Reflections on the Revolution in France

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Reflections on the Revolution in France, And on the Proceedings in Certain Societies in London Relative to that Event. In a Letter Intended to Have Been Sent to a Gentleman in Paris. Ditulis oleh Edmund Burke.

Reflections on the Revolution in France adalah sebuah buku yang ditulis oleh Edmund Burke pada tahun 1790 dan merupakan salah satu serangan intelektual terhadap Revolusi Perancis. Buku ini dianggap sebagai salah satu karya yang mendefinisikan konservatisme modern. Selain itu, karya Edmund Burke ini juga memberikan sumbangan-sumbangan penting untuk teori internasional.

Pamflet ini tidak mudah diklasifikasikan. Para akademik bingung dalam menentukan apakah Burke merupakan seorang "realis atau idealis, Rasionalis atau Revolusionis."[1] Menurut konsensus akademik saat ini, buku ini merupakan "teks klasik dalam bidang teori politik".[2]

Pada abad ke-20, buku ini memengaruhi intelektual konservatif dan liberalisme klasik, yang menggunakan argumen Whig untuk mengkritik program revolusioner komunisme dan sosialis.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Armitage 2000, hlm. 619
  2. ^ Bruyn 2001, hlm. 577

Pranala luar[sunting | sunting sumber]