Indomaret

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
VIVA Mart
PT Indomarco Prismatama
Jenis Anak perusahaan
Industri/jasa Minimarket
Didirikan 1988 (sebagai Indomaret)
2014 (sebagai VIVA Mart)
Kantor pusat Jakarta, Indonesia
Pemilik Grup Salim (1988-2014)
Visi Media Asia (2014-segera)
Situs web www.indomaret.co.id

VIVA Mart (sebelumnya Indomaret) adalah jaringan peritel waralaba di Indonesia. Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Grup Salim.

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988.

Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan "Perusahaan Waralaba 2003" dari Presiden Megawati Soekarnoputri.

Hingga 2014 Indomaret mencapai 10.600 gerai. Dari total itu 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya 40% gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabodetabek, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.

Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto "mudah dan hemat".

Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.

Pada awal tahun 2011, Indomaret mengubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya.

Galeri gambar[sunting | sunting sumber]

Waralaba Indomaret[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1997 Indomaret memperkenalkan sistem kemitraan kepemilikan dan pengelolaan gerai dengan cara waralaba.

Sampai 2014 telah mencapai jumlah 10.600 toko. Mitra usaha waralaba ini meliputi: koperasi, badan usaha dan perorangan.

Sistem waralaba Indomaret memperoleh penghargaan dari Presiden Republik Indonesia sebagai Perusahaan Waralaba Nasional, pada tahun 2003.

Aktivitas Indomaret[sunting | sunting sumber]

Setiap tahun, Indomaret membagikan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu di sekitar toko Indomaret. Tahun 2009, beasiswa diberikan kepada 1.300 siswa 260 sekolah dasar yang ada di Jawa, Bali, Madura dan Sumatera.

Indomaret hadir di Kidzania, Pacific Place Jakarta. Sebuah tempat bermain anak-anak yang menyenangkan dan mendidik. Anak-anak dapat menjalankan profesi seperti halnya staf karyawan Indomaret, dan belajar tentang sistem retail modern.

Festival Vokal Group Indomaret (FOGI) merupakan inisiatif Indomaret untuk memfasilitasi talenta kaum muda Indonesia yang berbakat dalam dunia tarik suara, khususnya vokal grup. Diadakan setiap tahun di kota-kota besar, untuk kemudian Final di Jakarta. Tahun 2010 para pemenang FOGI mendapatkan kesempatan untuk bertanding dalam kejuaraan dunia vokal grup, World Choir Games di Shaoxing, Tiongkok, dan meraih juara pertama.

Indomaret berkomitmen terhadap lingkungan, dengan digunakannya plastik ramah lingkungan, oxi-degradable untuk seluruh jaringan tokonya.

Indomaret Mobil hadir di event keramaian

Indomaret juga melakukan ajang lomba kreatifitas buat anak-anak Taman Kanak-kanak yang ingin mengembangkan bakat mewarnai dan sudah dilaksanakan di berbagai wilayah indonesia dan salah satunya di Indomaret Bakti ABRI Sukatani, Depok.

FIFA menunjuk Indomaret sebagai retail produk resmi FIFA World Cup 2010 [1].

Pada tahun 2012, Indomaret menjadi sponsor utama pertunjukkan grup band asal korea, yaitu Wonder Girls dan 2PM. Konser Wonder Girls diadakan di Tenis Indoor Senayan, sedangkan 2PM diadakan di MEIS Taman Impian Jaya Ancol. [2]

Akhir Tahun 2013, Indomaret meluncurkan i-Mobil, Indomaret Mobil, sebuah konsep toko portable untuk mengunjungi konsumen Indomaret pada event-event keramaian. [3]

Aksi Koorporasi[sunting | sunting sumber]

Pada Tahun 2013, PT Dyviacom Intrabumi Tbk (DNET), mengakusisi 3 perusahaan yang bergerak dibidang retail, yaitu PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) dan PT Indomarco Prismatama (Indomaret). DNET kemudian berubah nama menjadi PT Indoritel Makmur Internasional Tbk, dan menjadi induk perusahaan bagi ketiganya. [4].

Kepemilikan DNET di Indomaret dan ROTI merupakan pemegang saham mayoritas dimana masing-masing memiliki 40% dan 31,5%. Sedangkan di FAST, DNET menjadi pemegang saham terbesar kedua 35,8%.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Indomaret appointed official world cup 2010 event store, Indomaret ditunjuk FIFA sebagai Official Event Store 2010.
  2. ^ Gerai Indomaret jual tiket 2PM.
  3. ^ Indomaret Tempatkan i-Mobil di Monas.
  4. ^ Akuisisi tiga perusahaan, DNET ganti nama jadi Indoritel Makmur