IrfanView

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
IrfanView
Berkas:IrfanView screenshot.png
Tipeimage viewer
Versi pertama1 Juni 1996; 27 tahun lalu (1996-06-01)
Versi stabil
4.67 (5 April 2024)
GenrePenampil Gambar
Lisensiperangkat lunak gratis
Bahasa
Daftar bahasa

English, German
Bahasa lain dapat diunduh secara manual.

Karakteristik teknis
Sistem operasiMicrosoft Windows
PlatformWindows
Ukuran3.56 MB (IrfanView 64-bit)
25.6 MB (Plugins 64-bit)[1]
Bahasa pemrogramanC++ dan C
Format kode
Format berkas
Informasi pengembang
PengembangIrfan Skiljan
Informasi tambahan
Situs webhttp://www.irfanview.com
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

IrfanView merupakan perangkat lunak multimedia gratisan untuk penggunaan pribadi dan non komersial. IrfanView dapat dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows 2000 SP 4 sampai Microsoft Windows 10, versi lama InfranView mendunkung Windows 95/98/ME. Selain memiliki fungsi dasar sebagai penampil gambar, seperti halnya Windows Photo Viewer, aplikasi bawaan Microsoft Windows, IrfanView juga memiliki fitur tambahan seperti fitur pengolahan gambar dasar (memutar, memotong, mengubah ukuran, mengkonversi, menyisipkan teks ke gambar, hingga pemberian efek tertentu) dari banyak variasi format file-file gambar, fitur penangkap tampilan layar (capture/screenshot), dan fitur untuk melakukan scan gambar.

Aplikasi ini juga bisa ditingkatkan fungsinya sebagai aplikasi multimedia player, yang dapat memainkan beberapa file video/audio, cukup dengan menambahkan plugins tertentu yang tersedia di situs pembuatnya.

Kelebihan IrvanView:

Ukuran file aplikasi-nya relatif kecil (tidak sampai 2 MB), ringan, namun memiliki kecepatan tinggi, dan mudah digunakan. Dapat di-install maupun dijalankan langsung dari media eksternal (seperti USB Flashdisk).

Kelemahan IrvanView:

Tidak bisa digunakan untuk membuat gambar dan fasilitas pewarnaan lainnya seperti yang disediakan Adobe Photoshop, Pixel image editor, Paint.NET ataupun GIMP. Aplikasi tersebut pertama sekali dibuat pada tahun 1996.

Program aplikasi tersebut dinamai sesuai dengan pembuatnya, Irfan Skiljan dari Bosnia dan Herzegovina. IrfanView mampu bekerja pada semua versi modern dari Microsoft Windows dari Windows 95 sampai Windows Vista yang mendukung penampilan file dalam format BMP, GIF, JPEG, PNG (termasuk pengoptimal PNGOUT), TIFF, file-file media bukan gambar seperti Flash, (Ogg) Vorbis, MPEG, MP3, MIDI, dan file teks. . Versi 3.98 untuk Microsoft Windows sudah disertakan pada daftar perangkat lunak resmi Windows Vista.

Setelah versi 3.92, penginstalnya bisa dipilih untuk diinstal di sebuah toolbar eBay yang bertujuan untuk membantu pengembangannya. Pada versi 3.92, penambahan pada toolbar merupakan pilihan instalasi standarnya, dan program aplikasi tersebut diprotes oleh beberapa pihak karena dianggap mengandung spyware. Pilihan instalasi standar tersebut selanjutnya tidak disertakan pada versi 3.97 namun diganti dengan pilihan standar untuk diinstal di Google Desktop Search. IrfanView dikembangkan sebagai aplikasi gratisan, tetapi hanya untuk perorangan, penggunaan yang tidak komersial, dan membutuhkan pendaftaran berbayar untuk penggunaan komersialnya.

Lambang/Maskot[sunting | sunting sumber]

48px tanpa jejak ban tanpa jejak ban versi dengan jejak ban
Logo ataupun maskot dari IrfanView seperi seekor kucing yang terlindas di jalanan. komputer berukuran 16 piksel memiliki jejak ban yang melintasi karikatur tersebut, ikon dengan ukuran 32 piksel tidak memiliki bekas ban, sedangkan ikon yang berukuran 48 piksel memiliki gradien di sepanjang tubuh kucing.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Programnya berukuran kecil dan padat, dengan ukuran kurang dari 1200 kB dari versi terbarunya, meskipun beberapa megabyte plugin tersedia untuk mendukung banyak format file yang lain dan fitur-fiturnya. Sebagai tambahan dari kemampuan manampilkan dan konversi ke format yang lain, IrfanView juga mampu membuat screen saver dan slideshow dari sekumpulan gambar disertai dengan pilihan untuk memperdengarkan media audio seperti mp3. screensaver dan slideshow ini bisa dijadikan suatu aplikasi yang berdiri sendiri tanpa membutuhkan instalasi IrfanView.

  1. ^ IrfanView 64-bit version Irfanview.com.