LAN Peru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
LAN Perú
Lanperu.png
IATA ICAO Kode panggil
LP LPE LAN PERU
Didirikan 1998
Hub Bandar Udara Internasional Jorge Chavez
Kota fokus Bandar Udara Internasional Alejandro Velasco Astete
Bandar Udara Internasional Rodríguez Ballón
Program penumpang setia LANPASS
Aliansi Oneworld
Ukuran armada 27
Kota tujuan 32
Perusahaan induk LAN Airlines
Kantor pusat Miraflores, Lima, Peru
Orang penting Lorena Sousa (pemilik)
Situs web http://www.lan.com

LAN Perú S.A. adalah sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Lima, Peru[1]. Maskapai ini merupakan anak perusahaan dari maskapai penerbangan publik asal Chili LAN Airlines (NYSELFL), yang memiliki 49% saham maskapai. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan domestik dan internasiona;. basis utamanya adalah di Bandar Udara Internasional Jorge Chavez.[2] LAN Perú merupakan maskapai paling dominan di Peru, menguasai 73.4% pasar domestik.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Maskapai didirikan pada bulan Juli 1998 dan memulai operasi pada tanggal 2 Juli 1999 dengan layanan domestik dari Bandar Udara Internasional Jorge Chavez menuju Bandar Udara Internasional Alejandro Velasco Astete, Cusco dan Bandar Udara Internasional Rodriguez Ballon, Arequipa. Peluncuran LAN Peru menandai kemunculan kembali maskapai penerbangan nasional di Peru setelah berhenti beroperasinya AeroPeru, Compañia de Aviación Faucett dan lain-lain. Sebuah layanan internasional menuju Bandar Udara Internasional Miami ditambahkan pada 15 November 1999. Maskapai ini menjadi anak perusahaan dari LAN pada bulan September 2002. Maskapai ini dimiliki oleh LAN Airlines (49%), ER Larraín (30%) dan Inversiones Aéreas (21%) dan mempekerjakan 1.500 karyawan (pada Maret 2007)[2]. Merek "LAN Peru" memiliki arti yang sama dengan maskapai induknya, LAN Airlines sebagai Lineas Aeras Nacionales del Peru, disingkat dengan LAN. Sekarang ,perusahaan menawarkan jangkaunan sebanyak 25 destinasi di Peru, sebagian Amerika Selatan, Amerika Utara dan Eropa. LAN Peru memiliki perjanjian codeshare dengan American Airlines dan Alaska Airlines menuju destinasi AS, British Airways dan Iberia menuju destinasi Eropa, menuju destinasi Brazil dengan TAM Linhas Aéreas, menuju destinasi Asia dengan Korean Air, dan beberapa destinasi di Australia dan Selandia Baru dengan Qantas. Pada 1 Agustus 2006, LAN Peru menggabungkan layanan kelas bisnis dan kelas pertamanya menjadi satu kelas, yang bernama Bisnis Premium.

Kabin[sunting | sunting sumber]

Bisnis Premium[sunting | sunting sumber]

LAN menawarkan kelas Bisnis Premium menggunakan pesawat Boeing 767-300ER dalam penerbangan menuju Amerika Utara dan Eropa. Bisnis Premium diperkenalkan pada tahun 2006. Kelas ini dilengkapi dengan kaursi yang dapat ditidurkan penuh, pembagi privasi, dan sistem hiburan AVOD personal.

Ekonomi Premium[sunting | sunting sumber]

Kelas Ekonomi Premium LAN disediakan dalam penerbangan di sekitar Amerika Selatan menggunakan pesawat Airbus A319. Kelas ini memiliki 12 kursi dengan ruang kaki yang lebih lebar daripada kelas ekonomi standard dan makanan hangat.

Kelas Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Kelas Ekonomi tersedia dalam semua LAN Boeing 767 dengan konfigurasi 2-3-2 dan Airbus A319 dengan konfigurasi 3-3. Kelas ini juga direnovasi pada tahun 2006 yang meliputi sandaran kaki dan kepala, bersama dengan kursi yang dapat ditidurkan dan digeser.

Corak[sunting | sunting sumber]

LAN Peru menggunakan corak yang sama dengan yang disediakan oleh LAN Airlines, dan mengganti corak sebelumnya yang mengandung nama "LAN Peru". Saat ini coraknya adalah sebuah latar belakan putih, dan bagian biru di bagian belakang pesawat. Ekor pesawat dirancang dirancang dengan sebuah bintang putih dan garis merah di bawahnya yang menggambarkan bendera Chili, maskapai induknya. Di bawah bintang putih terdapat garis merah yang menggambarkan dua warna utama bendera Peru sebagai sebuah maskapai sekunder Peru.

Destinasi[sunting | sunting sumber]

LAN Peru melayani 21 destinasi internasional menuju Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Karibia bersama dengan 14 destinasi domestik. Pada 1 Juli 2010 LAN Peru menjadi maskapai penerbangan Amerika Selatan pertama yang terbang menuju San Francisco non-stop. Sebelumnya, maskapai penerbangan Brazil Varig mengoperasikan rute ini dengan perhentian teknis di Los Angeles.

Armada[sunting | sunting sumber]

LAN Peru mengoeprasikan pesawat dari armada LAN dengan registrasi Chili untuk penerbangan domestik dan internasional. Pesawat yang saat ini digunakan oleh LAN Peru adalah Airbus A319 dan Boeing 767-300ERs. Pesawat yang dioperasikan sebelumnya termasuk Airbus A320 dan Boeing 737-200, dengan registrasi Bermuda dan terbang dengan bendera Peru.

Armada LAN Perú terdiri dari pesawat sebagai berikut:

Armada LAN Perú
Pesawat Total pesanan Rute Catatan
Airbus A319 20 0 penerbangan jarak pendek medium Disewa dari LAN Airlines
Boeing 767-300ER 9 0 Penerbangan internasional jarak jauh Disewa dari LAN Airlines
Total 29

LANPASS[sunting | sunting sumber]

LANPASS adalah Program Frequent Flyer LAN Peru, berbagi dengan maskapai induk LAN Airlines. Saat ini terdapat lebih dari dua juta anggota di Chili, Argentina, Peru, Ekuador, Kanada dan Amerika Serikat. Program ini memiliki tiga tahapan keuntungan dari LAN Peru dan Oneworld yang meliputi Oneworld Ruby atau Premium, Oneworld Sapphire atau Premium Silver dan Oneworld Emerald atau Commodore.

Program LANPASS memiliki empat kategori keanggotaan[4]:

  • LANPASS
  • Premium (Oneworld Ruby)[5]
  • Premium Silver (Oneworld Sapphire)[5]
  • Commodore (Oneworld Emerald)[5]

Perjanjian Codeshare[sunting | sunting sumber]

LAN Peru memiliki perjanjian codeshare dengan maskapai sebagai berikut pada November 2007:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Directory: World Airlines." Flight International. March 23–29, 2004. "Lan Peru" 98.
  2. ^ a b "Directory: World Airlines". Flight International. 2007-04-03. hlm. 104. 
  3. ^ http://www.aeronoticias.com.pe/noticiero/index.php?option=com_content&task=view&id=2173&Itemid=56 Aeronoticias del Peru, news site about Peruvian aviation news (in Spanish)
  4. ^ Terms and Conditions Of the LANPASS frequent flyer program
  5. ^ a b c LAN Oneworld Tier Status

Pranala luar[sunting | sunting sumber]