Kaiju No. 8

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaiju No. 8
怪獣8号
(Kaijū 8-gou)
Genre
Manga
PengarangNaoya Matsumoto
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
ImprintJump Comics+
MajalahShōnen Jump+
DemografiShōnen
Terbit3 Juli, 2020 – sekarang
Volume11
Novel ringan
Kaiju No. 8: Exclusive on the Third Division
PengarangKeiji Ando
IlustratorNaoya Matsumoto
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
Viz Media
ImprintJump J-Books
DemografiMale
Terbit4 November, 2022
Manga
Kaiju No. 8: B-Side
Pengarang
  • Naoya Matsumoto
  • Keiji Andō
IlustratorKentaro Hidano
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
Viz Media
ImprintJump Comics+
MajalahShōnen Jump+
DemografiShōnen
Terbit5 Januari, 2024 – sekarang
Seri anime
Sutradara
  • Shigeyuki Miya
  • Tomomi Kamiya
SkenarioIchirō Ōkouchi
MusikYuta Bando
StudioProduction I.G
Pelisensi
Saluran
asli
TXN (TV Tokyo)
Tayang 13 April, 2024 dijadwalkan
 Portal anime dan manga

Kaiju No. 8 (Jepang: 怪獣8号, Hepburn: Kaijū 8-gou), adalah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Naoya Matsumoto. Diserialkan secara gratis oleh Shueisha di aplikasi dan situs Shōnen Jump+ sejak Juli 2020, dengan koleksi sebelas jilid tankōbon per Desember 2023.

Bercerita tentang Kafka Hibino, seorang pria yang habis menelan kaiju, dia memperoleh kemampuan berubah jadi kaiju dan sekarang harus menavigasi kekuatannya saat mencoba jadi bagian dari organisasi yang melenyapkan kaiju untuk memenuhi janji yang dia buat dengan teman masa kecilnya.

Viz Media telah melisensikan serialnya untuk rilis ke bahasa Inggris di Amerika Utara. Adaptasi serial televisi anime yang diproduksi oleh Production I.G akan tayang perdana pada April 2024.

Pada Maret 2023, manga tersebut telah beredar lebih dari 11 juta eksemplar. Serial ini telah dipuji karena premis, karakter, dan seninya.

Karater[sunting | sunting sumber]

Kafka Hibino (日比野カフカ, Hibino Kafka) / Kaiju No. 8 (怪獣8号, Kaijū 8-gō)
Pengisi suara: Masaya Fukunishi[3]
Seorang pria berusia 32 tahun dengan impian bergabung dengan Pasukan Pertahanan untuk bertarung dengan teman masa kecilnya, Mina Mashiro. Dia menyerah dan gagal bergabung dengan Pasukan Pertahanan dan mulai bekerja di perusahaan pembuangan kaiju sebagai pembersih. Dia mendapatkan kemampuan untuk berubah jadi kaiju setelah kaiju kecil memasuki tubuhnya melalui mulutnya. Setelah melarikan diri dari Pasukan Pertahanan, dia kemudian dijuluki "Kaiju No. 8" Dalam wujud kaiju-nya, Kafka memiliki kekuatan super, kecepatan, daya tahan, regenerasi, dan kemampuan untuk mendeteksi kaiju lainnya. Dia memiliki tingkat ketabahan 9,8, menjadikannya kaiju paling kuat yang diidentifikasi oleh Pasukan Pertahanan. Karena kekuatan tempurnya yang rendah dalam wujud manusianya, dia menggunakan pengetahuannya tentang anatomi kaiju, dari pekerjaannya di industri pembuangan, untuk membantu rekan satu pasukannya mengalahkan kaiju. Desain kaiju Kafka terinspirasi dari penggambaran oni sedangkan desain blue glow terinspirasi dari film Tron.[4]
Reno Ichikawa (市川レノ, Ichikawa Reno)
Pengisi suara: Wataru Kato[3]
Pria berusia 18 tahun yang mulai bekerja di perusahaan yang sama dengan Kafka dengan rencana untuk bergabung dengan Pasukan Pertahanan. Dia berteman dengan Kafka dan membantunya menyembunyikan rahasia wujud kaiju-nya. Reno dianggap sebagai rekrutan yang menjanjikan dan dengan cepat menjadi salah satu aset terkuat Angkatan Pertahanan. Dia cocok dengan senjata No 6 yang terbuat dari sisa-sisa Kaiju No. 6 yang memiliki level ketabahan 9,6 dan menghancurkan kekuatan pertahanan sebelum awal cerita. Senjata No 6 berbentuk baju zirah yang meningkatkan kekuatan dan kecepatan Reno serta memberinya kemampuan untuk cryokinesis.
Mina Ashiro (亜白ミナ, Ashiro Mina)
Pengisi suara: Asami Seto[3]
Kapten berusia 27 tahun dari Divisi Ketiga Pasukan Pertahanan. Dia teman masa kecil Kafka yang bersumpah untuk melawan kaiju. Dia salah satu perwira terkuat di Pasukan Pertahanan dan sangat terampil dalam menggunakan senjata api karena kemampuannya yang unik membuat tembakannya lebih dahsyat. Senjata andalannya tuh pistol genggam, membuatnya efektif melawan kaiju berukuran raksasa.
Kikoru Shinomiya (四ノ宮キコル, Shinomiya Kikoru)
Pengisi suara: Fairouz Ai[5]
Gadis berusia 16 tahun yang bergabung dengan divisi Tiga bersama Kafka dan Reno. Dia anak ajaib dan pembunuh kaiju, Kikoeru salah satu bakat terhebat di Angkatan Pertahanan dan memiliki kekuatan tempur tertinggi yang tercatat sebagai rekrutan. Ayahnya, Isao, merupakan Direktur Jenderal angkatan Pertahanan sedangkan ibunya, Hikari, purwawirawan kapten yang meninggal saat menjalankan tugas sewaktu melawan invasi kaiju yang dipimpin oleh Kaiju No. 6 sebelum alur utama cerita. Dia menggunakan kapak raksasa sebagai senjata pribadinya dan mewarisi setelan Nomor 4 ibunya yang memberinya kemampuan terbang.
Soshiro Hoshina (保科宗四郎, Hoshina Soshiro)
Pengisi suara: Kengo Kawanishi[5]
Wakil kapten Divisi Ketiga. Dia pendekar pedang terampil yang pandai melawan kaiju yang lebih kecil. Dia sering dinasihati atasannya untuk berhenti jadi petugas lapangan karena ketidakefektifannya menggunakan senjata api. Mina menyukai keahliannya sebagai pendekar pedang dan memintanya untuk jadi wakil kaptennya. Setelah mengalahkan Kaiju No. 10, Toshiro mendapatkan senjata sentient No. 10 yang berbentuk baju zirah dengan ekor yang bisa digunakan untuk menyerang.
Iharu Furuhashi (古橋伊春, Furuhashi Iharu)
Pengisi suara: Yūki Shin[6]
Rekrutan baru the who yang bergabung dengan Divisi Ketiga bersama Kafka, Reno, dan Kikoeru. Dia dan Reno jadi bagian dari peleton yang sama dan bersaing selama pelatihan.
Haruichi Izumo (ハルイチ出雲, Izumo Haruichi)
Pengisi suara: Keisuke Koumoto[6]
Rekrutan baru dari Divisi Ketiga dan keturunan keluarga Izumo yang menjalankan perusahaan "Izumo Tech" yang mengembangkan peralatan untuk Angkatan Pertahanan.
Aoi Kaguragi (神楽木葵, Kaguragi Aoi)
Pengisi suara: Shunsuke Takeuchi[6]
Seorang perwira JSDF yang bergabung dengan Divisi Ketiga dan jadi bagian dari peleton yang sama dengan Haruichi.
Konomi Okonogi (小此木このみ, Okonogi Konomi)
Pengisi suara: Sayaka Senbongi[7]
Operator utama Divisi Tiga yang memberikan informasi kepada petugas lapangan. Tim operasinya memantau keluaran daya setelan petugas dan juga dapat menghapus pembatas mereka yang memungkinkan petugas menggunakan keluaran yang lebih besar.
Isao Shinomiya (四ノ宮 功, Shinomiya Isao)
Direktur Jenderal Angkatan Pertahanan dan ayah Kikoru yang dianggap sebagai salah satu pejuang terkuat dalam sejarah Angkatan Pertahanan. Isao menggunakan senjata No. 2 yang terbuat dari sisa-sisa Kaiju No. 2 dalam bentuk baju zirah dan sarung tangan bertenaga, yang memberinya kekuatan manusia super dan kemampuan untuk menggunakan ledakan sonik. Isao mulai mengajari Kikoeru cara melawan kaiju setelah kematian istrinya.
Gen Narumi (鳴海 弦, Narumi Gen)
Kapten Divisi Pertama Angkatan Pertahanan. Dia dianggap sebagai kapten aktif terkuat di Angkatan Pertahanan. Gen menggunakan senjata No. 1 yang terbuat dari sisa-sisa Kaiju No. 1. Senjata itu berbentuk baju zirah bertenaga dan sepasang implan retina yang memberi Gen kemampuan untuk memprediksi pergerakan musuh yang memungkinkannya selalu menyerang lawannya. Senjata pribadinya adalah senapan dengan bayonet.
Kaiju No. 9 (怪獣9号, Kaijū 9-gō)
Kaiju humanoid yang dapat menciptakan kaiju lain serta menyerap manusia, mengambil penampilan dan ingatan mereka. No. 9 menyusup ke masyarakat dengan menyamar sebagai manusia dan mengatur sebagian besar bencana yang menimpa Pasukan Pertahanan. Menyerap Isao Shinomiya dan senjata No. 2 miliknya yang sangat meningkatkan kekuatan dan kemampuannya untuk menciptakan kaiju yang lebih kuat.
Kaiju No. 10 (怪獣10号, Kaijū 10-gō)
Kaiju humanoid yang hidup yang memimpin serangan ke markas Divisi Ketiga. Namun akhirnya dikalahkan dan ditangkap Toshiro Hoshina dan Mina Mashiro. Saat dipenjara, No. 10 mengungkapkan bahwa seranga dibuat oleh No. 9 dan meminta untuk diubah menjadi senjata ahar bisa digunakan Toshiro Hoshina. Dia kaiju pertama yang dibuat jadi senjata saat masih hidup dan mempertahankan perasaannya. No. 10 memiliki tingkat ketabahan maksimum 9,0.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Official Website for Kaiju No.8". Viz Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 8, 2021. Diakses tanggal September 1, 2021. 
  2. ^ Egan, Toussaint (October 13, 2023). "Kaiju No. 8's anime already looks as rad as the manga". Polygon. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 3, 2024. Diakses tanggal February 3, 2024. 
  3. ^ a b c Chapman, Paul (August 5, 2023). "Kaiju No. 8 Anime Smashes Japanese TV in April 2024". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 5, 2023. Diakses tanggal August 5, 2023. 
  4. ^ "2024 Manga Picks Editor Interview Vol. 1 - Kaiju No. 8 (Monster #8)". Manga Plus. Shueisha. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 16, 2024. Diakses tanggal February 16, 2024. 
  5. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Cast2
  6. ^ a b c Hodgkins, Crystalyn (December 22, 2023). "Yuki Shin, Keisuke Koumoto, Shunsuke Takeuchi Join Cast of Kaiju No. 8 Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 22, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  7. ^ 怪獣8号:テレビアニメが4月13日スタート OPはヤングブラッド EDにワンリパブリック. Mantan Web (dalam bahasa Jepang). February 29, 2024. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 29, 2024. Diakses tanggal February 29, 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]