Marsias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Marsias dalam penghukuman Apollo; Museum Arkeologi Museum.

Dalam mitologi Yunani, satir Marsias (bahasa Yunani: Μαρσύας) adalah tokoh utama dalam dua kisah tentang musik: yang pertama, dia mengambil alat musik seruling ganda (aulos) yang telah dibuang oleh dewi Athena dan memainkannya;[1] dalam cerita lainnya, Marsias menantang Apollo dalam sebuah kontes musik. Marsias kalah dan harus kehilangan kulit dan hidupnya. Pada masa Antikuitas, banyak karya sastra yang menggambarkan keangkuhan Marsias dan hukuman yang diterimanya.

Dalam mitografi perbandingan modern, dominasi Marsias oleh Apollo dianggap sebagai salah satu contoh mitos yang melambangkan kekuaasaan pantheon Olimpus yang muncul dan menggantikan agama "Pelasgos" yang lebih tua, yang berfokus pada roh alam dan leluhur heroik khthonik.[2] Marsias adalah seorang penyembah Dewi Ibu kuno Rea/Kibele, dan kisah-kisahnya terjadi di Kelainai di Phrygia (kini, kota di Dinar di Turki), di mata air utama dari Meiandros (sungai Menderes).[3]

Marsias adalah putra Olimpos (putra Herakles) dan Euboeia, putri Thespios), atau anak Oeagros, atau anak Hiagnis.[4] Olimpos, secara alternatif, disebut sebagai putra atau murid Marsia>

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Orang-orang Kelainai berpendapat "bahwa Nyanyian dari sang Ibu, udara untuk seruling itu, disusun oleh Marsias", berdasarkan Pausanias (x.30.9).
  2. ^ Menurut teori ini, tokoh-tokoh jahat dalam kisah Tugas Herakles, juga, seperti Marsias, merupakan perlambang dari agama yang lebh kuno; lihat Ruck and Staples 1994 passim.
  3. ^ Sungai itu dihubungkan dengan tokoh Marsias oleh Herodotos (Historia, 7.26) dan Xenophon (Anabasis, 1.2.8).
  4. ^ Hiagnis (bahasa Yunani: Ὑάγνις, gen.: Ὑάγνιδος, atau Ἄγνις) adalah musisi mitis dari Frigia yang dipercaya sebagai penemu aulos. Hiagnis juga merupakan satu dari tiga musisi mitis Punisia (bersama Marsias dan Oimpos) yang kepadanya orang Yunani kuno mengatribusikan penciptaan moder Frigia dalam musik (lihat Anthi Dipla:2001).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ruck, Carl A.P. and Danny Staples, The World of Classical Myth (Carolina Academic Press) 1994.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]