Daftar Pangeran Capua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut ini merupakan daftar dari para pemimpin Kerajaan Capua.

Para Pemimpin Lombardia dari Capua[sunting | sunting sumber]

Daftar Gastald dan Pangeran[sunting | sunting sumber]

Gastald (atau para pangeran) Capua merupakan pengikut para pangeran Benevento sampai awal tahun 840, ketika Gastald Landulf mulai menuntut kemerdekaan yang baru-baru saja diumumkan oleh Salerno. Hal ini menyebabkan sebuah perang sipil di Benevento yang tak henti-hentinya selama sekitar 10 tahun dan pada akhir abad Capua definitif independen.

Daftar Pangeran[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 910, kerajaan-kerajaan Benevento dan Capua dipersatukan oleh penaklukan (Atenulf) dan diumumkan tidak terpisahkan. Hal ini memerintah bersama anak-anak dan saudara-saudara tak terelakkan lagi menyebabkan kebingungan yang tak henti-hentinya bagi para sejarawan pada masa itu, bahkan lebih untuk para pembacanya.

Kerajaan Capua seperti yang ada pada tahun 1000

Pada tahun 982, kerajaan-kerajaan itu akhirnya dihancurkan oleh divisi Pandulf yang Berkepala Besi oleh kepemilikannya yang luas dan oleh dekret kaisar, namun kronologi yang didapatkan tidak kurang membingungkan.

Daftar Pangeran Norman dari Capua[sunting | sunting sumber]

Para Pangeran tersebut berasal dari garis keturunan Drengot dan bekerja untuk mengimbangi Wangsa Hauteville sampai akhirnya kehilangan seluruh kekuasaan. Kronologi disini pula dapat menjadi sangat membingungkan karena persaingan antara Robert II dan Roger II dari Sisilia dan putra-putranya.

Untuk Kerajaan Sisilia, dimana menjadi tanah lungguh untuk kedua putra: