Daftar Pangeran Salerno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kepangeranan Salerno di Italia sekitar tahun 1000

Berikut ini merupakan daftar para pemimpin Kepangeranan Salerno.

Ketika Pangeran Sicard dari Benevento tewas terbunuh oleh Radelchis pada tahun 839, rakyat Salerno segera mengumumkan saudaranya, Siconulf, sebagai pangeran. Perang berkecamuk di antara Radelchis dan Siconulf sampai Kaisar Louis II turun dan dipaksa berdamai pada tahun 851, mengkonfirmasikan Siconulf sebagai Pangeran Salerno. Kronologi tersebut sangat membingungkan sejak saat itu sampai pembunuhan Adhemar, ketika dinasti yang baru mengambil tahta. Berikut ini merupakan para pemimpin tersebut:

Salerno dikepung oleh Norman Robert Guiscard dan Pangeran Richard I dari Capua sampai jatuh pada tanggal 13 Desember 1076. Pangeran Gisulf II menyerah tahun berikutnya dan kepangeranan, negara Lombardia terakhir di Italia jatuh. Salerno menjadi ibukota Guiscard Wilayah Adipati Apulia, Calabria, dan Sisilia.

"Pangeran Salerno" juga merupakan sebuah gelar yang dibuat oleh Charles I dari Napoli untuk putranya, kemudian Charles II dari Napoli. Gelar tersebut biasa digunakan untuk para pewaris Raja-raja Napoli dan kemudian Sisilia Dua. Pada abad ke-14, hampir seluruh provinsi Salerno menjadi wilayah Pangeran-pangeran Sanseverino.