Daftar Adipati Napoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Berikut ini merupakan Daftar Adipati Napoli secara kronologis yang merupakan komandan-komandan militer ducatus Neapolitanus, pos Bizantium di Italia, salah satu dari beberapa yang tinggal setelah kedatangan Lombardia dan Saracen. Pada tahun 661, Kaisar Kōnstas II, sangat tertarik dengan urusan-urusan di Italia selatan (ia memindahkan ibukotanya ke Siracusa), menunjuk orang Neapolitan yang bernama Basil dux atau magister militum. Setelah itu garis keturunan adipati, kerap sangat independen dan dinastik dari abad pertengahan ke-9, yang memerintah sampai kedatangan Normandia, ancaman baru yang tidak dapat mereka bayangkan. Adipati ke-39 yang merupakan adipati terakhir, Sergio VII, menyerahkan kotanya kepada Raja Ruggeru II dari Sisilia pada tahun 1137.

Daftar Adipati yang ditunjuk oleh Bizantium[sunting | sunting sumber]

Daftar Adipati secara turun temurun[sunting | sunting sumber]

Para Adipati ini lebih independen dari pendahulu mereka dan mereka tidak dipilih oleh kaisar, melainkan keturunan Sergio I, yang dipilih oleh rakyat.

Wangsa Sergi[sunting | sunting sumber]

Alfonso, Pangeran Capua, dipilih oleh rakyat Neapolitan untuk menggantikan Sergio dan Napoli menjadi harta milik Normandia setelah itu.

Sumber[sunting | sunting sumber]