Vorbis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Vorbis
XiphophorusLogoSVG.svg

Xiph.org Logo
Ekstensi berkas .ogg .oga
Jenis MIME audio/ogg, audio/vorbis, audio/vorbis-config
Dikembangkan oleh Xiph.Org Foundation
Rilis pertama 08 Mei 2000 (2000-05-08)[1][2]
Rilis terbaru Vorbis I / 03 Februari 2012 (2012-02-03)[3]
Jenis format Audio compression format
Dibawa oleh Ogg, Matroska, WebM
Standar Specification
libvorbis
Pengembang Xiph.Org Foundation
Rilis perdana 19 Juli 2002 (2002-07-19)
Rilis stabil 1.3.3[4] (3 Februari 2012; 2 tahun yang lalu (2012-02-03))
Bahasa pemograman C
Sistem operasi Cross-platform
Jenis Audio codec, reference implementation
Lisensi BSD-style license[5][6]
Situs web resmi Xiph.org downloads

Vorbis adalah metode kompresi audio lossy gratis dan open source yang diprakarsai oleh Yayasan Xiph.org dengan tujuan untuk menggantikan format MP3. Karena hasil kompresi Vorbis biasanya disimpan dalam kontainer Ogg, maka Vorbis juga sering disebut Ogg Vorbis.

Pengembangan Vorbis dimulai September 1998, didorong dengan pengumuman dari Fraunhofer Gesellschaft bahwa mereka akan mulai menarik biaya lisensi format MP3. Christopher "Monty" Montgomery memelopori sebuah proyek yang didukung oleh para pengembang lainnya. Pada tanggal 19 Juli 2002, versi stabil 1.0 Vorbis dirilis.

Versi resmi terakhir adalah 1.1.2 yang dirilis 2005-11-28, tetapi ada varian-varian yang lebih disempurnakan, terutama aoTuV, yang memberikan kualitas suara yang lebih baik dibanding versi resmi Vorbis, khususnya pada bitrate rendah. Source code dari rilis Xiph.Org tersedia dari halaman unduh resmi Xiph.Org.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama "Vorbis" berasal dari nama tokoh novel Discworld, yaitu Exquisitor Vorbis dalam novel Small Gods karya Terry Pratchett. Kebetulan, Nanny Ogg adalah tokoh Discworld lain, seorang penyihir dalam buku Witches Abroad, tetapi nama Ogg tidak berasal dari namanya. "Ogg" mungkin berasal dari istilah ogging, sebuah jargon yang digunakan dalam permainan komputer Netrek.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Format Ogg Vorbis terbukti populer di antara pendukung perangkat lunak gratis. Mereka berpendapat bahwa kualitas suaranya yang lebih baik dan sifatnya yang sepenuhnya gratis, tidak terikat paten, membuat format ini sangat cocok untuk menggantikan format-format yang terpaten dan terbatas seperti MP3 dan AAC. Tetapi MP3 sudah sangat luas digunakan sejak pertengahan 1990-an, dan pada tahun 2007 terus mendominasi industri elektronik komsumer. Dari berbagai produk konsumer yang mendukung audio dijital dengan kompresi lossy, semuanya mendukung MP3, dan relatif lebih sedikit yang mendukung format alternatif seperti Ogg Vorbis.

Dalam sektor komersial, dukungan Vorbis makin meningkat. Banyak permainan video umum seperti Unreal Tournament dan Grand Theft Auto: San Andreas menyimpan suara-suara permainan dalam format Vorbis. Perangkat lunak pemain audio semuanya dapat memainkan Ogg Vorbis, baik secara langsung (native) maupun menggunakan plugin eksternal. Banyak situs web menggunakannya, seperti Jamendo dan Mindawn, bahkan beberapa radio siaran nasional seperti CBC Radio, JazzRadio, dan Virgin Radio.

Perbandingan Codec[sunting | sunting sumber]

Untuk banyak kegunaan, Vorbis memiliki kelebihan yang sangat jelas dibanding codec audio lossy lainnya, yaitu sifatnya yang bebas-paten, dan adanya implementasi open source. Dengan kata lain, Vorbis bebas & gratis untuk digunakan, diimplementasikan, bahkan dimodifikasi sesuai kebutuhan, dan tetap menghasilkan berkas-berkas yang lebih kecil dibanding codec lain, dengan kualitas yang setara atau lebih baik.

Banyak uji dengar telah dilakukan untuk menemukan codec audio lossy dengan kualitas terbaik untuk bitrate tertentu. Beberapa kesimpulan dari beberapa uji dengar yang relatif baru:

  • Bitrate rendah (kurang dari 64 kb/s): uji publik multiformat terbaru pada 48 kb/s menunjukkan bahwa Ogg Vorbis aoTuV memiliki kualitas yang lebih baik dari WMA maupun LC-AAC, setara dengan WMA Professional, dan sedikit lebih rendah dari HE-AAC.
  • Bitrate menengah rendah (kurang dari 128 kb/s turun ke 64 kb/s): uji pribadi (80 kb/s, 96 kb/s) menunjukkan bahwa Ogg Vorbis aoTuV memiliki kualitas yang lebih baik dari codec audio lossy lainnya (LC-AAC, HE-AAC, MP3, MPC, WMA).
  • Bitrate tinggi (lebih dari 128 kb/s): sebagian besar orang tidak dapat mendengar perbedaan yang signifikan. Tetapi pendengar-pendengar yang terlatih dapat mendengar beda yang signifikan antar codec pada bitrate yang sama, dan Ogg Vorbis aoTuV memberikan hasil yang sangat baik, yaitu lebih baik dari format-format lain seperti AAC, MP3, and MPC (lihat uji 180 lb/s ini pada musik klasik).

Sebagai catatan, sulit untuk menjaga hasil-hasil ini terus mutakhir karena sifat codec audio yang terus berevolusi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama vorbis-freeze-monty
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama xiph-vorbis-freeze
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama vorbis-spec
  4. ^ Xiph.Org (2012-02-03). "libOgg 1.3.3 and libVorbis 1.3.3 released". Diakses 2012-02-03. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Vorbis.com_FAQ
  6. ^ "Sample Xiph.Org Variant of the BSD License". Xiph.Org Foundation. Diakses 2009-08-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Xiph.org Templat:MediaCompression