Radelchis I dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Radelchis I (juga Radalgis) (wafat 851) merupakan seorang bendahara, kemudian Pangeran Benevento dari tahun 839, ketika ia naik tahta setelah pembunuhan (kemungkinan atas rencananya) Sicard dan memenjarakan saudara Sicard, Siconulf, sampai kematiannya, meskipun pada masanya kerajaan itu dibagi.

Menurut Chronica S. Benedicti Casinensis, gastald dari Capua, Landulf yang Tua, yang merupakan sekutu Sicard, membebaskan Siconulf yang dipenjara dan dengan bantuan Guaifer, kepala keluarga Dauferidi dari Salerno, membawanya ke kota tersebut untuk diangkat sebagai Pangeran sebagai lawan dari Radelchis. Hal ini adalah awal dari perang saudara yang berlangsung lebih dari satu dasawarsa.

Pada tahun 841, Radelchis membawa masuk bantuan para pedagang Saracen, sebagai Andrew II dari Napoli memiliki empat tahun sebelumnya. Para pedagang tersebut memporak porandakan kota Capua, memaksa Landulf untuk mendirikan sebuah ibukota baru di dekat bukit Triflisco. Siconulf menjawab dengan menyewa kelompok Saracennya sendiri. Penyusutan dari dua penguasa Kristen dan para pendukung Saracen mereka sangat mengganggu Raja Italia, Louis II, bahwa ketika ia dimahkotai sebagai wakil-kaisar pada tahun 850, ia segera menyusun untuk mengamankan Mezzogiorno. Pada tahun 851, ia mendesak perdamaian kepada Radelchis dan Siconulf dan mengusir Saracen dari Benevento (para pejuang dari Emirat, Bari, yang dengan senang hati dihianati oleh Radelchis). Ia membagi kerajaan secara permanen. Radelchis tidak hidup lama setelah itu dan digantikan oleh putranya, Radelgar.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Sicard
Pangeran Benevento
839–851
Diteruskan oleh:
Radelgar