John Cameron Swayze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

John Cameron Swayze (lahir di Wichita, Kansas, 4 April 1906 – meninggal di Sarasota, Florida, 15 Agustus 1995 pada umur 89 tahun) adalah pembawa berita, pembawa acara, dan panelis kuis di televisi Amerika Serikat pada tahun 1950-an.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Swayze lahir sebagai anak wiraniaga grosir obat-obatan. Ia bercita-cita menjadi aktor panggung, namun lowongan sedang langka karena Broadway sedang terkena dampak keruntuhan bursa saham Wall Street tahun 1929. Setelah pulang ke Amerika Serikat Tengah Barat, Kansas City Journal-Post menerimanya sebagai reporter.

Pengalaman sebagai wartawan membuatnya diterima bekerja di stasiun radio KMBC Kansas City pada tahun 1940. Empat tahun kemudian, Swayze mencari keberuntungan di Los Angeles dan Hollywood, dan diterima di divisi pemberitaan NBC sebelum ditempatkan di New York tahun 1947.

Pada tahun 1948, Swayze mengisi tayangan film berita singkat Movietone News di NBC yang diberi nama Camel Newsreel Theatre. Tayangan ini merupakan bentuk awal dari program berita di televisi. Selain membawakan berita, Swayze menjadi panelis acara kuis Who Said That? dan acara anak-anak Watch the World. NBC lalu memilihnya sebagai pembawa acara konvensi nasional partai politik tahun 1948 yang merupakan konvensi pertama yang diliput televisi. Sebelumnya, Konvensi Nasional Partai Republik tahun 1940 di Philadelphia pernah diliput NBC, namun masih bersifat semipercobaan dan tanpa iklan.

Pembawa berita NBC[sunting | sunting sumber]

Pimpinan NBC terkesan dengan penampilan Swayze[1] hingga dipilih untuk membawakan program berita Camel News Caravan pada tahun 1949. Program berita berdurasi 15 menit 5 kali seminggu ini merupakan program berita pertama dari NBC. Swayze membacakan berita dari kantor berita, dan secara periodik mewawancarai tokoh pembuat berita. Pemirsa mengenalinya karena dua frasa pemikat yang khas, "Let's go hopscotching around the world for headlines" dan "That's the story, folks---glad we could get together". Awal tahun 1955, produsen rokok Camel, R.J. Reynolds Tobacco hanya menjadi sponsor program berita di NBC sebanyak tiga kali seminggu. Divisi Plymouth dari Chrysler menjadi sponsor untuk hari-hari yang tidak disponsori Camel. Program berita yang disponsori Chrysler diberi nama Plymouth News Caravan. Swayze diberhentikan tahun 1956 setelah kalah bersaing dari program berita CBS, Douglas Edwards with the News. Chet Huntley dan David Brinkley ditunjuk sebagai pengganti Swayze untuk membawakan program berita The Huntley-Brinkley Report. Douglas Edwards dari CBS nantinya kalah bersaing dari Huntley-Brinkley hingga digantikan oleh Walter Cronkite pada tahun 1962.

Setelah keluar dari NBC, Swayze membawakan program berita petang di ABC. Namun publik lebih mengenalnya setelah Swayze sebagai bintang iklan jam tangan Timex. Frasa pemikat yang digunakannya, "It takes a licking and keeps on ticking" lekat sebagai slogan Timex. Swayze menjadi bintang iklan Timex selama lebih dari dua dekade. Swayze juga tampil dalam iklan mobil Studebaker pada tahun 1963.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

John Cameron Swayze lahir sebagai anak dari pasangan Jesse Ernest Swayze dan Christine Cameron (atau Camerona menurut sumber lain). Dari istri bernama Beulah Mae Estes yang dinikahi tahun 1935, Swayze memperoleh dua orang anak. John Cameron Swayze, Jr. menjadi pembawa berita akhir pekan dengan memakai nama Cameron Swayze di WCBS Newsradio 880, New York, dan Suzanne Swayze Patrick. Swayze meninggal dunia 15 Agustus 1995 di Sarasota, Florida dengan meninggalkan 6 cucu dan 8 cicit.[1]

John Cameron Swayze dan aktor Patrick Swayze masih memiliki hubungan kekerabatan. Keduanya keturunan generasi ke-7 atau ke-8 dari pasangan Hakim Samuel Swayze (1688/1689-1759) dan Penelope Horton (1689/1690-1746). Hakim Swayze adalah putra dari pasangan Joseph Swasey dan Mary Betts yang putri Kapten Richard Betts dan Joanna Chamberlayne. Di antara keturunan Mary Betts atau Joseph Swayze terdapat aktor William Holden, Tom Hulce, dan Evgenia Citkowitz, istri aktor Julian Sands.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "John Cameron Swayze, 89, Journalist and TV Pitchman". The New York Times. Diakses 10 November 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Pembawa berita petang NBC (Camel News Caravan)
Februari 1949-26 Oktober 1956
Diteruskan oleh:
Chet Huntley dan David Brinkley
(Huntley-Brinkley Report)
Didahului oleh
John Charles Daly
Jangkar berita ABC Evening News
1960-1962
Dilanjutkan oleh
Ron Cochran