Penghitungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kalkulasi)
Langsung ke: navigasi, cari

Kalkulasi adalah proses yang disengaja untuk mengubah satu masukan atau lebih ke dalam hasil tertentu, dengan sejumlah peubah.

Istilah ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, dari kalkulasi aritmatika pasti menggunakan algoritma hingga heuristik samar untuk mengkalkulasi strategi dalam kompetisi atau kesempatan dari hubungan yang berhasil antara 2 orang.

Mengalikan 7 dengan 8 merupakan kalkulasi algoritma sederhana.

Memperkirakan harga yang pantas untuk alat keuangan menggunakan model Black-Scholes termasuk kalkulasi algoritma yang kompleks.

Estimasi statistik atas hasil pilihan dari jajak pendapat juga melibatkan kalkulasi algoritma, namun hasilnya lebih berupa kisaran kemungkinan daripada jawaban yang pasti.

Menentukan cara terbaik untuk membangun hubungan dengan anggota jenis kelamin yang berbeda dapat diakibatkan dari kalkulasi namun sifatnya tak pasti, dapat diperkirakan, maupun didefinisikan dengan jelas. Penerapan yang tak pasti atas istilah ini menempatkannya ke daerah arti kedua yang terpisah dari konteks matematis yang disebutkan di atas.

Mengkalkulasi berarti memastikan dengan menghitung. Istilah ini diserap dari bahasa Inggris, yang menyerapnya dari bahasa Latin calculus, yang awalnya berarti batu kandung kemih (calx). Kata ini juga berarti kerikil yang digunakan untuk berhitung, atau bebatuan kecil yang digunakan sebagai media hitung seperti sempoa. Sempoa sendiri sudah digunakan oleh bangsa Yunani dan Romawi untuk kalkulasi aritmatika, mendahului mistar hitung dan kalkulator elektronik, dan terdiri atas mistar kerikil yang dilubungi di sebatang besi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]