Mikoyan MiG-AT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari MiG AT)
Mikoyan MiG-AT
MiG-AT "81" and "83"
TipeAdvanced trainer / light attack
Terbang perdanaMarch 16, 1996
StatusUnder development

Mikoyan-Gurevich MiG-AT adalah pesawat jet latih (trainer) dari Rusia yang pertama terbang pada tahun 1996, pesawat jet ini bersama dengan Yak AT akan dipilih salah satu oleh AU Rusia untuk menggantikan jet Aero L-29 dan jet Aero L-39. "AT" kepanjangan dari "advanced trainer" (latih lanjut)

Desain[sunting | sunting sumber]

Mikoyan-Gurevich MiG-AT adalah pesawat jet latih (trainer) Rusia yang terbang pertama kali pada tahun 1996, dipilih untuk menggantikan jet Aero L-29 dan jet L-39 untuk Angkatan Udara Rusia. "AT" singkatan dari "Advanced Trainer=Pesawat Latih Tingkat Lanjut”.

MiG-AT lebih konvensional dibanding pesaingnya jet Yak-130. Pesawat jet latih (trainer) ini memiliki sayap lurus yang dipasang dibawah, mesin yang terpasang pada sisi-sisi badan dan ekor di tengah. Dua prototipe sudah dibuat serta pesanan diharapkan mencapai 1200 buah. Terbang perdana antara tanggal 16 - 22 Maret 1996 di Zhukovsky selama 7 menit. Dua puluh unit produksi sudah dibuat sampai September 1996.

MiG-AT lebih konvensional daripada saingannya jet Yak-130. Pesawat jet latih (trainer) ini mempunyai set-rendah, sayap lurus, mesin terpasang pada kedua sisi badan pesawat dan ekor yang terpasang di pertengahan badan pesawat. Dua purwarupa telah dibuat, dengan pesanan diharapkan melebihi 1.200 oleh produsen. Penerbangan pertama berlangsung antara 16 dan 22 Maret 1996 di Zhukovsky dan berlangsung selama tujuh menit. Produksi dimulai bulan September 1996.

MiG-ATF memiliki mesin dari Prancis, dan juga dikembangkan secara bersama dengan Daewoo Korea Selatan.

MiG-AT adalah pesawat terbang jet latih (trainer) dikembangkan oleh RAC "MiG" dalam proyek internasional yang melibatkan SNECMA Prancis dan perusahaan TURBOMECA (mesin) dan Thales AVIONICS (peralatan udara). Pengembang dari Rusia yang terlibat dalam program ini adalah perusahaan pesawat terbang terbesar dan pusat penelitian, termasuk GOSNIIAS (sistem avionik dan integrasi perangkat lunak), TSAGI (proyek aerodinamis), ZVEZDA (kursi lontar K-93L), M. Gromov LII (uji penerbangan).

Pesawat jet latih (trainer) MiG-AT menggabungkan sejumlah prinsip “novelties” (teknologi baru). Yaitu, pesawat jet latih (trainer) ini adalah pertama di Rusia dan di seluruh dunia yang dilengkapi sistem fly-by-wire redundant rangkap-empat tiga-channel digital dari desain nasional. Sistem baru ini adalah elemen penting untuk menyusun sistem pelatihan kontemporer yang memungkinkan untuk membuat variasi karakteristik kemampuan-kontrol pesawat, sehingga memberikan simulasi penerbangan tangkas/lincah pesawat fighter jet dan pesawat jet serang-permukaan. Akibatnya, satu jenis pesawat jet latih (trainer) ini dapat digunakan pada pelatihan pilot untuk pesawat terbang dari berbagai kelas dan mungkin dapat mengurangi biaya pelatihan pilot militer dan sipil secara signifikan.

Sistem fly-by-wire memiliki satu fitur istimewa. Sistem ini memungkinkan komputer untuk memantau amplop penerbangan amplop dan mencegah penerbangan kondisi kritis, dengan demikian meningkatkan keselamatan penerbangan dalam hal pengurangan kesalahan pilot.

MiG-AT adalah pesawat jet latih (trainer) pertama yang dilengkapi dengan kursi lontar unik (yang telah dikurangi beratnya) K-93L, dimodifikasi dari versi K-36. Fitur khusus K-93L yang dikembangkan oleh ZVEZDA adalah sebagai berikut: kemungkinan pilot untuk melakukan pelontaran pada V=0, H=0, pada penerbangan terbalik, ketinggian minimal 50m; waktu minimum pelontaran (sekitar 1 s) dan kemungkinan pelemparan melalui kanopi kaca kokpit.

MiG-AT didukung oleh dua mesin turbofan, tipe LARZAC 04R20, dengan daya dorong 1.430 kgf, yang diproduksi oleh perusahaan SNECMA. Pada saat ini, spesialis dari Rusia dan Prancis bekerja untuk meningkatkan kekuatan mesin LARZAC hingga 1700 kgf.

Pabrik Pengambangan Mesin SOYUZ dari Tushino sedang sibuk dengan pengembangan mesin RD-1700 yang sekarang masuk ke tahap uji awal.

Pelatih dapat dilengkapi dengan baik sistem TopFlight Prancis yang dibuat oleh perusahaan Thales Avionics dan dengan teknologi avionik desain dari Rusia. Desain kokpit ergonomis sesuai dengan fighter generasi "4" dan "4 +". Sistem displaynya memakai indikator kristal-cair warna. Kontrol kokpit dirancang agar sesuai dengan konsep HOTAS.

Kinerja pesawat jet latih (trainer) ini memuaskan permintaan up-to-date, rasio daya dorong-berat yang tinggi, Sistem avionik dari generasi "4 +" dan arsitektur terbuka, sistem fly-by-wire digital dan fasilitas sistem pelatihan di permukaan/darat yang memungkinkan untuk mengurangi waktu dan biaya pelatihan pilot secara drastis untuk pesawat seperti MiG-29, Su-27, Mirage-2000, Rafale, Typhoon, F-15, M-16, M-18.

Selain versi pesawat jet latih (trainer), keluarga jet MiG-AT dapat termasuk versi latih-tempur, pesawat taktis ringan kursi-tunggal, versi latih berbasis kapal induk dan pesawat patroli satu-kursi.

Pesawat jet latih MiG-AT dapat dikonversi menjadi versi latih-tempur MiG-ATC yang dilengkapi dengan radar multimode dan dirancang untuk penggunaan persenjataan “guided” dan “unguided” untuk sasaran udara, tanah dan permukaan laut.

Sesuai permintaan pelanggan, Produsen dapat memasang sistem avionik dan sistem senjata negara pelanggan sendiri, sehingga membuat versi khusus dan memberikan lisensi untuk produksi pesawat jet latih (trainer) ini.

MiG-AT menyediakan program pelatih untuk: • Pelatihan pilot di semua tingkatan, termasuk pelatihan primer, dasar dan lanjutan; • keselamatan penerbangan dan kehandalan yang tinggi; • pengoperasian yang mudah dan DOCs rendah; • mesin dan sistem avionik yang telah terbukti lulus sertifikasi dan efektivitasnya pada jenis pesawat terbang lain; • Simulator, sestem analisis perencanaan-misi dan pasca-misi penerbangan dibuat sekitar komputer dan terintegrasi dengan pelatih; • sistem pemeliharaan pesawat latih yang bergantung pada potensi produksi-ilmiah dari RAC "MiG" dan infrastruktur yang ada di Snecma Group, Snecma Moteurs, Turbomeca dan Thales AVIONICS.

Kabar pada 2007 adalah MiG-AT kalah dalam persaingannya dengan jet Yak AT memperebutkan tender pesawat jet latih (trainer) AU Rusia, belum diketahui rencana selanjutnya dari MiG mengenai pesawat ini.

Variant[sunting | sunting sumber]

  • MiG-ATB - pesawat serang ringan untuk eksport.
  • MiG-ATR - versi latih untuk domestik (AU Rusia).
  • MiG-ATF - versi latih untuk eksport (mesin dan avionika buatan Prancis).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pesawat sejenis[sunting | sunting sumber]