Belanja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konsumen sedang berbelanja buku dan mainan

Belanja merupakan pemerolehan barang atau jasa dari penjual dengan tujuan membeli pada waktu itu. Belanja adalah aktivitas pemilihan dan/atau membeli. Dalam beberapa hal dianggap sebagai sebuah aktivitas kesenggangan juga ekonomi.

Belanja dalam masyarakat kuno[sunting | sunting sumber]

Perbelanjaan telah dimulai sejak dahulu. Pada Romawi kuno, terdapat Trajan's Market dengan tabernas yang berperan sebagai penjual. Daftar belanja telah digunakan oleh orang Romawi setelah ditemukan di Tembok Hadrian tahun 75-125 M yang ditulis untuk seorang tentara.[1]

Bangunan perbelanjaan[sunting | sunting sumber]

Hub belanja[sunting | sunting sumber]

Perbelanjaan kaca di Toronto tahun 1937

Sebuah zona perdagangan besar dapat ditemukan di pusat kota atau souk di kota-kota Arab. Hub belanja, atau pusat perbelanjaan, adalah kumpulan toko yang merupakan kumpulan dari beberapa bisnis. Contohnya seperti mal perbelanjaan, town square, pasar loak, dan bazar.

Toko[sunting | sunting sumber]

Berbagai jenis toko ritel yang berpengalaman dalam menjual barang-barang sesuai jenisnya meliputi toko buku, toko permen, toko liquor, toko hadiah, toko peranti keras, toko hobi, toko hewan, apotek, toko seks, supermarket.

Toko lain seperti toko kotak besar, hipermarket, department store, toko dolar menjual berbagai produk yang tidak terkait dengan yang lainnya.

Agen perjalanan adalah salah satu toko yang menjual jasa.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Roman shopping list deciphered". Australian Broadcasting Corporation. 2001-03-05. Diakses tanggal 2007-09-23.