Howard K. Smith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Howard K. Smith
Lahir 12 Mei 1914
Ferriday, Paroki Concordia, Louisiana, Amerika Serikat
Meninggal 15 Februari 2002 (umur 87)
Bethesda, Montgomery County, Maryland
Kewarganegaraan Amerika Serikat
Pekerjaan pembawa berita di CBS dan ABC

Howard Kingsbury Smith (lahir di Ferriday, Louisiana, 12 Mei 1914 – meninggal di Bethesda, Maryland, 15 Februari 2002 pada umur 87 tahun) adalah wartawan Amerika Serikat. Ia pernah bekerja sebagai reporter radio, pembawa berita televisi, dan komentator politik. Howard Smith termasuk salah seorang dari anak buah Edward R. Murrow.

Ia dilahirkan di Ferriday, Paroki Concordia, Louisiana dari pasangan Howard K. Smith dan Minnie Gates. Ayahnya bekerja sebagai petani di Lettsworth in Paroki Pointe Coupee. Ibunya adalah putri orang Cajun yang bekerja sebagai nahkoda perahu sungai.[1]

Smith adalah lulusan tahun 1936 Universitas Tulane, New Orleans dengan gelar bachelor dan L.L.B.. Ia mendapat Bea siswa Rhodes sebagai peneliti di Universitas Oxford (Merton College), dan lulus bulan September 1939.

Karier di CBS[sunting | sunting sumber]

Reporter Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus kuliah, Smith bekerja di surat kabar New Orleans Item. Pada tahun 1940, ia ditempatkan oleh United Press sebagai koresponden di London dan Kopenhagen. Pada tahun 1941, Smith bekerja untuk Columbia Broadcasting System sebagai koresponden di Berlin.[2] Ia berkesempatan mengunjungi Hitler di sebuah rumah peristirahatan di Berchtesgaden, dan mewawancarai berbagai tokoh Nazi terkenal, termasuk Hitler, Heinrich Himmler, dan Joseph Goebbels.

Pada bulan Desember 1941, Smith termasuk salah satu dari reporter Amerika yang paling akhir meninggalkan Berlin sebelum Jerman dan Amerika Serikat berada dalam keadaan perang. Ia selamat sampai di Swiss berikut naskah yang menjadi inti buku terbitan tahun 1942, Last Train from Berlin: An Eye-Witness Account of Germany at War. Ia menceritakan laporan pandangan mata seorang wartawan dari Berlin dari tahun-tahun setelah penulis Berlin Diary, William L. Shirer meninggalkan Berlin. Buku Last Train from Berlin masuk ke dalam daftar buku terlaris di AS, dan dicetak ulang pada tahun 2001, tidak lama sebelum dirinya meninggal dunia.

Smith tidak dapat meninggalkan Swiss, tapi terus melaporkan dalam batas yang diperbolehkan pemerintah Swiss. Setelah pembebasan Perancis tahun 1944, Smith ditugaskan sebagai wartawan perang garis depan Eropa oleh CBS News. Ia termasuk salah seorang reporter anak buah Edward R. Murrow (Murrow Boys). Di bawah pimpinan Murrow, CBS News menjadi organisasi pemberitaan terkemuka pada zaman itu. Pada bulan Mei 1945, ia kembali ke Berlin untuk melaporkan peristiwa menyerahnya Jerman.

Pasca-Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Seusai perang, Smith bekerja di CBS sebagai reporter utama divisi pemberitaan CBS Reports. Setelah mengikuti Proses Nürnberg, ia menjadi saksi mata eksekusi pimpinan Nazi, termasuk Ernst Kaltenbrunner. Setelah bertugas di Eropa, Smith kembali ke Amerika Serikat. Dalam Pemilu Presiden 1960, Smith menjadi moderator debat kepresidenan yang pertama kali dalam sejarah televisi, antara Senator John F. Kennedy dan Wakil Presiden Richard M. Nixon.

Smith keluar dari CBS pada tahun 1962 setelah berselisih dengan manajemen CBS. Dokumenter CBS yang dibuatnya, Who Speaks for Birmingham melaporkan bentrokan antara aktivis hak asasi dan polisi di Birmingham, Alabama.

Karier di ABC (1962-1979)[sunting | sunting sumber]

Smith pindah ke ABC ketika divisi pemberitaan ABC masih tertinggal dari CBS dan NBC. Setelah pemilihan paruh waktu 1962, Smith menayangkan dokumenter berjudul The Political Obituary of Richard Nixon. Nixon dikatakannya melakukan "konferensi pers terakhir" setelah kalah dalam kampanye melawan Edmund G. "Pat" Brown, Sr. dalam memperebutkan kursi gubernur California.

Smith membawakan progam penerangan Howard K. Smith: News and Comment musim tayang 1962-1963. Acara tersebut ditayangkan setiap Minggu pukul 22.30 Waktu Timur sebagai tandingan kuis What's My Line? di CBS. Musim tayang berikutnya, program yang dibawakannya berganti nama sebagai ABC News Reports.

Pada 5 Juni 1968, Smith membawakan liputan pemilihan pendahuluan di California yang berlangsung hingga pukul 03.00 dini hari waktu New York. Setelah acara selesai dan televisi sedang menayangkan telop kerabat kerja, Smith mendengar berita bahwa Senator Robert F. Kennedy menjadi korban penembakan. Kamera hanya menayangkan wide shot ruang berita selama beberapa menit sebelum Smith kembali mengudara dengan laporan khusus tentang keadaan Kennedy.

Pada tahun 1960, Smith ditugaskan sebagai salah seorang pembawa berita ABC Evening News bersama Frank Reynolds. Pada tahun berikutnya, ia dipasangkan dengan Harry Reasoner yang juga berasal dari CBS. Smith membuat ulasan yang semakin lama semakin konservatif, terutama dukungannya terhadap Perang Vietnam. Selama periode tersebut, putranya yang bernama Jack Smith bertugas bersama Korps Marinir Amerika Serikat di Vietnam. Berkat ulasan yang dibuatnya, Smith semakin dekat dengan Presiden Nixon yang memberikan kesempatan langka untuk wawancara pada tahun 1971. Pada saat itu, perseteruan antara Presiden Nixon dan surat kabar besar, CBS, dan NBC sedang memuncak.

Smith bertahan sebagai salah seorang pembawa berita di ABC hingga ditugaskannya Barbara Walters pada tahun 1976. Setelah itu, ia masih bekerja selama dua tahun sebagai analis berita hingga tibanya era ABC News di bawah pimpinan Roone Arledge. Pada tahun 1979, ia mengundurkan diri dari ABC.[2]

Howard K. Smith meninggal dunia di Bethesda, Maryland, 15 Februari 2002 dalam usia 87 tahun. Dua tahun kemudian menyusul anak laki-lakinya, Jack Smith yang meninggal dunia di Marin County, California tahun 2004. Jack Smith dulunya bekerja sebagai koresponden ABC News, dan pernah meraih Penghargaan Peabody dan Penghargaan Emmy untuk liputan bidang teknologi. Dari hasil pernikahan dengan wartawan Denmark, Benedicte "Bennie" Traberg pada bulan Maret 1942, Smith mendapat anak perempuan bernama Catherine.[1]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Howard K. Smith adalah menerima Penghargaan DuPont sebanyak dua kali, tahun 1955 dan 1963. Penghargaan di bidang jurnalisme radio diperolehnya dari Sigma Delta Chi pada tahun 1957. Pada tahun 1960 sebuah penghargaan diterimanya dari American Jewish Congress.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Smith tampil dalam sejumlah film, sering kali sebagai dirinya sendiri.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Last Train from Berlin
  • Events Leading Up to My Death: The Life of a Twentieth-Century Reporter (1996, memoar)
  • Washington, D.C.; the story of our Nation's Capital (1967, buku anak-anak)
  • The Population Explosion (1960)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Howard K. Smith", Delta Music Museum Celebritis, Ferriday, Louisiana, p. 2
  2. ^ a b "Smith, Howard K.". The Museum of Broadcast Communications. Diakses 14 November 2008. 
  • Who's Who in America, edisi 1972

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh
Howard K. Smith dan Frank Reynolds
Pembawa berita ABC Evening News
1970-1975
Dilanjutkan oleh
Harry Reasoner dan Barbara Walters