Lando II dari Capua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lando II, dikenal sebagai Cyruttu, adalah Pangeran Capua, berkuasa enam bulan pada tahun 861. Ia merupakan anak tertua dari Lando I.

Pada bulan Mei 869, ekspedisi massal dari Salerno, Napoli, Amalfi, dan Suessola menyerang Capua. Lando I sedang mengalami kelumpuhan saat itu dan anaknya Lando II mengerahkan pasukan untuk mempertahankan kotanya. Ia mengalahkan pasukan ekspedisi massal tersebut, dipimpin oleh Caesar dan Gregorius, anak dari Sergius I, di jembatan Teodemondo jauh dari Volturno. Caesar ditangkap dan kembali ke Capua dengan kemenangan. Peperangan, berdasarkan Erchempert, dimulai pada tanggal 8 Mei, pada saat Pesta Santo Mikhael yang Terpenting, salah satu pesta yang populer pada saat itu. Ini membuahkan pengaruh yang sangat signifikan dari Erchempert (yang merupakan penduduk Lombardi) bahwa penduduk Lombardia harus mengalahkan pasukan Yunani dalam suatu hari.

Lando meneruskan kekuasaan ayahnya saat ayahnya meninggal, tetapi ia digulingkan dengan cepat oleh Pando yang merupakan pamannya. Lando dikompensasi oleh Caiazzo, tetapi memutuskan untuk mengembalikan dirinya ke kepemimpinannya. Ia menikahi keponakan Athanasius dari Napoli, tetapi, dengan persekutuan ini, ia tidak pernah kembali meraih kepemimpinannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Lando I
Pangeran Capua
861
Diteruskan oleh:
Pando