Lando I dari Capua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lando I (meninggal tahun 861) merupakan pemimpin Kerajaan Capua sejak tahun 843. Ia merupakan anak tertua dan penerus dari Landulf si Tua. Seperti ayahnya, ia mendukung Siconulf melawan Radelchis dalam perang sipil yang memisahkan Benevento pada tahun 840an.

Saat itu merupakan Lando, dimana, pada awal tahun 849, diminta Kaisar Louis II untuk menengahi klaim dari dua pengklaiman dan mencari penyelesaian dari perang yang sedang berlangsung dimana telah membawa tentara bayaran Saracen ke Mezzogiorno. Dalam partisi oleh Louis, Capus terbentuk dari bagian Prinsipalitas Salerno, tetapi Lando tidak selamanya mematuhi Siconulf yang merupakan atasannya. Setelah itu, ia bersekutu dengan Adipati Sergius I dari Napoli. Untuk memperkuat persekutuan, Lando menikahi anak tertua kedfua Landulf, yang merupakan gastald dari Suessola, dengan anak perempuan Sergius.

Dalam minoritas Pangeran Sico dan Adhemar, Lando mendominasi wilayah Salerno. Penduduk setempat memberikan pengecualian terhadap pengaruh Capua yang sangat besar, dan Adhemar dipanggil sebagai Guy I dari Spoleto untuk campur tangan dengan kepetingan pribadinya. Lando merespon dengan bersekutu dengan Adipati Marinus dari Amalfi ke bagiannya. Ia malah menikahkan saudaranya, Pando dengan anak perempuan Marinus. Pada tahun-tahun berikutnya, Guy membalas dan menguasai daerah milik Landenulf, gastald Teano, saudara Lando, tetapi Lando sendiri keluar tanpa terpengaruh.

Pada bulan Mei 859, ekspedisi massal dari Salerno, Napoli, Amelfi, dan Suessola menyerang Lando. Lando sedang dalam kelumpuhan saat itu dan anaknya, Lando II mengambil alih pasukannya untuk mempertahankan Capua. Ia mengalahkan tentara yang berperang melawan Capua di jembatan Teodemondo, jauh dari Volturno. Tidak lama, Lando tidak selamat dari kemenangan besar ini. Salah satu dari tindakan terakhirnya adalah, lagi-lagi dengan persekutuan pernikahan. Saat ini Guaifer, bangsawan dari Salerno yang ditemukan di Capua saat Adhemar berkuasa. Guaifer menikahi anak perempuan Lando, Landelaica, dan, setelah kembali ke Capua, mengembangkan kekuatan dengan dukungan warga.

Lando telah berpindah–melawan permintaannya–situs Capua dari lokasi lamanya dipindah ke perumahan di Triflisco tahun 856. Ia membangun biara di Teano dan kemungkinan meninggal tahun 861 (mungkin juga tahun 860). Ia meninggalkan istrinya Aloara lima anak: Lando (II), Landulf (dari Suessola), Landenulf, Pando, dan Peter.

Sumber[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Landulf I
Pangeran Capua
843–861
Diteruskan oleh:
Lando II