Victoria, Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Letak Victoria di Australia

Victoria (dahulu disebut: Vitoria) adalah negara bagian Australia terkecil yang masuk di benua tersebut (Tasmania tidak termasuk) dan beribu kotakan Melbourne. Victoria terletak di bagian tenggara benua Australia dan dengan perhitungan penduduk 5.354.042 jiwa (Juni 2011), adalah negara bagian dengan penduduk terpadat kedua di Australia. Luasnya adalah 237.629 km².

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Victoria dinyatakan terpisah dari negara bagian New South Wales dan menjadi koloni yang merdeka pada tahun 1851 setelah terjadi perburuan emas terbesar di dunia sejak tambang-tambang emas ditemukan di Ballarat dan kemudian di Bendigo.

Pada 1 Januari 1901, Victoria kembali menjadi negara bagian di Persemakmuran Australia seperti layaknya negara-negara bagian lain. Sebelum ibu kota Australia yang sekarang, Canberra, selesai dibangun, Melbourne adalah ibu kota Australia tepatnya dari tahun 1901-1927.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Terletak di bagian tenggara benua Australia, Victoria berbatasan dengan South Australia di sebelah barat dan New South Wales di utara dengan Murray River (Sungai Murray) sebagai batasnya. Di bagian selatan terdapat sebuah teluk besar yang digunakan untuk pelabuhan yaitu Port Phillip yang terletak di Melbourne serta pinggirannya seperti Geelong dan Frankston.

Sungai-sungai yang ada di Victoria antara lain Murray River, Yarra River, Maribyrnong River, dan Mitta River.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan Victoria sudah dijelaskan dalam konstitusinya sejak 1855 dan sudah diamandemen beberapa kali. Sejak bergabung dengan Australia tahun 1901, Konstitusi Australia mengatur Victoria. Jabatan Perdana Menteri Victoria sejak Juli 2007 dijabat John Brumby.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Dahulu, Victoria merupakan pusat dari perburuan emas dan batu bara. Sekarang, hasil produksinya hampir sama dengan negara bagian lain namun dengan tambahan hasil agrikultur karena curah hujannya yang lebih tinggi dibanding negara bagian lain.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Beberapa objek wisata di Victoria antara lain:

Budaya dan olahraga[sunting | sunting sumber]

Victoria, Melbourne pada khususnya, memiliki kebudayaan yang beragam seperti Tionghoa, India, Yunani, dan Vietnam.

Victoria merupakan asal dari sepak bola Australia (Australian Football atau Footy) dengan 10 dari 16 tim liga utama (AFL) berasal dari sini. Pertandingan Grand Final pun diselenggarakan di stadion Melbourne Cricket Ground.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]