Pelestarian lingkungan hidup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Foto bumi biru. Environmentalisme merupakan kekhawatiran dampak perilaku manusia terhadap kelestarian bumi dan sistem alam.

Environmentalisme adalah filosofi, ideologi[1][2][3] dan gerakan sosial yang luas mengenai masalah konservasi lingkungan dan peningkatan kesehatan lingkungan. Environmentalisme mendukung pelestarian, restorasi dan / atau perbaikan lingkungan alam, dan dapat disebut sebagai sebuah gerakan untuk mengendalikan pencemaran atau melindungi keanekaragaman tumbuhan dan satwa.[4] Untuk alasan ini, konsep-konsep seperti etika lahan, etika lingkungan, keanekaragaman hayati, ekologi dan hipotesis biophilia hipotesis merupakan hal yang dominan.

Pada inti nya, environmentalisme adalah upaya untuk menyeimbangkan hubungan antara manusia dan berbagai sistem alam di mana manusia bergantung sedemikian rupa sehingga semua komponen mendapat perlakuan yang sesuai untuk kelestariannya. Lingkungan hidup dan masalah lingkungan sering diwakili oleh warna hijau,[5]

Pada prakteknya, environmentalism berkaitan erat dengan ekologi, sebab ekologi menyediakan informasi tentang bagaimana kerusakan lingkungan mempengaruhi mahluk hidup dan bagaimana cara memperbaikinya.

Salah satu contoh pertama adalah orang-orang Bishnois di Rajasthan, India, yang rela mati demi mencegah penebangan pohon-pohon di desa mereka atas perintah raja.

Beberapa tokoh modern adalah John Muir dan Henry David Thoreau. Thoreau tertarik akan hubungan antara manusia dan lingkungan hidup dan mempelajari hal ini dengan cara hidup dekat dengan alam dengan gaya hidup sederhana.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ideology and Sustainability". Formal.stanford.edu. Diakses 2012-06-20. 
  2. ^ Ronald Bailey from the February 2002 issue. "Debunking Green Myths". Reason.com. Diakses 2012-06-20. 
  3. ^ Donald Gibson. Environmentalism: Ideology and Power. Nova Science Pub Inc. 2003
  4. ^ "Environmentalism - Definition and More from the Free Merriam-Webster Dictionary". Merriam-webster.com. 2010-08-13. Diakses 2012-06-20. 
  5. ^ Cat Lincoln (Spring 2009). "Light, Dark and Bright Green Environmentalism". Green Daily. Diakses 2009-11-02.