JL-9

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Guizhou JL-9
Guizhou jl9.jpg
Guizhou JL-9
 Tipe Trainer (aircraft)/Ground-attack aircraft
 Produsen Guizhou Aircraft Industry Corporation
 Perancang Guizhou Aircraft Industry Corporation
 Terbang perdana 13 Desember 2003
 Pengguna People's Liberation Army Air Force
 Acuan dasar Chengdu J-7 Trainer (aircraft)

JL-9 atau FTC-2000 Mountain Eagle (nama ekspornya) adalah pesawat latih tempur ringan bermesin tunggal buatan Guizhou Aircraft Industry Corporation (GAIC) dari Republik Rakyat China. Pesawat ini dikembangkan dari JJ-7 atau MiG-21U Mongol. JL-9 adalah pesaing langsung dari L-15 untuk kompetisi program pesawat latih canggih generasi lanjut (next-generation advanced trainer aircraft program) untuk AU China (PLAAF - People's Liberation Army Air Force )


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika Tentara Tiongkok / PLA menerima pesawat generasi ke empat , pesawat latih mereka JJ-6 (MiG-19 Farmer) dan JJ-7 (MiG-21U Mongol) dianggap tidak mampu lagi membantu penerbang untuk menjadi penrbang handal bagi pesawat-pesawat tempur yang baru. AU Tiongkok / PLAAF membutuhkan pesawat yang mempunyai kemampuan aerodinamik dan avionik setara dengan Su-27/30 dan J-10. Dua perusahaan yang mengkhususkan diri membuat pesawat latih ditugaskan dalam proyek ini, Guizhou (GAIC) dan Hongdu (Nanchang), berkompetisi untuk program pesawat latih canggih generasi lanjut semenjak tahun 90-an.

Guizhou mempublikasikan desain FTC-2000 pertamanya pada 2001. Daripada memulai dari nol, Guizhou memilih mengembangkan pesawat dari basis JJ-7. Pesawat ini tidak mempunyai teknologi canggih seperti terbang kendali elektronis / fly-by-wire dan mesin turbofan. Tetapi , dengan memakai teknologi yang sudah matang dan desain dari JJ-7, biaya pengembangan dan harga pesawat menjadi tetap rendah, hal ini cukup menarik bagi PLAAF karena banyaknya jumlah JJ-6 dan JJ-7 yang harus digantikan.

Prototipe pertama JL-9 selesai pada 2003 dan berhasil terbang pertama kali pada 13 Desember 2003, hanya 2 tahun semenjak program dimulai. GAIC dilaporkan sudah membuat 10 pesawat varian produksi awal, 5 diantaranya akan dikirimkan kepada PLAAF sebelum akhir 2006.

Desain[sunting | sunting sumber]

Badan dari JL-9 adalah badan dari JJ-7 yang diubah bagian hidungnya dan dipindah lubang pemasukan udaranya.Pesawat ini mempunyai sepasang sayap yang terdiri dari 2 bagian, bagian dalam sayap ini lebih sayung daripada bagian luarnya, dan dua sayap penyetabil dipasang dibawah bagian belakang badan pesawat. Dua orang pilot duduk secara tandem dengan posisi pilot di belakang lebih tinggi untuk memberikan pandangan yang lebih baik. Kanopi membuka kearah kanan dari kokpit. Pipa pengisi bahan bakar diudara juga bisa dipasangkan dibagian depan kokpit.

Avionik[sunting | sunting sumber]

Radar kontrol penembakan gelombang Doppler Grifo S-7 buatan Itali dipasangkan untuk varian ekspor, untuk kebutuhan dalam negeri dipasang radar buatan china, 1153B MILSTD databus, XPS-2 head-up display (HUD), MFD/ layar serba guna.

Senjata[sunting | sunting sumber]

JL-9 mempunyai lima cantelan (satu dibawah badan dan empat dibawah sayap), cantelan-cantelan ini mampu membawa beban senjata sampai 2,000kg seperti rudal udara keudara jarak dekat, peluncur roket dan bom. Senjata tetapnya adalah sebuah kanon 23mm.

Tenaga penggerak[sunting | sunting sumber]

JL-9 ditenagai sebuah mesin turbojet WP-13F(C). Tangki bahan bakar internal berkapasitas 2,660 liter, dan pesawat ini mampu membawa tiga tangki 480-liter atau dua tangki 480-liter dan sebuah tangki 720-liter (drop tank) dibawah sayapnya.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

  • Kru: 2
  • Berat: Normal take-off 7,800kg; max take-off 9,800kg
  • Kecepatan Maks: Mach 2.6
  • Jarak tempuh : Ferry range 2,500km
  • Ketinggian : 16,000m
  • Max Climb Rate: 260m/s
  • Batas gravitasi: +8/-3

Pesawat sejenis[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]