Flybe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Flybe
IATA ICAO Kode panggil
BE BEE JERSEY
Didirikan 1979 (dengan nama Jersey European Airways)
Hub Bandar Udara Manchester
Bandar Udara Birmingham
Bandar Udara Southampton
Bandar Udara Internasional Exeter
Bandar Udara Belfast City
Kota fokus Bandar Udara Edinburgh
Bandar Udara Glasgow
Bandar Udara Internasional Norwich
Program penumpang setia Rewards4all
Ukuran armada 80
Kota tujuan 46
Perusahaan induk Jersey European Airways Ltd
Kantor pusat Exeter, Inggris
Orang penting Jim French, Jack Walker
Situs web http://www.flybe.com

Flybe merupakan sebuah maskapai penerbangan Inggris yang berbasis di Bandar Udara Exeter, Inggris. Maskapai ini merupakan maskapai regional independen terbesar di Eropa yang beroperasi di 99 rute menuju 40 bandar udara. Basis utamanya adalah Bandar Udara Internasional Exeter, tetapi yang terbesar adalah Bandar Udara Internasional Southampton. Basis yang lebih jauh juga terletak di Kepulauan Channel dan Pulau Man.

Perusahaan ini memiliki Lisensi Beroperasi Tipe A dari Otoritas Penerbangan Sipil Britania Raya yang mengizinkan pengangkutan penumpang, kargo dan surat pada pesawat dengan 20 kursi atau lebih.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Flybe de Havilland Dash 8 twin-turboprop
Embraer 195 (G-FBEA), 195 pertama Flybe
Flybe British Aerospace 146, pesawat ini akan digantikan pada 2006 oleh Embraer 195
Flybe Bae 146 dengan warna perusahaan game internet. Bandar Udara Internasional Glasgow, Juli 2006.

Flybe memulai operasinya pada 1 November 1979 dengan nama Jersey European Airways, setelah mengambil alih operasi Intra Airways tetapi diambil alih lagi pada 1983 oleh Jack Walker dari Walker Steel Group yang menjadi perusahaan induk Spacegrand Aviation yang berbasis di Blackpool. 2 maskapai juga seperti itu, dengan manajemen yang terpisah, hingga penggabungan dengan Walker Aviation Group pada 1985, dibawah nama Jersey European Airways. Namanya kemudian diganti menjadi British European Airways pada JUni 2000 dan dipendekkan menjadi Flybe pada 18 Juli 2002 dan sasaran menjadi maskapai bertarif rendah dengan layanan penuh. Pada 3 November 2006, diumumkan bahwa pengumuman perjanjian aturan telah dicapai untuk Flybe mengambil alih BA Connect, dengan pengecualian pada layanan di Bandar Udara London City. Pengambilan alih ini selesai pada Maret 2007. Sahamnya dimiliki oleh Rosedale Aviation Holdings (82%) dan staf (18%). Maskapai penerbangan ini memiliki 1,638 karyawanpada Maret 2007.[2]

Sejak Februari 2006, penumpang telah diberi pajak untuk bagasi kabin. Sekarang berharga £6 per penerbangan untuk membawa bagasi kabin.

Pengambilan alih BA Connect[sunting | sunting sumber]

Pada 5 Maret 2007, Flybe menyelesaikan pengambilan alih bisnis bekas maskapai regional British Airways. Pembelian ini pertama diumumkan pada 3 November 2006. British Airways akan menjamin bahwa Flybe memiliki uang yang cukup untuk mendapatkan target pertumbuhannya dan transisi diluar armada BA Connect. Pengembaliannya, British Airways membeli 15% saham Flybe. Pengambilan alih ini (yang mana tidak termasuk rute BA Connect di Bandar Udara London City telah meningkatkan jaringan rute Flybe di UK dan benua Eropa dan menjadikan Flybe sebagai maskapai regional terbesar Eropa.[3]

Kota Tujuan[sunting | sunting sumber]

Flybe terbang menuju kota-kota berikut (Mei 2007):[4]

Austria[sunting | sunting sumber]

Belanda[sunting | sunting sumber]

Belgia[sunting | sunting sumber]

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Dependensi Kerajaan Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Irlandia[sunting | sunting sumber]

Italia[sunting | sunting sumber]

Jerman[sunting | sunting sumber]

Kroasia[sunting | sunting sumber]

Perancis[sunting | sunting sumber]

Portugal[sunting | sunting sumber]

Spanyol[sunting | sunting sumber]

Swiss[sunting | sunting sumber]

Pembatalan[sunting | sunting sumber]

[rujukan?]

Penumpang yang memesan penerbangan dari London Luton menuju Jersey akan ditandai bahwa mereka terdaftar, setelah pembatalan penerbangan antara kedua kota tersebut. Penumpang dibolehkan terbang dari London Luton menuju Jersey, tetapi menggunakan maskapai Thomsonfly.

Pada 6 Maret 2007, Flybe mengumumkan bahwa mereka akan membatalkan semua rute BA Connect dari Bristol setelah mereka mengambil alih BA Connect pada 25 Maret 2007.

Armada[sunting | sunting sumber]

Armada Flybe telah mencakup (Juni 2007):[5]

Beberapa pesawat BA Connect masih beroperasi dengan livery British Airways tanpa nama apapun. Bombardier Q300-nya telah dikeluarkan.

Sebagai bagian dari pengambilan alih kru BA, ditawarkan sejumlah uang plus gaji reguler mereka untuk tetap bekerja bersama Flybe hingga April dengan kemungkinan untuk bekerja tetap. Kru lainnya akan meninggalkan Flybe setelah April, dengan pesawat surplus di darat setelah penerbangan dibatalkan karena kru yang kurang.

Pada November 2006, usia armada Flybe adalah 8.3 tahun[6].

Flybe telah memesan 16 Q400 yang akan digunakan untuk menggantikan Embraer 145 yang diwarisi dari BA Connect.

Pesanan Pesawat[sunting | sunting sumber]

  • Pada 6 Juni 2005, Flybe menaruh pesanan 14 Embraer 195 plus opsi 12 pesawat. Flybe merupakan pengguna pertama untuk EMbraer 195. Pengiriman pesawat dimulai pada September 2006 dan akan selesai pada November 2007. Pesawat baru ini akan menggantikan BAe 146, menyelesaikan rasionalisasi armada yang dimulai pada 2003 yang mana juga termasuk pesanan 61 Bombardier Dash 8 Q400 (41 pesanan dan 20 opsi).
  • Pada 14 Juni 2005, Flybe menukar opsi 4 Dash 8 Q400 dengan pesanan yang membawa armada Q400-nya menjadi 45 pesawat setelah dikirim.[7]
  • Pada 1 September 2006, maskapai ini menerima Embraer 195 berkursi 118 pertamanya, pengguna pertama produk ini. Dilengkapi dengan sistem panduan tunggal dan dikonfigurasi beriri penerbangan kelas tunggal, pesawat ini bermaksud untuk digunakan di jaringan rute Flybe, menggantikan BAe 146.
  • Pada Mei 2007, maskapai ini menandatangani perjanjian untuk 15 pesawat Bombardier Dash 8 Q400 senilai $394 juta, dengan opsi 15 pesawat. Flybe merupakan operator Q400 terbesar di dunia dan pesanan ini akan menambah armada Q400-nya menjadi 60 pesawat[8].


[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Operating Licence
  2. ^ "Directory: World Airlines". Flight International. 2007-04-03. hlm. 83. 
  3. ^ announced that they have completed the acquisition of BA Connect
  4. ^ http://www.flybe.com/map/default.htm
  5. ^ UK CAA Aircraft Register
  6. ^ Flybe Fleet Age
  7. ^ Air International, July 2005
  8. ^ Air Transport World 9 May 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]