Fumihito

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fumihito
秋篠宮文仁親王
Pangeran Akishino
Prince Akishino 20091223.jpg
Pasangan Kawashima Kiko
Anak
Putri Mako dari Akishino
Putri Kako dari Akishino
Pangeran Hisahito dari Akishino
Gelar dan jabatan
HIH The Prince Akishino
Ayah Kaisar Akihito
Ibu Maharani Michiko
Lahir 30 November 1965 (umur 48)
Tokyo, Japan
Imperial Household Agency Hospital

Yang Mulia Pangeran Akishino (Fumihito) dari Jepang (秋篠宮文仁親王殿下 Akishino-no-miya Fumihito shinnō denka) juga dikenal sebagai Pangeran Fumihito (文仁親王 Fumihito shinnō) (lahir 30 November 1965; umur 48 tahun) adalah seorang anggota Keluarga Kekaisaran Jepang. Ia adalah putra kedua Kaisar Akihito dan Maharani Michiko dan saat ini menduduki peringkat kedua dari Takhta Bunga Seruni. Sejak pernikahannya pada Juni 1990, ia memakai gelar Akishino-no-miya (biasanya diterjemahkan menjadi Pangeran Akishino) dan memimpin cabang keluarga kekaisarannya sendiri.

Masa kanak-kanak[sunting | sunting sumber]

Pangeran dilahirkan pada 30 November 1965 di Istana Terpisah Aoyama di Tokyo. Nama yang diberikan kepadanya waktu kecil adalah Fumihito. Sebutannya di masa kanak-kanak adalah Pangeran Aya (Aya-no-miya). Ia belajar di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah dari Gakushuin. Bulan April 1984 ia masuk ke Fak. Hukum dari Universitas Gakhusuin dan di sana ia belajar hukum dan biologi. Setelah lulus dari universitas itu ia belajar taksonomi ikan di St John's College, Universitas Oxford di Inggris dari Oktober 1988 hingga Juni 1990. Setelah kematian kakeknya, Kaisar Showa, pada Januari 1989, ia menduduki peringkat kedua pada takhta itu, setelah kakak laki-lakinya, Putra Mahkota Naruhito.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pangeran Fumihito mendapat gelar Ph.D. dalam ornitologi dari Universitas Pasca-sarjana untuk Studi Lanjutan pada Oktober 1996. Disertasi doktoralnya berjudul "Filogeni Molekuler dari Ayam Hutan, genus Gallus dan Asal-usul Monofiletik dari Ayam Domestik." Ia melakukan penelitian lapangannya di Indonesia pada 1993 dan 1994, di Provinsi Yunnan di Republik Rakyat Tiongkok.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada 29 Juni 1990, Pangeran Fumihito menikah dengan Kawashima Kiko, putri dari Kawashima Tatsuhiko, profesor ekonomi pada Universitas Gakushuin, dan istrinya, Kazuko. Pasangan ini bertemu ketika mereka sama-sama belajar S1 di Gakushuin. Seperti ayahnya, Kaisar Jepang sekarang, pangeran menikah dengan warga di luar keturunan bangsawan dan cabang-cabang kolateral keluarga kekaisaran. Setelah pernikahannya, ia menerima gelar Pangeran Akishino (Akishino no miya) dan wewenang dari Badan Rumah Tangga Keluarga Kekaisaran untuk membentuk sebuah cabang baru keluarga Kekaisaran.

Anak-anak[sunting | sunting sumber]

Pangeran dan Putri Akishino mempunyai dua anak perempuan dan satu anak laki-laki, yaitu:

Tugas-tugas[sunting | sunting sumber]

Pangeran Akishino adalah presiden Institut Ornitologi Yamashina dan Perhimpunan Kebun Binatang dan Akuarium Jepang. Ia juga adalah presiden kehormatan dari World Wide Fund for Nature Japan, Persatuan Tenis Jepang, dan Perhimpunan Jepang-Belanda.

Gelar sejak lahir[sunting | sunting sumber]

  • Yang Mulia Pangeran Aya dari Japan
  • Yang Mulia Pangeran Akishino dari Japan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]