Kepulauan Ashmore dan Cartier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kepulauan Ashmore dan Cartier

Kepulauan Ashmore dan Cartier adalah dua kepulauan tropis kecil yang tidak berpenghuni di Samudera Hindia. Terletak di sebelah barat laut Australia dan sebelah selatan Pulau Rote, Indonesia

Letak Geografis[sunting | sunting sumber]

Ashmore Reef in satellite-image (NASA)

Wilayah mencakup Ashmore Reef (barat, tengah, dan Timur dari kepulauan) dan Kepulauan Cartier (70 km sebelah timur). Total area 199.45 km² berbentuk karang dan termasuk laguna, 114,400 m² berbentuk dataran kering. Memiliki garis pantai sepanjang 74.1 km, yang diukur dari tepi luar terumbu karang. Tidak terdapat pelabuhan, hanya berupa garis pantai. Walaupun dekat dengan gugusan karang Hibernia, 42 km sebelah timur laut Ashmore Reef, tapi bukan merupakan bagian dari kepulauan ini, melainkan termasuk wilayah Australia Barat [1]. Gugusan karang Hibernia tidak memiliki dataran kering yang permanen, dataran kering tersebut baru akan muncul ketika air laut sedang surut.

Hibernia Reef (NASA satellite image)
  • Ashmore Reef 155.40 km² berbentuk karang (termasuk laguna)
    • Bagian barat, seluas 51,200 m²;
    • Bagian tengah, seluas 21,200 m²;
    • Bagian timur, seluas 25,000 m²;
  • Cartier Reef 44.03 km² berbentuk karang (termasuk laguna)
    • Kepualauan Cartier, seluas 17,000 m²;

Terdapat sebuah stasiun pemantau cuaca di sebelah barat pulau.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Wilayah ini bearada dalam kekuasaan Australia dibawah Departemen Hukum dan Pemerintahan[2] (Sebelum tanggal 29 Nopember 2007,[3] berada di bawah Departemen Transportasi dan Pelayanan). Dengan kode FIPS-10 adalah AT; wilayah ini termasuk dalam negara Australia menurut ketentuan ISO 3166. Australia bertanggung jawab atas keamanan pulau, dengan dikunjungi oleh Angkatan Laut Australia dan Angkatan Udara Australia secara berkala. Pulau ini dikunjungi oleh pengunjung musiman.

Ashmore Reef disebut Pulau Pasir oleh orang Indonesia, dan termasuk kedalam Kabupaten Rote Ndao, propinsi Nusa Tenggara Timur.[4] Dalam bahasa Pulau Rote, sering disebut Nusa Solokaek yang juga berarti pulau pasir.[5]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Cartier Island and surrounding reef (NASA satellite image)

Cagar Alam Kelautan Ashmore didirikan bulan Agustus 1983. Ini adalah bagian dari keanekaragaman hayati yang signifikan seperti di Kepulauan Indonesia. Ada 14 spesies ular laut di daerah tersebut, lebih daripada di daerah lain. Spesies terbanyak adalah karang, moluska, dan ikan. Sebuah nota kesepakatan antara pemerintah Australia dan Indonesia yang memungkinkan akses nelayan tradisional Indonesia yang ingin menangkap ikan di kawasan ini, sesuai dengan batas.

Cartier Island Marine Reserve mencakup seluruh cay pasir Cartier Island, terumbu sekitarnya, laut untuk 72 km (45 mil) radius sekitar pulau, dan 1.000 m (3,300 kaki) di bawah dasar laut. Ini diproklamasikan pada tahun 2000.

Ekonomi dan migrasi[sunting | sunting sumber]

Tidak ada aktivitas ekonomi di wilayah ini. Ashmore Reef adalah titik terdekat dari wilayah Australia untuk Indonesia, karenanya ini dapat menjadi target utama para penyelundup untuk membawa suaka dari wilayah tersebut.[6] Setelah mereka mendarat di Ashmore, pencari suaka bisa mengklaim telah memasuki wilayah dan permintaan Australia untuk diproses sebagai pengungsi. Penggunaan Ashmore untuk tujuan ini dibuat ketenaran besar selama akhir tahun 2001, ketika kedatangan pengungsi menjadi isu politik besar di Australia. Seperti Australia bukanlah negara suaka pertama untuk ini "manusia perahu", Pemerintah Australia tidak menganggap itu memiliki tanggung jawab untuk menerima mereka.

Beberapa hal yang dilakukan untuk mencegah praktek seperti mencoba untuk memiliki penyelundup orang yang ditangkap di Indonesia; yang disebut Pacific Solution pengolahan mereka di negara-negara ketiga; asrama dan perputaran paksa kapal oleh pasukan militer Australia, dan akhirnya excising Ashmore dan banyak pulau-pulau kecil lainnya dari zona migrasi Australia. Dua muatan kapal pencari suaka masing-masing ditahan selama beberapa hari di laguna di Ashmore upaya setelah gagal oleh Angkatan Laut Australia untuk mengubahnya kembali ke Indonesia pada bulan Oktober 2001.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.statoids.com/uau.html
  2. ^ First Assistant Secretary, Territories Division (2008-01-30). "Territories of Australia". Attorney-General's Department. Diakses 2008-02-07. "The Federal Government, through the Attorney-General's Department administers Ashmore and Cartier Islands, Christmas Island, the Cocos (Keeling) Islands, the Coral Sea Islands, Jervis Bay, and Norfolk Island as Territories." 
  3. ^ Department of Infrastructure, Transport, Regional Development and Local Government. "Territories of Australia". Diakses 2008-02-07. "As part of the Machinery of Government Changes following the Federal Election on 29 November 2007, administrative responsibility for Territories has been transferred to the Attorney General's Department." 
  4. ^ Ashmore Reef, Ashmore and Cartier Islands (external territory of Australia)
  5. ^ The Settlement of Papela
  6. ^ Inside Indonesia Anita Roberts "Don't let them drown" Inside Indonesia Apr–Jun 2001, vol. 64

Pranala luar[sunting | sunting sumber]