David Brinkley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

David Brinkley
David Brinkley, 1962
Lahir10 Juli 1920
Wilmington, North Carolina
Meninggal11 Juni 2003(2003-06-11) (umur 82)
Houston, Texas, Amerika Serikat
KebangsaanAmerika Serikat
Pekerjaanpembawa berita televisi

David McClure Brinkley (10 Juli 1920 – 11 Juni 2003) adalah pembawa berita di jaringan televisi NBC dan ABC Amerika Serikat dari tahun 1951 hingga 1997. Pengalaman di dunia penyiaran dirangkumnya dalam memoar berjudul 11 Presiden, 4 Perang, 22 Konvensi Politik, 1 Pendaratan di Bulan, 3 Pembunuhan, 2,000 Minggu Berita di Televisi, 18 Tahun Dibesarkan di North Carolina.

Dari tahun 1956 hingga 1970, Brinkley menjadi pembawa berita Huntley–Brinkley Report di NBC bersama Chet Huntley. Pada tahun 1970, Huntley–Brinkley Report berganti nama menjadi NBC Nightly News. Brinkley membawakan NBC Nightly News bersama John Chancellor dan Frank McGee. Pada tahun 1980-an dan 1990-an, Brinkley ditugaskan sebagai pembawa acara Minggu pagi This Week with David Brinkley dan sebagai komentator ABC News di malam pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

David McClure Brinkley dilahirkan di Wilmington, North Carolina sebagai anak pasangan pegawai kereta api William Graham Brinkley dan Mary MacDonald West Brinkley.[1] Sewaktu bersekolah di Sekolah Menengah Atas New Hanover, ia menulis untuk surat kabar lokal Wilmington Morning Star. Setelah lulus sekolah menengah atas, ia kuliah di Universitas North Carolina di Chapel Hill Emory University, namun tidak sampai mendapat gelar.[1]

Brinkley masuk dinas militer Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1940. Setelah diberhentikan karena alasan kesehatan pada tahun 1941, ia menjadi wartawan United Press di Atlanta sebelum bekerja untuk kantor berita di Montgomery, Nashville, dan Charlotte.[1] Setelah pindah ke Washington, D.C., ia diterima bekerja di NBC News, dan menjadi koresponden pertama NBC News untuk Gedung Putih.

Sebagai pembawa berita[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1952, Walter Cronkite dari CBS menjadi pusat perhatian pemirsa televisi Amerika sewaktu meliput konvensi nasional Partai Demokrat dan Partai Republik. Pada tahun 1956, NBC News mencari penyiar yang dapat menyaingi Cronkite. Eksekutif NBC tidak berhasil memutuskan penyiar yang akan dipakai untuk meliput konvensi partai politik. Sebagian pimpinan NBC memilih Chet Huntley sebagai pembawa acara tunggal, sementara sebagian lagi cenderung memilih Brinkley. Pada akhirnya, kedua-duanya dipakai sebagai pembawa acara.

Pasangan Huntley-Brinkley dipercayakan membawa program berita baru Huntley-Brinkley Report. Huntley melaporkan dari New York City dan Brinkley dari Washington, D.C.. Huntley-Brinkley Report menjadi program berita yang populer di AS hingga akhir tahun 1960-an karena kalah dari CBS Evening News oleh Walter Cronkite.

Setelah Huntley pensiun pada tahun 1970, Huntley–Brinkley Report diluncurkan kembali sebagai NBC Nightly News. Brinkley membawakan berita bersama John Chancellor dan McGee. Pada tahun 1971, Brinkley dijadikan komentator, membawakan ulasan berita sepanjang tiga menit yang disebut David Brinkley's Journal. Pada tahun 1976, NBC memutuskan untuk menghidupkan kembali format dua pembawa berita. Brinkley kembali bertugas membawakan berita dari Washington hingga Oktober 1979. Pada masa awalnya, Nightly News tidak pernah bisa menyamai kepopuleran Huntley-Brinkley Report. Sepanjang dekade 1970-an, NBC meluncurkan beberapa program majalah berita televisi untuk dibawakan Brinkley. Semua usaha NBC gagal, dan NBC Magazine adalah acara terakhir yang dibawakannya. Brinkley mengakhiri 38 tahun kariernya di NBC pada bulan September 1981.

Setelah keluar dari NBC, Brinkley ditawari bekerja di ABC. Direktur ABC News Roone Arledge ingin meluncurkan kembali acara Sabtu pagi Issues and Answers yang selalu tertinggal dari Face the Nation dari CBS dan Meet the Press dari NBC. Hasilnya adalah This Week with David Brinkley yang mulai mengudara pada tahun 1981. Program berita This Week merupakan terobosan dalam berita Minggu pagi. Setelah tokoh pembuat berita diwawancarai oleh beberapa koresponden, acara dilanjutkan dengan diskusi meja bundar. Format ini terbukti sukses karena diikuti oleh rival Brinkley di NBC dan CBS, serta acara-acara sejenis di kemudian hari.

Pensiun[sunting | sunting sumber]

Brinkley diturunkan dari posisinya sebagai pembawa acara This Week sejak 10 November 1996. Walaupun demikian, ia terus membawakan ulasan berita sebelum pensiun dari dunia penyiaran pada tahun 1997. Sepanjang limapuluh tahun kariernya sebagai wartawan media elektronik, lebih dari 40 tahun dihabiskannya sebagai jangkar atau pembawa program nasional harian/mingguan di televisi.

Sepanjang kariernya, Brinkley telah memenangi 10 Penghargaan Emmy dan 3 Penghargaan George Foster Peabody. Pada tahun 1992, George H. W. Bush memberinya Presidential Medal of Freedom yang merupakan penghargaan tertinggi bagi warga sipil AS. Presiden Bush menjulukinya, "negarawan senior dalam jurnalisme penyiaran," namun Brinkley tetap rendah hati. Dalam wawancara tahun 1992, ia berkata, "Sebagian besar hidup saya, saya hanya seorang reporter yang meliput berita, lalu menulis dan menyampaikannya."

Brinkley wafat di rumahnya di Houston, Texas pada tahun 2003 akibat komplikasi setelah terjatuh. Ia dimakamkan di Pemakaman Oakdale, Wilmington, North Carolina.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Setelah memperoleh tiga orang anak, Pernikahannya dengan Ann Fischer berakhir dengan perceraian. Brinkley menikah kembali dengan Susan Adolph pada tahun 1972.[1] Anak laki-lakinya yang bernama Alan Brinkley menjadi sejawaran dan pembantu rektor Universitas Columbia.

Program berita[sunting | sunting sumber]

  • 1951-1956: Camel News Caravan (koresponden)
  • 1956-1970: NBC News/The Huntley-Brinkley Report
  • 1961-1963: David Brinkley's Journal
  • 1971-1976: NBC Nightly News (hanya ulasan berita)
  • 1976-1979: NBC Nightly News (jangkar bersama)
  • 1980-1981: NBC Magazine with David Brinkley
  • 1981-1996: This Week with David Brinkley
  • 1981-1998: ABC World News Tonight (komentator)

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Severo, Richard (13 Juni 2003). "David Brinkley dies -- TV news icon: Covered 11 presidents, 4 wars, 3 assassinations". SFGate. Diakses tanggal 25 Oktober 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
John Cameron Swayze
Camel News Caravan)
Jangkar berita petang NBC Huntley-Brinkley Report
29 Oktober 1956-31 Juli 1970
(bersama Chet Huntley)
Diteruskan oleh:
John Chancellor, Frank McGee, dan David Brinkley
Didahului oleh:
Chet Huntley dan David Brinkley
(dalam The Huntley-Brinkley Report)
Jangkar berita petang NBC Nightly News
1 Agustus 1970-15 Agustus 1971
(bersama John Chancellor dan Frank McGee)
Diteruskan oleh:
John Chancellor
Didahului oleh:
John Chancellor
Jangkar berita petang NBC Nightly News)
7 Juni 1976-4 Oktober 1979
(bersama John Chancellor)
Diteruskan oleh:
John Chancellor
Didahului oleh:
-
Pembawa acara This Week
1981-1996
Diteruskan oleh:
Sam Donaldson dan Cokie Roberts