Andrea II dari Napoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Andrea II merupakan seorang Adipati Napoli dari tahun 834 sampai 840. Selama pemerintahannya, ia terus menerus berperang dengan Lombardia dan ia mengizinkan Gaeta, kaki tangannya, merdeka dibawah konsulnya sendiri.

Pada bulan September 834, Andrea memberontak melawan Adipati Leone dan menyingkirkannya dari kekuasaan, menyerap tahtanya. Ia segera menghentikan pembayaran upetinya kepada Pangeran Sicardo dari Benevento. Sebagai balasannya, Sicardo menduduki Napoli dari bulan Mei sampai Juli pada tahun 835, namun berdamai dengan adipati tersebut. Pada tahun 836, ia mengepung Napoli lagi. Kejadian itu merupakan penghinaan pertama bagi Andrea yang memanggil tentara bayaran Saracen ke semenanjung Italia. Konsekuensi dari tindakan semacam itu jauh. Ia menandatangani Pactum Sicardi dengan Sicardo dan wilayah adipati Amalfi dan Sorrento pada tanggal 4 Juli.

Ini seharusnya menjadi gencatan senjata 5 tahun selama pedagang dari berbagai kota Yunani di pesisir bebas bepergian tanpa gangguan melalui Kepangeranan Benevento. Akan tetapi, perang berlanjut, terutama antara Andrea dan Sicardo. Di dalam perang tahun 837, Andrew memanggil Saracen lagi. Diantara bulan Juli dan Agustus 839, Sicardo meninggal dan Andrea, yang takut memerangi Lombardia, memanggil bantuan Lothaire I, Raja Italia, yang mengirim Contardo ke Napoli. Takut akan COntardo, Andrea menjanjikannya putrinya Eupraxia, janda Leone, sebuah pernikahan. Namun Andrea membatalkan pernikahan itu sampai pada bulan Maret 840, Contardo memberontak dan membunuhnya, menyerap kekuasaannya seperti yang dilakukannya terhadap Leone.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Leone
Adipati Napoli
834–840
Diteruskan oleh:
Contardo