Kepulauan Ashmore dan Cartier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepulauan Ashmore dan Cartier
Lokasi Kepulauan Ashmore dan Cartier
Geografi
LokasiSamudra Hindia
KoordinatKoordinat: 12°15′30″S 123°02′30″E / 12.25833°S 123.04167°E / -12.25833; 123.04167
Pulau besar4
Pemerintahan
Negara Australia
Kependudukan
PendudukTidak berpenghuni (Juli 2021)
Kepulauan Ashmore dan Cartier

Kepulauan Ashmore dan Cartier adalah dua kepulauan tropis kecil yang tidak berpenghuni di Samudera Hindia. Terletak di sebelah barat laut Australia dan sebelah selatan Pulau Rote, Indonesia. Nama lain dari kepulauan ini adalah "Pulau Pasir" dalam bahasa Indonesia dan "Nusa Solokaek" dalam bahasa Rote.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut literatur Australia,[1] Pulau Cartier dikunjungi oleh Kapten Nash pada tahun 1800, dan dinamai menurut kapalnya Cartier. Pulau Ashmore dilihat oleh Kapten Samuel Ashmore pada tahun 1811 dari kapalnya Hibernia dan dinamai menurut namanya. Pulau Ashmore dianeksasi oleh Britania Raya pada tahun 1878, seperti Pulau Cartier pada tahun 1909.[2]

Setelah aneksasi mereka, pemerintah Inggris kadang-kadang memberikan izin untuk memancing atau untuk mengekstraksi guano di pulau-pulau tersebut.[3] Pada tahun 1920-an, pulau-pulau tersebut digunakan sebagai basis pemburu liar yang mengincar Industri mutiara Australia Barat. Kurangnya pemolisian yang efektif menyebabkan Australia melobi untuk transfer kendali.[4]

Pada tahun 1983, wilayah tersebut dinyatakan sebagai cagar alam di bawah Undang-Undang Taman Nasional dan Konservasi Margasatwa tahun 1975, namun sekarang diganti dengan Undang-Undang Konservasi Keragaman Hayati dan Perlindungan Lingkungan Hidup 1999.[5] Pulau Cartier, yang merupakan bekas tempat pengeboman, menjadi cadangan laut pada tahun 2000.

Setelah kepulauan tersebut menjadi titik kontak pertama dengan zona migrasi Australia, pada bulan September 2001, pemerintah Australia mengeluarkan Kepulauan Ashmore dan Cartier dari zona migrasi Australia.

Warisan dan memorandum Indonesia[sunting | sunting sumber]

Ashmore secara teratur dikunjungi dan dipancing oleh para nelayan Indonesia sejak awal abad ke-18. Memorandum of Understanding (MOU) tahun 1974 antara Australia dan Indonesia menetapkan peraturan dimana nelayan tradisional dapat mengakses sumber daya di laut teritorial Australia di wilayah tersebut. Hal ini memungkinkan nelayan tradisional Indonesia untuk mengakses bagian dari Ashmore untuk berteduh, air tawar, dan mengunjungi situs kuburan. Area tersebut, yang dikenal sebagai Kotak MOU, berisi Wilayah Kepulauan Ashmore dan Cartier.[6]

Letak Geografis[sunting | sunting sumber]

Ashmore Reef in satellite-image (NASA)

Wilayah mencakup Ashmore Reef (barat, tengah, dan Timur dari kepulauan) dan Kepulauan Cartier (70 km sebelah timur). Total area 199.45 km² berbentuk karang dan termasuk laguna, 114,400 m² berbentuk dataran kering. Memiliki garis pantai sepanjang 74.1 km, yang diukur dari tepi luar terumbu karang. Tidak terdapat pelabuhan, hanya berupa garis pantai. Walaupun dekat dengan gugusan karang Hibernia, 42 km sebelah timur laut Ashmore Reef, tetapi bukan merupakan bagian dari kepulauan ini, melainkan termasuk wilayah Australia Barat.[7] Gugusan karang Hibernia tidak memiliki dataran kering yang permanen, dataran kering tersebut baru akan muncul ketika air laut sedang surut.

Hibernia Reef (NASA satellite image)
  • Ashmore Reef 155.40 km² berbentuk karang (termasuk laguna)
    • Bagian barat, seluas 51,200 m²;
    • Bagian tengah, seluas 21,200 m²;
    • Bagian timur, seluas 25,000 m²;
  • Cartier Reef 44.03 km² berbentuk karang (termasuk laguna)
    • Kepualauan Cartier, seluas 17,000 m²;

Terdapat sebuah stasiun pemantau cuaca di sebelah barat pulau.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Saat ini, wilayah tersebut dikelola dari Canberra oleh Departemen Infrastruktur, Pengembangan Regional dan Kota, yang juga bertanggung jawab atas administrasi di wilayah Pulau Natal, Kepulauan Cocos (Keeling), Kepulauan Laut Karang, Wilayah Teluk Jervis dan Pulau Norfolk.[8]

Departemen Kejaksaan Agung bertanggung jawab atas administrasi wilayah Australia hingga Pemilihan federal 2010. Pada tahun itu tanggung jawab atas wilayah Australia dipindahkan ke Departemen Regional Australia, Pemerintah Daerah, Seni dan Olahraga, dan mulai 18 September 2013 Departemen Infrastruktur dan Pembangunan Daerah telah mengelola wilayah Australia.

Pertahanan Kepulauan Ashmore dan Cartier adalah tanggung jawab Australia, dengan kunjungan berkala oleh Angkatan Laut Australia, Angkatan Udara Australia dan Pasukan Perbatasan Australia.

Hibernia Reef terdekat, 42 km (26 mi) timur laut Ashmore Reef, bukan bagian dari teritori, tetapi milik Australia Barat.[9] Pulau ini tidak memiliki lahan kering permanen, meskipun sebagian besar terumbu karang menjadi terbuka saat air surut.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Cartier Island and surrounding reef (NASA satellite image)

Cagar Alam Kelautan Ashmore didirikan bulan Agustus 1983. Ini adalah bagian dari keanekaragaman hayati yang signifikan seperti di Kepulauan Indonesia. Ada 14 spesies ular laut di daerah tersebut, lebih daripada di daerah lain. Spesies terbanyak adalah karang, moluska, dan ikan. Sebuah nota kesepakatan antara pemerintah Australia dan Indonesia yang memungkinkan akses nelayan tradisional Indonesia yang ingin menangkap ikan di kawasan ini, sesuai dengan batas.

Cartier Island Marine Reserve mencakup seluruh cay pasir Cartier Island, terumbu sekitarnya, laut untuk 72 km (45 mi) radius sekitar pulau, dan 1.000 m (3.300 ft) di bawah dasar laut. Ini diproklamasikan pada tahun 2000.

Ekonomi dan migrasi[sunting | sunting sumber]

Tidak ada aktivitas ekonomi di wilayah ini. Ashmore Reef adalah titik terdekat dari wilayah Australia untuk Indonesia, karenanya ini dapat menjadi target utama para penyelundup untuk membawa suaka dari wilayah tersebut.[10] Setelah mereka mendarat di Ashmore, pencari suaka bisa mengklaim telah memasuki wilayah dan permintaan Australia untuk diproses sebagai pengungsi. Penggunaan Ashmore untuk tujuan ini dibuat ketenaran besar selama akhir tahun 2001, ketika kedatangan pengungsi menjadi isu politik besar di Australia. Seperti Australia bukanlah negara suaka pertama untuk ini "manusia perahu", Pemerintah Australia tidak menganggap itu memiliki tanggung jawab untuk menerima mereka.

Beberapa hal yang dilakukan untuk mencegah praktik seperti mencoba untuk memiliki penyelundup orang yang ditangkap di Indonesia; yang disebut Pacific Solution pengolahan mereka di negara-negara ketiga; asrama dan perputaran paksa kapal oleh pasukan militer Australia, dan akhirnya excising Ashmore dan banyak pulau-pulau kecil lainnya dari zona migrasi Australia. Dua muatan kapal pencari suaka masing-masing ditahan selama beberapa hari di laguna di Ashmore upaya setelah gagal oleh Angkatan Laut Australia untuk mengubahnya kembali ke Indonesia pada bulan Oktober 2001.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pulau Pasir (Ashmore Reef) belongs to Indonesia". Diakses tanggal 2019-08-13. 
  2. ^ "Hibernia". 21 January 2016. 
  3. ^ "Our charge: history of new islands". The Sun. Sydney. 30 November 1933. 
  4. ^ "Our new islands". The Weekly Times. 9 December 1933. 
  5. ^ Environment Protection and Biodiversity Conservation Act 1999
  6. ^ "Ashmore Reef and Cartier Island Commonwealth Marine Reserves: Information for visitors" (PDF). Commonwealth of Australia 2014. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2022-10-09. Diakses tanggal 17 August 2018. 
  7. ^ http://www.statoids.com/uau.html
  8. ^ Assistant Director, Territories and Disaster Reconstruction Division (16 June 2012). "Territories of Australia". Department of Regional Australia, Local Government, Arts and Sport. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 February 2011. Diakses tanggal 7 February 2008. 
  9. ^ "States of Australia". hlm. Administrative Divisions of Countries. Diakses tanggal 2011-06-23. 
  10. ^ Inside Indonesia Diarsipkan 2008-08-30 di Wayback Machine. Anita Roberts "Don't let them drown" Inside Indonesia Apr–Jun 2001, vol. 64

Pranala luar[sunting | sunting sumber]