Frank Reynolds

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Frank Reynolds (lahir di East Chicago, Indiana, 29 November 1923 – meninggal di Washington, D.C., 20 Juli 1983 pada umur 59 tahun) adalah wartawan televisi ABC Amerika Serikat. Ia menjabat jangkar ABC Evening News dari tahun 1968 hingga 1970, dan sebagai jangkar World News Tonight yang melaporkan dari Washington D.C.. Selama krisis sandera Iran, ia memulai liputan tengah malam berdurasi 30 menit, America Held Hostage yang kemudian berganti nama menjadi Nightline.

Karier[sunting | sunting sumber]

Reynolds lahir di East Chicago, Indiana. Setelah kuliah di Wabash College selama setahun, ia memulai karier jurnalistik pada tahun 1963 di Chicago dengan menjadi pembawa berita di WBBM-TV yang berafiliasi dengan CBS. Pada tahun 1965, ia pindah ke WBKB-TV yang berafiliasi dengan ABC.[1]

Pada tahun 1968, Reynolds ditugaskan sebagai pembawa Evening News di ABC bersama Howard K. Smith. Ia digantikan oleh Harry Reasoner dari CBS pada tahun 1968. Setelah itu, Reynolds ditugaskan sebagai reporter meliput berita-berita besar, termasuk konvensi partai politik dan penerbangan angkasa luar. Setelah Reasoner dan Barbara Walters tidak lagi membawakan berita, ia ditugaskan kembali sebagai jangkar World News Tonight yang baru diluncurkan sejak tahun 1978. Reynolds melaporkan dari Washington, D.C., sementara Max Robinson dari Chicago dan Peter Jennings dari London. Penampilan terakhirnya di World News Tonight pada bulan April 1983, tiga bulan sebelum ia meninggal dunia.

Reynolds bertugas sebagai pembawa liputan larut malam America Held Hostage sewaktu terjadi krisis sandera Iran bulan November 1979. Liputan tersebut diluncurkan kembali sebagai majalah berita televisi Nightline pada tahun 1980 dengan pembawa acara Ted Koppel.

Reynolds meninggal dunia pada 20 Juli 1983 akibat mieloma ganda, sejenis kanker tulang yang diketahui ketika sedang menjalani pengobatan hepatitis akut pada musim semi 1983. Dari pernikahannya dengan Henrietta, Reynolds memperoleh 5 orang anak laki-laki, James, John, Robert, Thomas, dan Dean Reynolds yang menjadi wartawan.

Reynolds pernah berdinas di Angkatan Darat Amerika Serikat, dimakamkan di Pemakaman Nasional Arlington. Ia memperoleh Penghargaan Peabody pada tahun 1979. Presiden Ronald Reagan memberi bintang jasa Presidential Medal of Freedom pada tanggal 23 Mei 1985.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Frank Reynolds: Inducted 2001". DePauw University Libraries. Diakses 24 Oktober 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Bob Young
Jangkar ABC Evening News
1968-1970
Diteruskan oleh:
Howard K. Smith dan Harry Reasoner
Didahului oleh:
Harry Reasoner dan Barbara Walters
Jangkar ABC World News Tonight bersama Max Robinson dan Peter Jennings
10 Juli 1978-20 April 1983
Diteruskan oleh:
Peter Jennings
Didahului oleh:
-
Pembawa acara America Held Hostage (Nightline)
1979
Diteruskan oleh:
Ted Koppel