estate
1976–1982
Diteruskan oleh:
Hana Gartner
Didahului oleh:
(posisi baru)
Perwakilan untuk Ontario di Perancis
1982–1987
Diteruskan oleh:
kosong
Didahului oleh:
Anna Camerona dan Paul Soles
Host Take 30
1965–1975
Diteruskan oleh:
Mary Lou Finlay

Templat:Gubernur Jenderal Kanada

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]