Garuda Vision TV Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Garuda Vision)
Lompat ke: navigasi, cari
Garuda Vision
PT Garuda Bintang Anggada
GarudaTV(GarudaVision).png
Disiarkan 27 Juni 2010 (Siaran percobaan)
Mei 2011 (Siaran normal)
Diluncurkan 29 Desember 2004
Jaringan City TV Network (2011-2012)
O Channel (2013-sekarang)
Pemilik Garuda TV Network "Berpusat di Amsterdam, Belanda" (2010-2012)
Mahaka Media (2011-2012)
Garuda FM (2013-sekarang)
Elang Mahkota Teknologi (2013-sekarang)
Slogan Hayu Ah (2012)
One Tune Lokal (2013)
Kantor pusat Gedung Garuda FM Jl. Mohammad Ramdan No. 49A Kota Bandung, Jawa Barat
Studio: Roof Top Bandung Trade Mall Jl. Ibrahim Adjie-Cicadas Bandung, Indonesia
Nama sebelumnya Garuda TV
Saluran saudara Jak tv (2011-2012)
O Channel (2013-sekarang)
Ketersediaan
Terestrial
Kota Bandung 24 UHF

Garuda Vision (pernah bernama Garuda TV) merupakan stasiun televisi lokal yang berdiri dan mengudara di Bandung, Jawa Barat. Stasiun televisi ini mengudara pada frekuensi 24 UHF. Saat ini Garuda Vision mengudara 24 jam sehari.

Sejarah mengudara

Garuda Vision sebenarnya telah mengantongi Izin Penyiaran Prinsip (IPP) dari Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Barat serta memiliki izin mengudara dari Komisi Penyiaran Indonesia Jawa Barat sejak tahun 2005, namun karena terkendala dana operasional, maka Garuda Vision hanya sebatas memiliki frekuensi saja dan belum dapat bersiaran. Dan pada tahun 2010, ketika Garuda TV Network, sebuah perusahaan televisi berlangganan yang berpusat di Belanda bergabung dengan Garuda Vision, maka Garuda Vision pun dapat bersiaran. Dengan konten 100 persen seluruh acara ditayangkan dari Garuda TV Network.[butuh rujukan]Oktober 2011, Garuda Vision masuk ke dalam grup City TV Network yang juga berafiliasi dengan Jak tv sehingga 30 persen siaran Garuda Vision merupakan program dari Jak tv.

Perselisihan dengan Jabar TV

Pada Mei 2011, Siaran Garuda Vision (pernah menjadi Garuda TV) secara mendadak menghilang dari layar televisi tanpa adanya alasan yang jelas. Dan hal itu dimanfaatkan oleh Jabar TV untuk mengudara pada kanal milik Garuda Vision. Memang sebenarnya Jabar TV juga telah mengantongi izin dari dinas terkait dan juga memiliki frekuensi yang sama di kanal 24 UHF. Tapi frekuensi ini telah ditempati oleh Garuda Vision saat Jabar TV memang dinyatakan berhenti beroperasi. Dan pada Juni 2011, Garuda Vision kembali mengudara setelah pemancar Jabar TV disegel oleh pihak berwenang karena menggunakan frekuensi lain.[butuh rujukan]

Bergabung dengan O Channel

Setelah lama mengudara secara sendiri, terhitung mulai bulan April 2013, Garuda Vision mulai bergabung dengan O Channel dan sebagian acara dari Jakarta direlai oleh Garuda Vision. Kantornya pun mulai dipindahkan ke Gedung Garuda FM karena merupakan satu grup, sementara studionya masih tetap berada di Bandung Trade Mall yang berlokasi di Cicadas, Kota Bandung. Kemudian jam siaran Garuda TV meluas menjadi 24 jam sehari. Selain itu, jangkauannya pun melebar ke sebagian Jawa Barat.

Pranala Luar