Karangbinangun, Lamongan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Karangbinangun
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenLamongan
Pemerintahan
 • CamatDrs. Moh Nalikan, M.M.
Populasi
 (2002)
 • Total41,662 jiwa
Kode Kemendagri35.24.24
Kode BPS3524170
Luas42,93 km²
Desa/kelurahan21 kelurahan/desa

Karangbinangun adalah kecamatan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Indonesia. Karangbinangun merupakan Daerah Bonorowo yang keberadaannya diapit oleh 2 sungai besar yaitu sungai Bengawan Solo dan sungai Blawi (sungai Bengawan Jero). Adapun letaknya berada di sebelah timur laut dari pusat pemerintahan Kabupaten Lamongan yang jaraknya ±17 Km.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Luas wilayah kecamatan Karangbinangun adalah 42,93 km², yang secara administratif terdiri dari 21 desa, 71 dusun, 86 RW, 193 RT dan 8.186 Kepala Keluarga.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Adapun batas-batas wilayah kecamatan Karangbinangun adalah sebagai berikut:

Utara Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik.
Timur Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik dan Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan.
Selatan Kecamatan Glagah dan Kecamatan Deket
Barat Kecamatan Turi dan Kecamatan Kalitengah.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001 tercatat jumlah penduduk kecamatan Karangbinangun sebanyak: 39.756 jiwa. Pada tahun 2002 sebanyak: 41.662 jiwa, selama satu tahun tersebut terjadi peningkatan sebanyak 1.906 jiwa atau kenaikan sebesar 4,79 %.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Karangbinangun merupakan salah satu wilayah yang sebagian besar wilayahnya merupakan areal pertanian, terutama ikan bandeng, udang windu, dan padi.

Laju pertumbuhan ekonomi meningkat dari sebesar 2,43 % pada tahun 2001 menjadi sebesar 2,57 % pada tahun 2002. Penggunaan tanah di seluruh wilayah kecamatan Karangbinangun terdiri dari beberapa jenis:

Sawah/Tambak[sunting | sunting sumber]

Tanah sawah/tambak 3.526,110 Ha. Tanah tegalan 360,950 Ha. Tanah pekarangan 328,080 Ha. Tanah lainnya 97,650 Ha. Dengan kondisi demikian maka struktur perekonomian di kecamatan Karangbinangun didominasi oleh sektor petani ikan dan padi.

Industri rumahan[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan Karangbinangun, selain sektor pertanian yang merupakan sektor utama dalam pembangunan perekonomian, saat ini sedang digalakkan Industri Kecil (Kerajinan) dimana di wilayah kecamatan Karangbinangun terdapat 2 desa yaitu desa Karangbinangun dan desa Bogobabadan yang masyarakatnya memiliki keterampilan di bidang bordir yang sejak tahun 1990 dibina secara terpadu sebagai desa percontohan. Adapun hasil kerajinan masih belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, hal ini disebabkan karena aspek pemasarannya yang belum memadai.

Perdagangan[sunting | sunting sumber]

Dalam kegiatan perekonomian sektor perdagangan berfungsi menjembatani produsen dengan konsumen. Lancarnya penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen akan menjamin perkembangan sektor produksi dan sektor perdagangan. Di kecamatan Karangbinangun terdapat sarana perekonomian berupa 1 unit pasar dan tempat lelang hasil tambak di desa Blawi.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Terdapat Layanan Angkutan Desa jurusan Lamongan-Karangbinangun di jalan raya Karangbinangun. Sedangkan untuk menuju desa-desa, ada ojek dan perahu untuk mengangkut hasil sawah dan tambak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]