Chet Huntley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chet Huntley
Lahir 10 Desember 1911
Cardwell, Montana, Amerika Serikat
Meninggal 20 Maret 1974 (umur 62)
Big Sky, Amerika Serikat
Kebangsaan Amerika Serikat
Pekerjaan pembawa berita

Chester Robert "Chet" Huntley (lahir di Cardwell, Montana, 10 Desember 1911 – meninggal di Big Sky, Montana, 20 Maret 1974 pada umur 62 tahun) adalah pembawa berita di televisi Amerika Serikat.

Karier[sunting | sunting sumber]

Huntley dilahirkan di Cardwell, Montana. Setelah lulus Sekolah Menengah Atas Whitehall di Whitehall, Montana, ia kuliah Montana State College di Bozeman dan Cornish College of the Arts di Seattle, sebelum lulus dari University of Washington pada tahun 1934.

Huntley memulai kariernya sebagai penyiar radio KIRO AM di Seattle sebelum pindah ke stasiun radio di Spokane dan Portland. Pada tahun 1937, ia mulai bekerja untuk KFI di Los Angeles sebelum bekerja untuk CBS Radio (1939-1951) dan ABC Radio dari 1951-1955.[1] Pada tahun 1955, ia bergabung dengan jaringan NBC Radio. Pimpinan NBC Radio menemukan bakatnya sebagai "Ed Murrow yang baru".

Pada tahun 1956, jaringan penyiaran berita merasa bangga bila bisa meliput konvensi partai politik. Pimpinan NBC News mencari penyiar yang bisa menyaingi kepopuleran Walter Cronkite dari CBS. Mereka sudah memutuskan untuk mencopot John Cameron Swayze dari kedudukan jangkar berita, namun belum menemukan pengganti yang tepat. NBC memiliki dua calon kuat, Huntley dan David Brinkley. Pimpinan NBC akhirnya sepakat untuk memakai keduanya sebagai pembawa acara.

Pasangan Huntley dan David Brinkley kemudian dipasang sebagai jangkar berita malam untuk menggantikan Swayze. Huntley melaporkan dari New York City sementara Brinkley dari Washington, D.C.. Program berita yang diberi nama Huntley-Brinkley Report mulai mengudara sejak bulan Oktober 1956. Keduanya mengucapkan salam perpisahan yang khas di akhir setiap tayangan, "Good night, Chet" - "Good night, David... and good night for NBC News". Ucapan selamat malam mereka menjadi terkenal, dan merupakan ide dari produser acara Reuven Frank.

Huntley menulis memoar tentang masa kecilnya di Montana, The Generous Years: Remembrances of a Frontier Boyhood yang diterbitkan Random House pada tahun 1968. Setelah itu, ia ikut mendirikan biro iklan Levine, Huntley, Schmidt, Plapler & Beaver di New York. Ia mendapat bagian 10% sebagai imbalan kehadiran di rapat-rapat perusahaan dan penggunaan namanya sebagai nama biro iklan.[2]

Tayangan 31 Juli 1970 merupakan penampilan terakhir Huntley membawakan berita NBC News. Ia kembali ke Montana untuk mendirikan resor ski bernama Big Sky di Bozeman, Montana yang dibuka Desember 1973.

Pada bulan Maret 1974, Huntley meninggal dalam umur 62 tahun akibat kanker paru-paru di rumahnya di Big Sky, Montana. Pada tahun 1976, Big Sky Resort dibeli oleh perusahaan Boyne USA Resorts.

Beberapa hari sebelum pensiun, Huntley diwawancara oleh Dick Cavett yang dimasukkan ke dalam DVD The Dick Cavett Show: Rock Icons. Pada tahun 2003, Lyle menulis Johnston biografi Chet Huntley yang berjudul Good Night Chet.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Huntley, Chet, U.S. Broadcast Journalist
  2. ^ Rothenberg, Randall, Where the Suckers Moon: The Life and Death of an Advertising Campaign (New York: Vintage Books, 1994): 68.
Didahului oleh:
John Cameron Swayze
(sebagai Camel News Caravan)
Jangkar The Huntley-Brinkley Report (NBC Nightly News)
29 Oktober 1956-31 Juli 1970 (bersama David Brinkley)
Diteruskan oleh:
John Chancellor, Frank McGee, dan David Brinkley
(1971-1976 dan 1979-1982)