IMindMap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
iMindMap™
A mind map made with iMindMap

iMindMap
Pengembang ThinkBuzan Ltd
Rilis stabil iMindMap 5.5
Sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, GNU/Linux
Jenis Mind mapping
Situs web resmi www.thinkbuzan.com

IMindMap adalah sebuah program atau aplikasi yang dikeluarkan oleh ThinkBuzan. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode Mind Mapping atau pemetaan pikiran yang biasa digunakan untuk brainstorming, pengorganisasian, pemikiran kreatif, dan rancangan serta perencanaan berbagai macam hal. Aplikasi ini dikembangkan oleh ThinkBuzan Ltd. Buzan’s iMindMap dapat digunakan dengan menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Windows, Macintosh, Mac OS X dan Linux. Perangkat lunak ini memungkinkan untuk pembuatan peta pemikiran dengan menggunakan perangkat keras yang ada di komputer seperti tetikus, papan ketik, komputer berbentuk tablet atau interactive white board.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Seorang anak, baik dalam beragam tingkatan pendidikan, biasa diajarkan untuk dapat membuat dan menghubungkan berbagai macam kata dan kalimat dengan menggunakan pemetaan pikiran yang dituliskan di sebuah kertas dan menggunakan berbagai macam warna untuk membedakan peta-peta pemikiran tersebut dan membentuk kategorinya masing-masing. Berbagai macam gambar seperti gambar awan, bintang dan bulan kemudian permainan warna dengan menggunakan krayon atau pensil warna serta menggunakan bentuk tulisan yang menarik sering digunakan dalam membuat peta pemikiran agar dapat terlihat perbedaan antara satu kategori dengan kategori lainnya. Berbagai macam perubahan ini biasa dilakukan agar dalam proses pembuatannya akan lebih menarik dan tidak monoton. Sedangkan tujuan awal dilakukannya pembuatan pemetaan pikiran ini adalah untuk melihat sebuah ide yang mungkin terbentuk dari satu kata kunci, dan bahwa setiap orang dapat mengasah otaknya dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Karena terkadang, dari sebuah kata yang terlihat sederhana, dapat bercabang menjadi sebuah kata yang beragam bahkan hingga membuat kalimat ataupun pikiran yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan.

Komputer adalah sebuah teknologi canggih yang selalu berkembang seiring dengan perubahan zaman. Berbagai macam bentuk dari komputer yang sudah ada seperti, komputer jinjing hingga komputer tablet seperti Ipad dari Apple adalah dua jenis perkembangan komputer yang sering digunakan. Perangkat keras dan perangkat lunak yang dimiliki oleh komputer selalu berkembang dan berubah, sehingga, aplikasi yang merupakan bagian dari perangkat lunak sebuah komputer juga cenderung mengalami perkembangan dan kemajuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. iMindMap adalah salah satu aplikasi yang dikeluarkan dan ditemukan oleh ThinkBuzan pada tahun 2006, yang terdiri dari Tony Buzan, Chris Griffiths dan Brian Lee.

Tony Buzan[sunting | sunting sumber]

Anthony “Tony” Peter Buzan lahir di Palmers Green, Enfield, Middlesex. Tony adalah seorang tokoh yang handal dan terkenal di bidang kecerdasan otak dan kreatifitas. Ia adalah penemu metode peta pemikiran pada akhir tahun 1970an yang kemudian mengembangkan ide tersebut dengan mendirikan perusahaan ThinkBuzan dan sekaligus presiden dari ThinkBuzan Ltd. Kemudian ia membuat serta mengembangkan sebuah aplikasi berdasarkan peta pemikiran yang dikenal sebagai iMindMap. iMindMap pertama yang dikeluarkannya adalah pada tahun 2006 dan versi yang dikeluarkannya terus mengalami perkembangan dan perubahan. Tony telah mengajar keseluruh dunia dan para pendengarnya terdiri dari berbagai macam khalayak, baik anggota dari perusahaan, aktifis dan akademika universitas hingga instansi pemerintah.

Chris Griffiths[sunting | sunting sumber]

Chris Griffiths adalah CEO dari ThinkBuzan, ia telah bekerja sama dengan Tony sejak lama dalam hal mengembangkan teknologi peta pemikiran, kurang lebih selama 10 tahun. Ia sendiri telah menemukan teknik peta pemikiran pada tahun 1990an yang kemudian menjadi basis tambahan dari bentuk aplikasi iMindMap.

Cara Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Aplikasi iMindMap didapatkan dengan cara mengunduh ataupun membeli perangkat lunak dalam bentuk CD-ROM yang banyak dijual di seluruh dunia. Setelah memasukkan data ke dalam komputer, cara penggunaan iMindMap pada mulanya adalah dengan memilih gambar utama maupun warna yang akan digunakan sebagai latar belakang satu dokumen peta pemikiran yang akan dibuat. Setelah melakukan pemilihan latar belakang, akan muncul lingkaran merah di dalam latar belakang yang telah dipilih yang kemudian kata kunci pertama dapat dimasukkan yang disebut sebagai BIOS. Setelah kata kunci dimasukkan, maka peta pemikiran dapat dimulai dilakukan dengan cara menambah garis sebagai penghubung lingkaran-lingkaran yang ada yaitu dengan memilih opsi draw atau arrow.

Setelah memasukkan berbagai macam kata kunci yang ada dan antara kata kunci sudah terhubung, maka bentuk dari pemetaan pikiran mulai terlihat. Bentuk dari peta pemikiran yang sudah dibuat dapat diubah sesuai dengan keinginan. Baik dengan penambahan gambar, perubahan ukuran tulisan, hingga pemilihan warna dapat dilakukan baik saat pembuatan peta dilakukan, atau pun saat peta pemikiran sudah dibuat. Perubahan ini bersifat fleksibel sehingga dapat dilakukan kapan pun sesuai keinginan penggunanya.

Aplikasi ini dapat diubah menjadi Power point jika ingin melakukan presentasi ke banyak orang, baik untuk kepentingan pekerjaan maupun untuk kepentingan lainnya. Selain diubah menjadi bentuk power point, aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan menggunakan kabel melalui proyektor sehingga hasil dari peta pemikiran yang telah di buat dapat di jelaskan secara luas dan dalam urutan yang sesuai berdasarkan urutan terbentuknya pemetaan pikiran.

Pengguna[sunting | sunting sumber]

Segala usia dapat menggunakan manfaat dari aplikasi iMindMap, karena fungsi dasar dari aplikasi ini adalah untuk membantu manusia memetakan pola pikir yang kemudian untuk menemukan titik cerah dan permasalahan dari solusi yang sedang dialami. Terdapat dua bidang yang dianggap sering dan paling membutuhkan aplikasi ini dalam pekerjaan atau pun dalam sehari-hari, yaitu:

  • Pebisnis, mereka yang bergerak di bidang bisnis dianggap cocok untuk menggunakan aplikasi ini karena mereka selalu membutuhkan keefektifan, ketepatan dan inovasi baik waktu dan biaya untuk dapat mengejar dan bersaing di kompetisi dunia bisnis yang selalu berubah dan berkembang.
  • Pendidik dan pelajar, adalah mereka yang berada di usia aktif. Pada usia aktif, manusia cenderung selalu berupaya untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai macam hal yang dapat membantu tingkat kegiatan mereka. Dengan menggunakan aplikasi ini, para pelajar maupun pendidik dapat mengembangkan kreatifitas, merancang perencanaan dan menghemat waktu dan tenaga secara efektif.

Produk[sunting | sunting sumber]

Fitur dasar yang digunakan oleh aplikasi ini yaitu dengan menggunakan Project Management System, inbuilt Presentation Mode, dapat berintegrasi dengan Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Project, dan Microsoft Outlook. Kemudian perangkat lunak seperti aplikasi dari Apple iWork (halaman, angka, kata kunci, atau inti), OpenOffice (penulisan, kesan, dan gambar), Pesan suara dan penggunaan gambar dalam presentasi. Aplikasi ini menawarkan beragam pilihan bahasa yang terdiri dari 14 bahasa dunia, yaitu Bahasa Inggris, bahasa Prancis, bahasa Jerman, bahasa Spanyol, bahasa Italia, bahasa Belanda, bahasa Rusia, bahasa Polandia, bahasa Tionghoa, bahasa Thailand, bahasa Jepang, bahasa portugis, bahasa Swedia dan bahasa Denmark.

Versi iMindMap[sunting | sunting sumber]

Perkembangan versi dari iMindMap yang sudah keluar serta perkembangannya yang ada :

Versimap.jpg

Format Data[sunting | sunting sumber]

iMindMap memiliki tiga macam format data yang dapat digunakan :

DMG/Zip file formats, format penyimpanan data yang biasa digunakan untuk komputer dengan basis Mac OS X, biasanya untuk format ini bekerja dengan sistem virtual DVD atau hard disc.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan yang telah didapatkan oleh iMindMap antara lain adalah :

Nominasi Best New Product Developed in the UK 2009 oleh The Chartered Institute.

Best Mind Mapping Software for Presentation tahun 2009 oleh Chuck Frey, pakar untuk perangkat lunak peta pemikiran

Produk perangkat lunak nomor 1 di Amazon charts Jepang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Rachmani, Aisha (2011). Aplikasi: perkembangan dan penerapannya, Jakarta :Gramedia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]