Satuan internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Satuan internasional (Inggris: international unit disingkat IU atau Perancis: unité internationale disingkat UI) dalam farmakologi adalah satuan pengukuran untuk jumlah zat berdasarkan aktivitas biologis (atau efek biologis) yang terukur. Satuan ini umum digunakan untuk menyatakan jumlah zat dalam vitamin, hormon, obat, vaksin, produk darah dan zat biologis aktif sejenis lainnya. Walaupun namanya "satuan internasional", satuan ini tidak merupakan bagian dari sistem satuan internasional yang digunakan dalam fisika dan kimia.

Definisi satu IU untuk satu jenis zat berbeda dengan definisi satu IU untuk zat yang lain dan ditetapkan oleh kesepakatan secara internasional. Untuk mendefinisikan satu IU untuk suatu zat, sebuah pedoman referensi disiapkan oleh Komite Standarisasi Biologi (Committee on Biological Standardization) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang berisi angka IU dalam pedoman tersebut serta sebuah prosedur biologis yang digunakan untuk membandingkan pedoman lain dengan pedoman referensi. Tujuan disini agar pedoman lain dengan efek biologis yang sama akan mengandung angka IU yang sama pula.

Untuk beberapa zat, massa setara IU akan ditetapkan beberapa waktu kemudian, sehingga penggunaan angka IU untuk zat tersebut akan dihentikan. Akan tetapi satuan IU akan tetap digunakan dikarenakan kenyamanan penggunaannya. Sebagai contoh, untuk kepentingan farmakologi, vitamin E yang beredar dalam berbagai bentuk dan memiliki efek biologis yang berbeda-beda tetap diinformasikan dalam angka IU dan tidak dalam tipe dan massa khusus vitamin E.

Massa beberapa zat yang setara dengan 1 IU:

  • 1 IU Insulin: setara secara biologis dengan 45,5 μg kristal insulin murni (tepatnya 1/22 mg)
  • 1 IU Vitamin A: setara secara biologis dengan 0,3 μg retinol, atau 0,6 μg beta-karotin
  • 1 IU Vitamin C: 50 μg L-asam askorbik
  • 1 IU Vitamin D: setara secara biologis dengan 0,025 μg kolekalsiferol/ergokalsiferol (tepatnya 1/40 μg)
  • 1 IU Vitamin E: setara secara biologis dengan sekitar 0,667 mg d-alpha-tokoferol (tepatnya 2/3 mg), atau 1 mg dl-alfa-tokoferol asetat

Satuan sejenis lainnya dalam farmakologi adalah satuan enzim yang juga dikenal dengan "International unit of enzyme activity" disingkat "U".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]