Feta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Feta
Feta Cheese.jpg
Negara asal Yunani
Sumber susu Domba
Kambing
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Lembut
Kadar lemak 45%[1]

Feta adalah keju Yunani yang dibuat dengan menggunakan susu domba yang dipasteurisasi dan kadang-kadang ditambahkan susu kambing.[1] Keju Feta telah diproduksi di Yunani sejak zaman purbakala dan telah menyebar ke seluruh Balkan.[1] Nama keju ini berasal dari kata "fetas" dalam bahasa Yunani yang berarti "cakram".[1] Dalam karyanya "Odyssey", Homer menjelaskan mengenai cara pembuatan keju ini.[2] Resep dan cara pembuatan yang sama masih digunakan untuk membuat keju Feta.[2] Keju ini tidak memiliki kulit dan memiliki konsistensi yang padat.[1] Feta memiliki warna yang putih dan disimpan dalam air asin atapun air dadih.[1] Keju Feta biasanya terasa sangat asin karena pemberian garam yang banyak.[2] Untuk menghilangkan rasa asin pada keju Feta, keju tersebut direndam dalam air dingin ataupun susu selama beberapa menit.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 108-111.
  2. ^ a b c d (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 122.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]