Lookbook.nu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lookbook.nu
Logo Lookbook.svg
Screen shot 2013-03-19 at 7.40.40 PM.png
URL Lookbook.nu
Jenis situs Fashion blog, foto blog
Bahasa Inggris
Dibuat oleh Yuri Lee
Diluncurkan 2008
Status saat ini aktif

Lookbook.nu adalah sebuah Situs komunitas penyuka fesyen yang memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi foto dan memberikan deskripsi terhadap foto tersebut. [1] Adapun gaya penampilan yang biasa dianut para penggunanya adalah street style. Street style merupakan gaya berbusana trendi yang menampilkan kepribadian Individu, walaupun terkadang Gaya ini dapat dilihat sebagai sesuatu yang kontroversial dan sangat lekat dengan remaja. [2]

Lookbook.nu biasa dikenal dengan sebutan Lookbook atau dapat disingkat dengan LB ini memiliki kegunaan sebagai Media untuk mendokumentasi gaya fashion para anggotanya. Selain itu Lookbook.nu juga berfungsi sebagai suatu galeri untuk memberikan inspirasi terkait dengan cara berpenampilan yang tidak hanya dapat dinikmati oleh anggota (Lookbookers) tetapi juga non-anggota.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lookbook.nu merupakan hasil karya dari Yuri Lee dan Jason yang diluncurkan pada bulan April 2008 di San Francisco. Lookbook.nu terinspirasi dari The Sartorialist and The Cobrasnake, yaitu street style fashion blogger. Situs ini diperuntukkan bagi khalayak yang memiliki kecintaan terhadap dunia fesyen. Pengguna dari situs ini tidak hanya didominasi oleh wanita, tetapi juga pria yang memiliki ketertarikan dalam dunia fesyen.[3]

Dalam mengelola Lookbook.nu, dua alumnus University of California ini dibantu oleh satu orang rekan bernama Andy yang bertanggung jawab dengan desain dari situs secara keseluruhan, serta bagian sales dan partnership. Sedangkan Yuri bertugas sebagai marketing dan community manager serta memiliki proyek lain yang masih berkaitan dengan Lookbook dan fashion, yaitu mendesain kaos dari Lookbook.nu, sementara tanggung jawab Jason lebih kepada bagian Teknik.[rujukan?]

Nama Lookbook dipilih karena makna dari kata tersebut memiliki arti sebagai kumpulan beberapa foto yang menampilkan sebuah gaya berpenampilan maupun hasil dari seni fotografi.[rujukan?] Dalam realitanya situs ini berfungsi sebagai mana makna dari Lookbook itu, dimana semua anggota dapat menampilkan foto dengan cara membuat akun dan mengunggahnya.[rujukan?]

Kata "nu" dalam Lookbook.nu adalah sebagai representasi dari kata new yang berarti baru. Pemilihan "nu" disesuaikan dengan tujuan para penciptanya, Yuri Lee dan Jason, yakni untuk melahirkan Lookbook virtual yang berfungsi sebagai media berbagi terkait dengan ketertarikan terhadap dunia fashion.[rujukan?]

Pada tanggal 4 September 2012 Lookbook.nu meluncurkan Aplikasi resmi yang dapat diunduh secara gratis melalui application store di iphone. [4] Melalui aplikasi ini anggota dapat mengunggah foto serta memberikan komentar dari setiap “looks”.

Hingga bulan Desember 2012 Lookbook.nu sudah memiliki 850.000 anggota terdaftar, dengan pengunjung sebanyak 4.400.000 pengguna setiap bulannya [5] , dan sudah tersebar hingga 200 negara di seluruh dunia. [6]

Fitur-fitur[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memungkinkan pengguna Lookbook.nu untuk mengatur tampilan dari halaman Lookbook.nu. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil, pengguna juga dapat memberikan tautan blog atau situs pribadi yang dimiliki. Selain mengubah gambar, pengguna juga dapat membagikan foto yang diunggah melalui beberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Foursquare, Pinterest, dan Instagram.

Flag[sunting | sunting sumber]

Fitur yang berguna sebagai media untuk memberitahukan kepada moderator ketika foto yang diunggah oleh anggota tidak berhubungan dengan fashion, spam, dan konten yang tidak jelas. Untuk kemudian akan ditinjau oleh moderator.

Looks[sunting | sunting sumber]

Fitur ini merupakan foto yang diunggah oleh para anggota. Anggota dapat mengunggah foto dan kemudiaan memberikan deskripsi mengenai tema dan fashion item yang dikenakan dan tema dari tampilan tersebut.

Hype[sunting | sunting sumber]

Fitur ini berguna dalam proses pemungutan suara yang dilakukan ketika pengguna Lookbook.nu menyukai dan terinspirasi dengan tampilan atau “look” tertentu. Fitur “hype” nantinya akan akan menentukan foto yang akan tampil dalam daftar halaman “hot”.

Karma[sunting | sunting sumber]

Merupakan istilah yang nantinya akan diberikan kepada anggota yang mendapatkan “hype” dari anggota lainnya.

Average Karma[sunting | sunting sumber]

Merupakan fitur yang berisikan kalkulasi dari jumlah “karma” yang diterima oleh anggota secara keseluruhan dibagi dengan jumlah “look” yang dimilikinya.

Hot[sunting | sunting sumber]

Foto terpoluer dikalangan anggota akan ditampilkan di dalam fitur ini. Daftar foto yang ditampilkan dalam halaman di fitur ini diurut berdasarkan jumlah pemberian “hype” yang diberikan dari seluruh pengguna.

New[sunting | sunting sumber]

Menampilkan foto terbaru unggahan dari para anggota Lookbook.nu. untuk dapat terlihat dalam fitur ini anggota harus terlebih dahulu mendapatkan “reputasi” dari pengguna lain. Hal ini dapat dihasilkan dengan cara mengumpulkan “karma” dan mendapatkan “hype” dari pada anggota Lookbook.nu dengan reputasi baik.

Top[sunting | sunting sumber]

Fitur yang menampilkan foto para anggota dengan kalkulasi jumlah “hype” tertinggi. Penilaian terhadap jumlah “hype” ini berlangsung dalam jangka waktu harian, mingguan, bulanan, tahunan, hingga sepanjang masa.

Leader[sunting | sunting sumber]

Merupakan fitur yang menampilkan anggota dengan jumlah “karma” terbanyak dalam kurun waktu harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan sepanjang masa.

LB Interviews[sunting | sunting sumber]

Hasil kutipan wawancara yang terjadi antara moderator dengan salah satu anggota pemilik kalkulasi jumlah “hype” terbanyak dalam waktu satu bulan.

LB LOG[sunting | sunting sumber]

Merupakan fitur yang berisikan tulisan-tulisan dari pemilik Lookbook.nu yaitu Yuri Lee.

LB FORUM[sunting | sunting sumber]

Berfungsi sebagai wadah bagi para anggota Lookbook.nu untuk saling berbagi informasi.

Fans[sunting | sunting sumber]

Menampilkan jumlah anggota dan non-anggota yang menggemari profile dari satu anggota tertentu.

Fanned[sunting | sunting sumber]

Fitur ini yang akan menampilkan jumlah anggota yang digemari oleh satu anggota tertentu.

Reputation[sunting | sunting sumber]

Ditentukan dengan jumlah dari “average karma” yang diterima oleh satu anggota. Reputasi dapat dibangun melalui keaktifan anggota dalam komunitas, serta jumlah penggemar atau “fans” yang dimilikinya. Penurunan reputasi terjadi apabila foto yang diunggah tidak sesuai dengan regulasi dari Lookbook.nu.


Perkembangan Lookbook.nu di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, beberapa anggota Lookbook.nu yang berdomisili di Jakarta bertemu dan membahas untuk mendirikan komunitas fashion dengan nama Lookbook Jakarta.

Pada tahun 2011, komunitas Lookbook Jakarta resmi berdiri yang peresmiannya diadakan di Canteen, Plaza Indonesia. Komunitas ini dipimpin oleh Yudhie Ramadhan Soekotjo dan Ario Achda sebagai wakil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]