Shenyang J-16

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Shenyang J-16 (Chinese: 歼-16) adalah pesawat tempur / pembom baru yang dirancang dan diproduksi oleh Shenyang Aircraft Corporation, China. Ini adalah varian tempur / pembom multi-peran yang didasarkan pada J-11BS dengan jangkauan yang lebih panjang dan avionik ditingkatkan, konsep ini mirip dengan F-15E tempur / bomber. Beberapa foto pertama J-16 yang dipublikasikan di situs internet Cina sekitar bulan Juni 2012. Tampaknya J-16 memiliki stabilizer vertikal yang sedikit berbeda dibandingkan dengan tempur J-11 atau tempur J-15 angkatan laut. Hal ini juga dilengkapi dengan tiang rudal untuk rudal udara-ke-udara Cina PL-8, perbedaan lain dibandingkan dengan varian J-11 sebelumnya.

Seperti J-11BS dan J-15, fitur pesawat tempur banyak perangkat tambahan seperti radar AESA dari lembaga 607 (produsen yang sama dari AESA ditemukan di J-11B dan J-15), komposit, bahan penyerap radar, Maws, mesin WS-10, upgrade ECM, dan banyak lagi.

Menurut laporan media, China telah mengembangkan tempur Shenyang J-16 didasarkan pada badan pesawat Shenyang J-11 dipengaruhi oleh Rusia Sukhoi Su-30MKK yang dijual ke China pada tahun 2000.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]