Sicardo dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sicard dari Benevento)
Langsung ke: navigasi, cari
Sicardo
Pangeran Benevento
Memerintah 832–839
Pendahulu Sicone I
Pengganti Radelchi I
Meninggal 839
Solidus Sicardo dari Benevento

Sicardo (wafat tahun 839) merupakan seorang Pangeran Benevento dari tahun 832. Ia adalah pangeran Benevento bersatu terakhir yang terdiri dari hampir seluruh Mezzogiorno. Setelah kematiannya, kerajaan menjadi medan perang saudara yang terjadi secara permanen (kecuali secara sangat singkat di bawah pimpinan Pandolfo Testadiferro dari tahun 977 sampai 981). Ia adalah putra dan pewaris Spoleto Sicone.

Perang[sunting | sunting sumber]

Ia berperang melawan Saracen dan tetangga-tetangganya terus menerus, terutama dengan Sorrento, Napoli, dan Amalfi. Ia memiliki kekuasaan militer dan ekonomi yang terkuat di wilayah tersebut. Oleh Pactum Sicardi pada tanggal 4 Juli 836, ia menanda tangani gencatan senjata selama lima tahun dengan ketiga negara yang disebut di atas dan mengakui hak perjalanan perdagangan mereka. Akan tetapi, perang terus berlanjut. Di dalam suatu perang pada tahun 837 dengan Adipati Andrea II dari Napoli, pemimpin yang kemudian dipanggil di dalam Saracen pertama sebagai sekutu dan sebuah tren dimulai, menarik lebih banyak Muslim ke dalam perang-perang Kristen di semenanjung. Ia juga menangkap Amalfi pada tahun 838 lewat laut.

Meskipun ia suka berperang, ia membangun sebuah gereja baru di Benevento dan melengkapinya dengan beberapa relik, yang diselamatkan dari Santo Bartolomeus, kemudian di Kepulauan Lipari, dari Saracen dengan menyewa beberapa pedagang Amalfitan untuk mendapatkannya. Di dalam penangkapan Amalfi, ia mengambil relik Santa Trofimena, yang baru-baru ini dibawa kesana dari Minori, Italia[1].

Pembunuhan[sunting | sunting sumber]

Sicardo tewas terbunuh pada tahun 839 dan bendahara Radelchi segera mengumumkan dirinya sendiri sebagai pangeran. Namun saudara Sicardo, Siconolfo, yang ia penjarakan,[1] melarikan diri dan mengumumkan dirinya sebagai pangeran di Salerno; sepuluh tahun perang saudarapun terjadi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History of Italy", p. 12, Retrieved 21 oct 2009.
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Sicone
Pangeran Benevento
832–839
Diteruskan oleh:
Radelchi I
sebagai Pangeran Benevento
Diteruskan oleh:
Siconolfo
sebagai Pangeran Salerno