IrfanView

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
IrfanView
IrfanView Logo.png
IrfanView screenshot.png
Pengembang Irfan Skiljan
Rilis stabil 4.25 (16 Juni 2009; 5 tahun yang lalu (2009-06-16))
Sistem operasi Microsoft Windows
Ketersediaan bahasa Multilingual (29)
Jenis Penampil Gambar
Situs web resmi http://www.irfanview.com

IrfanView merupakan perangkat lunak multimedia gratisan untuk penggunaan pribadi dan non komersial. IrfanView dapat dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows 9x/NT/2000/XP/Vista/7. Selain memiliki fungsi dasar sebagai penampil gambar, seperti halnya Windows Photo Viewer, aplikasi bawaan Microsoft Windows, IrfanView juga memiliki fitur tambahan seperti fitur pengolahan gambar dasar (memutar, memotong, mengubah ukuran, mengkonversi, menyisipkan teks ke gambar, hingga pemberian efek tertentu) dari banyak variasi format file-file gambar, fitur penangkap tampilan layar (capture/screenshot), dan fitur untuk melakukan scan gambar.

Aplikasi ini juga bisa ditingkatkan fungsinya sebagai aplikasi multimedia player, yang dapat memainkan beberapa file video/audio, cukup dengan menambahkan plugins tertentu yang tersedia di situs pembuatnya.

Kelebihan IrvanView:

Ukuran file aplikasi-nya relatif kecil (tidak sampai 2 MB), ringan, namun memiliki kecepatan tinggi, dan mudah digunakan. Dapat di-install maupun dijalankan langsung dari media eksternal (seperti USB Flashdisk).

Kelemahan IrvanView:

Tidak bisa digunakan untuk membuat gambar dan fasilitas pewarnaan lainnya seperti yang disediakan Adobe Photoshop, Pixel image editor, Paint.NET ataupun GIMP. Aplikasi tersebut pertama sekali dibuat pada tahun 1996.

Program aplikasi tersebut dinamai sesuai dengan pembuatnya, Irfan Skiljan dari Bosnia dan Herzegovina. IrfanView mampu bekerja pada semua versi modern dari Microsoft Windows dari Windows 95 sampai Windows Vista yang mendukung penampilan file dalam format BMP, GIF, JPEG, PNG (termasuk pengoptimal PNGOUT), TIFF, file-file media bukan gambar seperti Flash, (Ogg) Vorbis, MPEG, MP3, MIDI, dan file teks. . Versi 3.98 untuk Microsoft Windows sudah disertakan pada daftar perangkat lunak resmi Windows Vista.

Setelah versi 3.92, penginstalnya bisa dipilih untuk diinstal di sebuah toolbar eBay yang bertujuan untuk membantu pengembangannya. Pada versi 3.92, penambahan pada toolbar merupakan pilihan instalasi standarnya, dan program aplikasi tersebut diprotes oleh beberapa pihak karena dianggap mengandung spyware. Pilihan instalasi standar tersebut selanjutnya tidak disertakan pada versi 3.97 namun diganti dengan pilihan standar untuk diinstal di Google Desktop Search. IrfanView dikembangkan sebagai aplikasi gratisan, tapi hanya untuk perorangan, penggunaan yang tidak komersial, dan membutuhkan pendaftaran berbayar untuk penggunaan komersialnya.

Lambang/Maskot[sunting | sunting sumber]

48px tanpa jejak ban tanpa jejak ban versi dengan jejak ban
Logo ataupun maskot dari IrfanView seperi seekor kucing yang terlindas di jalanan. komputer berukuran 16 piksel memiliki jejak ban yang melintasi karikatur tersebut, ikon dengan ukuran 32 piksel tidak memiliki bekas ban, sedangkan ikon yang berukuran 48 piksel memiliki gradien di sepanjang tubuh kucing.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Programnya berukuran kecil dan padat, dengan ukuran kurang dari 1200 kB dari versi terbarunya, meskipun beberapa megabyte plugin tersedia untuk mendukung banyak format file yang lain dan fitur-fiturnya. Sebagai tambahan dari kemampuan manampilkan dan konversi ke format yang lain, IrfanView juga mampu membuat screen saver dan slideshow dari sekumpulan gambar disertai dengan pilihan untuk memperdengarkan media audio seperti mp3. screensaver dan slideshow ini bisa dijadikan suatu aplikasi yang berdiri sendiri tanpa membutuhkan instalasi IrfanView.