Putri Laurentien dari Belanda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Putri Laurentien
Putri Laurentien pada tahun 2010
Putri Laurentien pada tahun 2010
Pasangan Pangeran Constantijn dari Belanda
Anak
Countess Eloise
Count Claus-Casimir
Countess Leonore
Nama lengkap
Petra Laurentien Brinkhorst
Wangsa Wangsa Oranye-Nassau
Ayah Laurens Jan Brinkhorst
Ibu Jantien Brinkhorst-Heringa
Lahir 25 Mei 1966 (umur 48)
Leiden, Belanda
Agama Protestan

Putri Laurentien dari Belanda (terlahir dengan nama Petra Laurentien Brinkhorst; lahir di Leiden, Belanda, 25 Mei 1966; umur 48 tahun)[1] adalah istri dari Pangeran Constantijn dan adik ipar Raja Willem-Alexander dand Ratu Máxima.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Petra Laurentien Brinkhorst lahir di Leiden pada 25 Mei 1966. Ia adalah putri dari mantan Menteri Koordinator Ekonomi Belanda, Laurens Jan Brinkhorst dan istrinya, Jantien Brinkhorst-Heringa. Putri Laurentien memulai pendidikan dasarnya di Groningen. Keluarganya lalu pindah ke Den Haag, dimana ia akhirnya menyelesaikan pendidikan dasarnya. Ia melewatkan 4 tahun pendidikan di Christelijk Gymnasium Sorghvliet, dan setahun di Eerste Vrijzinnige Christelijk Lyceum, kedua lembaga ini berada di Den Haag. Pada tahun 1984, ia menjalani ujian bakaleurat di Lycée français, Tokyo. Saat itu ayahnya sedang bekerja di Jepang, menjabat sebagai being the Utusan Tetap Uni Eropa.

Putri Laurentien melanjutkan studi bidang Sejarah di Universitas Groningen. Ia menerima gelar Bachelor of Arts (BA) pada Ilmu politik di Universitas London pada tahun 1989 dan melanjutkan ke Universitas California di Berkeley, dimana ia meraih gelar Master of Jounalist (MJ) pada tahun 1991.

Pernikahan dan anak[sunting | sunting sumber]

Pertunangan Pangeran Constantijn dan Laurentien Brinkhorst diumumkan pada 16 Desember 2000. Dan sebuah pernikahan secara sipil dilakukan di Oude Raadzaal, Javastraat, Den Haag dipimpin oleh walikota Den Haag, Wim Deetman. pada 17 Mei 2001. Pernikahan gerejawi lalu diadakan dua hari berikutnya di Grote of St Jacobskerk, dengan pemberkatan oleh Pendeta Carel ter Linden. Saat pernikahannya Putri Laurentien memakai gaun rancangan Edouard Vermeulen. Pangeran Constantijn dan Putri Laurentien memiliki tiga orang anak:

Nama Lahir Tempat Lahir
Countess Eloise dari Oranye-Nassau, Jonkvrouwe van Amsberg 8 June 2002 Den Haag
Count Claus-Casimir dari Oranye-Nassau, Jonkheer van Amsberg 21 March 2004 Den Haag
Countess Leonore dari Oranye-Nassau, Jonkvrouwe van Amsberg 3 June 2006 Den Haag

Ia memberikan namanya kepada keponakannya Putri Alexia Juliana Marcela Laurentien dari Belanda (putri Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima) dan kepada sepupunya Paola Cecilia Laurentien ten Cate, putri kedua Putri Margarita dari Bourbon-Parma. Ia juga merupakan orang tua baptis dari Leah Isadora Behn, putri Putri Märtha Louise dari Norwegia. Ia dan keluarganya kini tinggal di Brussel

Referensi[sunting | sunting sumber]