Gregorius III dari Napoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gregorius III (wafat Maret 870), merupakan putra sulung Sergius I dari Napoli dan Drusa, ia menjabat sebagai Adipati Napoli dan rekan-pemimpin ayahandanya sejak 850 dan sebagai pewarisnya sejak kematian ayahandanya pada 864 hingga kematiannya sendiri enam tahun kemudian. Ia tercatat sebagai seorang pemimpin yang terpelajar, yang mahir dalam bahasa Yunani dan bahasa Latin.

Selama masa pemerintahannya, saudara-saudaranya memainkan peranan penting. Caesarius adalah laksamananya, Atanasius adalah uskup kota, dan Stefanus adalah uskup Sorrento. Sergius dan ayahandanya bersekutu dengan Landulf, Gastald dari Suessula dan Sessa [Note 1] dan putranya Lando I, Comte Capua.

Pada 859, Gregorius menerima gelar Bizantium Magister militum. Pada Mei tahun itu, ekspedisi gabungan besar-besaran Salerno, Napoli, dan Amalfi berkumpul di Capua, dipimpin oleh Caesarius dan Gregorius, dan saudara ipar mereka dari Suessola. Lando I sedang lumpuh pada saat itu dan putranya Lando II angkat senjata untuk mempertahankan kota. Ia mengalahkan pasukan-pasukan yang dikirim melawan mereka, berjumlah sekitar 7.000 orang, di jembatan Teodemondo di atas sungai Vulturnus. Caesarius ditangkap dengan 800 tentara dan dibawa kembali ke Capua dalam kemenangan. Erchempertus mencatat pertempuran itu berlangsung pada 8 Mei, bertepatan dengan hari Mikhael, yang kultusnya populer di kalangan Langobardi. Oleh karena itu penting bagi Erchempertus (Langobardi) bahwa Lando (Langobardi) harus mengalahkan sebagian besar tentara Yunani pada hari seperti itu.

Sebelum ajalnya, Sergius meminta putranya untuk mengikuti nasihat saudaranya sang uskup, yang merupakan familiaris Kaisar Ludwig II dan wakil kepausan yang berhubungan dengan kuria Romawi. Pada 866, Gregorius sendiri yang menemani Ludwig melawan Capua, Salerno, dan Amalfi. Pada musim semi 867, ia merekomendasikan dirinya dan kadipatennya kepada Basileios I Makedonia dari Kekaisaran Bizantium dan mulai mencetak lagi uang logam Bizantium dengan gambar Basileios. Gregorius jatuh sakit pada Januari 870 dan menyerahkan pemerintahan kepadanya putranya Sergius II, yang digantikan oleh putranya yang lain, Atanasius II. Ia meninggal pada bulan Maret.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ There are two places called Sessa in Campania, namely Sessa Aurunca and Sessa Cilento. The former is considerably the larger of the two (15 times the population), has a history dating back to pre-Roman times. and is the seat of a bishopric; it seems the more likely place.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Sergius I
Adipati Napoli
864–870
Diteruskan oleh:
Sergius II