François Duvalier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
François Duvalier
Duvalier pada 1968
Presiden Haiti Ke-32
Masa jabatan
22 Oktober 1957 – 21 April 1971
Sebelum
Pendahulu
Antonio Thrasybule Kébreau (Ketua Dewan Militer)
Sebelum
Menteri Kesehatan dan Tenaga Kerja
Masa jabatan
14 Oktober 1949 – 10 Mei 1950
PresidenDumarsais Estimé
Sebelum
Pendahulu
Antonio Vieux (Kesehatan Masyarakat)
Louis Bazin (Tenaga Kerja)
Pengganti
Joseph Loubeau (Kesehatan Masyarakat)
Emile Saint-Lot (Tenaga Kerja)
Wakil Menteri Tenaga Kerja
Masa jabatan
26 November 1948 – 14 Oktober 1949
PresidenDumarsais Estimé
Informasi pribadi
Lahir(1907-04-14)14 April 1907
Port-au-Prince, Haiti
Meninggal21 April 1971(1971-04-21) (umur 64)
Port-au-Prince, Haiti
Partai politikKesatuan Nasional [1][2]
Suami/istriSimone Duvalier
AnakMarie‑Denise Duvalier
Nicole Duvalier
Simone Duvalier
Jean-Claude Duvalier
Alma materUniversity of Haiti (MD)
PekerjaanDokter
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

François Duvalier yang dikenal sebagai "Papa Doc" (14 April 1907 – 21 April 1971) adalah Presiden Haiti dari 1957 dan belakangan diktator (Presiden seumur hidup) sejak 1964 hingga kematiannya. Pemerintahannya ditandai oleh otokrasi, korupsi, dan penggunaan tentara pribadi (lihat Tonton Macoute) untuk mempertahankan kekuasaannya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Papa Doc dilahirkan di Port-au-Prince dalam sebuah keluarga yang berasal dari Martinique. Ia belajar sebagai dokter, dan melayani di daerah-daerah pedesaan. Di sana ia mendapatkan pujian karena membantu orang-orang miskin memerangi tipus dan penyakit-penyakit lainnya. Ia menikah dengan Simone Ovide pada 1939, dan menjadi direktur jenderal pelayanan kesehatan nasional pada 1946. Pada 1949, ia diangkat menjadi menteri Kesehatan dan Tenaga Kerja. Setelah menentang kudeta Paul Magloire, ia terpaksa bersembunyi hingga diumumkannya amnesti pada 1956.

Terpilih pada 1957[sunting | sunting sumber]

Dengan dukungan tentara, Duvalier memenangi pemilu Haiti 1957. Ia berkampanye sebagai seorang pemimpin populis, dengan menggunakan strategi noirist—dengan menekankan warna kulitnya yang hitam dan menantang kaum elit mulatto serta mengimbau kepada mayoritas rakyat Haiti-Afrika.

Duvalier mengidupkan kembali tradisi vodun dan belakangan menggunakannya untuk mengonsolidasikan kekuasaannya. Ia sendiri mengaku dirinya sebagai houngan (imam agung vodun). Duvalier sengaja menampilkan dirinya mirip dengan Baron Samedi dalam upaya untuk menjadikan dirinya lebih meyakinkan. Ia acapkali mengenakan kacamata gelap dan berbicara dengan nada hidung yang kuat, yang diasosiasikan dengan Loa.

Konsolidasi kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Setelah lolos dari sebuah usaha kudeta pada pertengahan 1958, Duvalier mengadakan pembersihan di kalangan militer. Lalu ia membentuk milisi pribadi pada 1959 yang dikenal sebagai Milisi Sukarela untuk Keamanan Nasional (MVSN, atau yang lebih dikenal sebagai Tonton Macoute) yang mengikuti pola baju hitam kaum Fasis Italia. Kaum macoute tidak digaji resmi, dan karena itu mereka hidup melalui kejahatan dan pemerasan. Duvalier lebih jauh membentuk sebuah kelompok pengawal pribadi yang dikenal sebagai Pengawal Istana. Pada 1961, ia mengubah konstitusi lalu menyelenggarakan sebuah pemilu bohong dengan satu calon. Hasil resminya adalah 1,32 juta suara untuk Duvalier dan tak satupun yang menentang. Ia menyatakan dirinya Presiden Seumur Hidup pada 1964, dan rezimnya segera menjadi yang paling menindas di belahan bumi barat.

Pada 1966, Duvalier membujuk Vatikan untuk mengizinkannya menunjuk hierarkhi Katolik untuk Haiti. Pada tingkat ideologi, hal ini melanggengkan pemahaman tentang nasionalisme kulit hitam dengan mengizinkan negara mengangkat uskup-uskupnya sendiri. Ini pun memungkinkan Duvalier memperluas kontrolnya hingga mencakup lembaga-lembaga keagamaan.

Selain kontrolnya yang meluas dalam kehidupan masyarakat Haiti, Duvalier juga memperkuat kultus individu yang meluas terhadap dirinya sendiri, sambil mengklaim dirinya sebagai perwujudan seluruh bangsa Haiti.

Hubungan luar negeri[sunting | sunting sumber]

Korupsi dan penindasan Duvalier membangkitkan tanggapan negatif dari pemerintahan Kennedy di AS, yang berusaha mengusahakan alternatif yang moderat dengan harapan mencegah revolusi model Kuba lainnya. Namun, tekanan dan sanksi AS terhadap Haiti melunak pada 1962, ketika pemerintah AS dengan dongkol menerima Duvalier sebagai benteng dalam menghadapi komunisme. Duvalier belakangan mengklaim bahwa pembunuhan Kennedy terjadi karena kutukannya terhadap presiden AS itu.

Pada April 1963, Haiti hampir diserang oleh Republik Dominika. Namun karena kurangnya dukungan militer senior kepada Presiden Juan Bosch, invasi itupun dibatalkan. Konflik ini ditengahi oleh OAS.

Pemerintahan teror[sunting | sunting sumber]

Di dalam negeri, Duvalier menggunakan pembunuhan politik dan pengusiran untuk menindas lawan-lawannya. Diduga hingga 30.000 orang yang terbunuh. Serangan-serangan terhadap Duvalier dari dalam militer sendiri dianggap sangat serius. Pada 1967 bom-bom diledakkan dekat Istana Kepresidenan, sehingga 20 perwira Pengawal Istana dihukum mati. Taktik-taktik seperti ini membuat negara berada di dalam cengkeramannya hingga kematiannya pada awal 1971, sehingga anaknya yang berusia 19 tahun Jean-Claude Duvalier kemudian menggantikannya.

Pelabuhan bebas Tortuga[sunting | sunting sumber]

Pada awal 1967, seorang pengusaha Texas, Don Pierson, berhubungan dengan wakil-wakil pemerintahan Haiti di Washington, DC, ketika ia berusaha menyewa sebuah kapal yang telah digunakan oleh Swinging Radio England yang mengadakan siaran dari lepas pantai Inggris. Pada 1971 usaha pemasaran ini menghasilkan sebuah kontrak 99 tahun yang disusun antara kepentingan-kepentingan finansial yang diwakili oleh Don Pierson dan pemerintah Haiti untuk pembangunan sebuah pelabuhan bebas di pulau Tortuga. Namun, Duvalier meninggal sebelum perjanjian itu sempat disetujui.

Jean-Claude Duvalier kemudian menyita seluruh upaya itu setelah mengetahui adanya kontra jutaan dolar antara Pierson dan Gulf Oil Corporation, sehingga proyek itu pun batal.

Hukuman mati secara anumerta[sunting | sunting sumber]

Pada 1986, 15 tahun setelah kematiannya, kerangka Duvalier digali dan secara ritual dipukuli hingga "mati".

Kehidupan dan Kejahatan[sunting | sunting sumber]

  • 1907 Lahir di Port-au-Prince,Haiti
  • 1934 Lulus dari University of Haiti,fakultas kedokteran
  • 1943 Bergabung dengan kampanye anti frambusia yang didukung oleh Amerika
  • 1946 Mengepalai Layanan Kesehatan Masyarakat Nasional
  • 1949 Menjadi menteri kesehatan
  • 1957 Terpilih sebagai presiden dalam pemilu rekayasa
  • 1959 Memenjarakan wakilnya,belakangan membunuhnya
  • 1961 Menetapkan pemerintahan legislatif;memperpanjang masa jabatan;kehilangan bantuan Amerika
  • 1963 Memulai pemujaan terhadap dirinya sendiri
  • 1964 Menjadi presiden seumur hidup
  • 1966 Disingkirkan dari komunitas gereja karena telah melalukan pelecehan terhadap kependetaan
  • 1971 Meninggal 21 April di Port-au-Prince
  • 1986 putranya,Baby Doc,terbang ke pengasingan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fatton, Robert, Jr. (2013). "Michel-Rolph Trouillot's State Against Nation: A Critique of the Totalitarian Paradigm". Small Axe. Duke University Press. 17 (3 42): 208. doi:10.1215/07990537-2379009. ISSN 1534-6714. ((Perlu berlangganan (help)). In 1963, Duvalier created the Parti de l'unité nationale—PUN (National Unity Party)—to constitute a single-party system. . . . the existence of a single party as one of the defining characteristics of the totalitarian nature of Duvalierism . . . the party had a thoroughly inconsequential role in the Duvalierist system. 
  2. ^ Lacey, Marc (23 March 2008). "Haiti's Poverty Stirs Nostalgia for Old Ghosts". New York Times. ISSN 0362-4331. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 September 2015. 
Didahului oleh:
Antonio Thrasybule Kebreau
Presiden Haiti
1957-1971
Diteruskan oleh:
Jean-Claude Duvalier