Konservatisme hijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konservatisme hijau adalah gabungan antara konservatisme dengan environmentalisme. Keprihatinan terhadap lingkungan telah disuarakan oleh politisi konservatif dan filsuf sepanjang sejarah konservatif modern, dengan Edmund Burke (penemu filosofi konservatisme modern), dalam Pemikiran mengenai Revolusi di Prancis, dikutip pepatah: "Bumi, ibu yang baik dan setara untuk semua seharusnya tidak dimonopoli untuk memupuk kebanggaan dan kemewahan tiap manusia".[1]

Ciri khusus konservatisme hijau adalah dukungan terhadap kebijakan berbasis pasar untuk mengatasi masalah lingkungan, bukan perencanaan terpusat. Pemberdayaan individu dan lokal lebih disukai daripada pengawasan dari atas ke bawah. Dimana solusi untuk masalah yang bersifat global, seperti perubahan iklim, kaum konservatif hijau meyakini bahwa peran pemerintah "adalah memberdayakan individu, pengusaha, dan dermawan untuk berkolaborasi dan menghasilkan inovasi yang akan menyelesaikan perubahan iklim." [2] Kritikus mempertimbangkan bahwa ini sebenarnya telah menyebabkan masalah sejak awal.

Ragam[sunting | sunting sumber]

Amerika[sunting | sunting sumber]

Brazil[sunting | sunting sumber]

Partai Ekologi Nasional mempunyai hubungan dengan Majelis Tuhan, denominasi evangelis terbesar di Brazil, dan menjunjung tinggi konservatisme hijau tetapi sekarang berganti nama menjadi Patriota dan meninggalkan kebijakan hijau dan pro-ekologinya demi kebijakan nasionalis dan konservatif; itu telah mempertahankan dan memperkuat penentangan agama terhadap aborsi, pernikahan sesama jenis dan kebijakan sayap kiri lainnya.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Di Kanada, istilah "konservatisme hijau" dipopulerkan pada tahun 2006 oleh Preston Manning, mantan pemimpin oposisi federal dan pendiri Partai Reformasi Kanada . Secara khusus, Manning mulai mengembangkan ide tersebut sebagai cara untuk mencari titik temu antara pemilih yang lebih muda dan lebih tua. Dia secara khusus berbicara tentang penggunaan penetapan harga air di Oil Sands untuk membuat produsen minyak jauh lebih efisien.[3] [4] Pada tahun 1988, mahasiswa pascasarjana Stephen Harper, yang menulis dalam Buku Biru, yang memengaruhi prinsip-prinsip Partai Reformasi, mengajukan kebijakan lingkungan yang mendukung dan melindungi lingkungan tetapi mengurangi kontrol birokrasi. Harper berpendapat bahwa Partai Reformasi sadar akan eksploitasi lingkungan yang ditemukan dalam "pola sosialis, kapitalis, dan demokrat sosial".[5] Idealis dan filsuf Kanada George Parkin Grant, menulis dalam Red Tory Manifesto , berpendapat bahwa Tories mendukung insentif lingkungan sebagai cara untuk menentang "pemimpin industri yang merusak lingkungan demi maksud keuntungan yang kasar dan picik".[6]

Pada tahun 2006, Perdana Menteri dari Konservatif Progresif Brian Mulroney, dihormati sebagai "perdana menteri paling hijau dalam sejarah Kanada". Dia mengesahkan perjanjian hujan asam Kanada-AS, menambahkan delapan taman nasional baru dan mengesahkan Undang-Undang Perlindungan Lingkungan. PM saat itu Stephen Harper berpendapat bahwa "Dia [Mulroney] tidak menghasilkan rencana muluk dan kesepakatan yang tidak dapat dijalankan dan berbagai masalah yang kita hadapi dengan Kyoto." [7]

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Partai Hijau Ekologis Meksiko (PVE), didirikan pada tahun 1993, memenangkan 47 kursi dalam pemilihan umum legislatif Meksiko 2015.

Pada tahun 2008, PVEM memulai kampanye lewat iklan untuk memperkenalkan kembali hukuman mati di Meksiko .[8] Hal ini berakibat pada penarikan pengakuan Partai Hijau Eropa atas PVEM sebagai partai hijau yang sah.[9]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, Partai Republik mengambil bagian dari dukungan programnya untuk pengembangan solusi berbasis pasar untuk masalah lingkungan. Menurut program tersebut, "kemakmuran ekonomi dan perlindungan lingkungan harus berkembang bersama, peraturan lingkungan harus didasarkan pada sains, peran pemerintah harus memberikan insentif berbasis pasar untuk mengembangkan teknologi guna memenuhi standar lingkungan, kita harus memastikan bahwa kebijakan lingkungan memenuhi kebutuhan daerah, dan kebijakan lingkungan harus berfokus pada proses pencapaian hasil." [10]

Pemerintahan George W. Bush, [11] bersama dengan beberapa kandidat yang mengincar pencalonan presiden dari Partai Republik pada tahun 2008, [12] [13] [14] mendukung peningkatan investasi Federal dalam pengembangan bahan bakar alternatif yang bersih, peningkatan tenaga nuklir, serta bahan bakar seperti etanol, sebagai cara untuk membantu AS mencapai kemandirian energi, seraya mendukung lebih sedikit penggunaan metode penghasil karbon dioksida untuk menghasilkan energi. John McCain, yang gagal mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2008, mendukung kebijakan cap-and-trade, sebuah kebijakan yang cukup populer di kalangan Demokrat tetapi kurang populer di kalangan Republik lainnya.[15]

Asia[sunting | sunting sumber]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, Majelis Politik Hijau Lingkungan, atau Midori no Kaigi, muncul dari Partai Sakigake yang reformis konservatif. Itu menggabungkan ideologi konservatif dengan program ekologi, memaksa sejumlah anggota non-ekologi untuk bergabung dengan faksi Ryoun-kai dari Partai Demokrat . Itu menunjukkan kinerja yang buruk dalam pemungutan suara, dan dibubarkan pada tahun 2004, bergabung dengan Partai Demokrat Liberal yang konservatif.

Lithuania[sunting | sunting sumber]

Dalam pemilihan parlemen Lituania 2016, Persatuan Petani dan Hijau Lituania menjadi partai terbesar dengan kemenangan mengejutkan dengan 51 kursi.

Menyusul keberhasilan Persatuan Petani dan Hijau pada pemilu 2016, ketumnya Ramūnas Karbauskis mengusulkan koalisi besar yang dikombinasikan dengan pemerintahan teknokratis yang berfokus pada pertumbuhan ekonomi, termasuk Persatuan Tanah Air yang kanan tengah dan Partai Demokrat Sosial Lituania yang kiri tengah.[16] Namun, Persatuan Tanah Air menolak untuk menjadi bagian dari koalisi yang tidak diperlukan untuk mayoritas parlemen. Selanjutnya, Persatuan Petani dan Hijau membentuk pemerintahan hanya dengan Demokrat Sosial.

Portugal[sunting | sunting sumber]

Partai Bumi Portugal adalah partai politik konservatif hijau[17] di Portugal, didirikan pada 12 Agustus1993.

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Cameron berbicara tentang merangkul isu-isu 'hijau', dan menjadikan perubahan iklim sebagai komponen penting dari pidatonya.[18] Dia menyerukan komisi perubahan iklim independen untuk memastikan bahwa target pengurangan emisi terpenuhi.[19] Namun, klaim Cameron untuk memimpin "pemerintahan terhijau yang pernah ada" [20] telah ditolak oleh Anggota Parlemen Partai Hijau Caroline Lucas, yang berpendapat pada tahun 2011 bahwa Cameron telah "menunjukkan sedikit perhatian pada kebijakan hijau dan agenda keberlanjutan." [21]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Agrarianisme
  • Biokonservatisme
  • Konservatisme yang welas asih
  • Eko-kapitalisme
  • Environmentalisme fiskal
  • Environmentalisme pasar bebas
  • Georgisme
  • Ekofasisme
  • Liberalisme hijau
  • Libertarianisme hijau
  • Michael Savage
  • konservatisme progresif
  • Sir Roger Scruton
  • John Grey
  • Konservatisme tradisionalis

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Burke, Edmund (1792). Reflections on the Revolution in France. 
  2. ^ "The Return to "Green" Conservatism". Intercollegiate Studies Institute (dalam bahasa Inggris). 10 November 2020. Diakses tanggal 14 June 2022. 
  3. ^ Preston Manning plays green card, diarsipkan dari versi asli tanggal 21 January 2016, diakses tanggal 2 March 2018 
  4. ^ "Twenty years after Kyoto, Preston Manning has become Canadian conservatives' most prominent green advocate | National Post". National Post (dalam bahasa Inggris). 3 January 2015. Diakses tanggal 20 November 2019. 
  5. ^ ""Platform and Statement of Principles of the Reform Party of Canada"". University of Calgary. 1988. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 November 2019. Diakses tanggal 24 November 2019. 
  6. ^ "Red Tory Manifesto". George Grant Society (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-20. Diakses tanggal 22 November 2019. 
  7. ^ "Mulroney honoured for environmental record". CBC News. 20 April 2006. 
  8. ^ "La Plaza". Los Angeles Times. 10 December 2008. 
  9. ^ Tim Johnson, For Mexico's Ecologist Green Party, 'green' mostly means money, not environment, McClatchy Newspapers (18 June 2012).
  10. ^ "Encourage Market-Based Solutions to Environmental Problems". OnTheIssues. 12 August 2000. 
  11. ^ "Fact Sheet: Harnessing the Power of Technology for a Secure Energy Future". 22 February 2007. Diakses tanggal 9 November 2007. 
  12. ^ Kudlow & Company (26 March 2007). "Interview with Rudy Giuliani". Diakses tanggal 9 November 2007. 
  13. ^ "Issue Watch: Achieving Energy Independence". Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 November 2007. Diakses tanggal 9 November 2007. 
  14. ^ "The Candidates: Rep. Duncan Hunter". The Washington Post.com. 12 October 2007. Diakses tanggal 9 November 2007. 
  15. ^ Elisabeth Bumiller and John Brodermay (13 May 2008). "McCain Differs With Bush on Climate Change". The New York Times. Diakses tanggal 19 September 2017. 
  16. ^ Vitureau, Marielle; Sibierski, Mary (23 October 2016). "Lithuanians vote for change handing farmers' party surprise win". Yahoo News. AFP. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-22. Diakses tanggal 21 February 2017. 
  17. ^ José M. Magone (2015). "Portugal". Dalam Donatella M. Viola. Routledge Handbook of European Elections. Routledge. hlm. 364. ISBN 978-1-317-50363-7. 
  18. ^ Jones, George (10 December 2005). "Cameron pledges tough measures on climate change". Daily Telegraph (dalam bahasa Inggris). ISSN 0307-1235. 
  19. ^ "Cameron urges climate change law". BBC News (dalam bahasa Inggris). 25 October 2006. 
  20. ^ Randerson, James (14 May 2010). "Cameron: I want coalition to be the 'greenest government ever'". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. 
  21. ^ Lucas, Caroline (17 May 2011). "Carbon budget: Could this be the greenest government ever? | Caroline Lucas". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]