F. X. Harsono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fransiskus Xaverius Harsono lahir 22 Maret 1949 dengan nama Oh Hong Boen di Blitar, Jawa timur adalah figur seniman yang merupakan perupa kontemporer asal Indonesia.[1] Setelah lebih dari 40 tahun Harsono memfokuskan pengkaryaannya dalam ranah komentari politik sosial Indonesia. Berdasarkan kisah hidup dan pengalamannya sejak kuliah Ia aktif mengkritisi situasi politik, masyarakat, dan budaya Indonesia melalui karya-karyanya. Beberapa tema yang menarik perhatiannya antara lain pembangunan minus pemerataan, marjinalisasi individu/golongan, pelanggaran hak asasi manusia, dan kerusakan lingkungan akibat industrialisasi. Setiap karya yang diciptakan mempunyai kecenderungan untuk membahas hal-hal yang bersifat esensial atau bahkan transendental. Karya-karyanya telah berhasil ditampilkan di lebih dari 100 pameran yang tersebar di seluruh dunia.[2]

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1969 FX Harsono menempuh pendidikan seni di ASRI yang sekarang menjadi Institut Seni Indonesia (ISI), kemudian melanjutkan pendidikannya di Institut Kesenian Jakarta pada tahun 1987 hingga 1991. Ia juga merupakan pendiri dari Gerakan Seni Rupa Baru (GSRB) dan gerakan Desember Hitam.

Sejak mahasiswa, FX Harsono aktif sebagai kritikus politik, masyarakat dan budaya Indonesia. Biografi Harsono dan sejarah keluarganya sering kali menjadi dasar karya seninya. Dalam hal ini, secara spesifik merujuk pada situasi yang dialami oleh kaum minoritas kurang mampu dengan latar belakang sejarah dan perkembangan politik Indonesia sendiri. Persimpangan antara pribadi dan politik ini terutama terlihat dalam karya-karya terbarunya.

Secara keseluruhan, karya Harsono sering kali merefleksikan isu-isu sosial yang dialami banyak orang, khususnya yang memiliki keturunan darah Cina. Utamanya pada isu diskriminasi dan juga persoalan nama.[3]

Latar Belakang Pengkaryaan[sunting | sunting sumber]

Setelah lebih dari 30 tahun memfokuskan pengkaryaannya dalam ranah komentari politik sosial Indonesia, FX Harsono bergeser ke dalam isu pribadi. Berangkat dari perubahan situasi politik setelah terjadinya pemberontakan (riot) pada tahun 1998 di era presiden Soeharto, ia sebagai seniman merasa perlu mempertanyakan kembali identitas dirinya. Harsono sebagai warga negara Indonesia yang memiliki keturunan Tiongkok, sadar pengetahuannya akan kultur Indonesia seperti Jawa, maupun kultur Cina sangatlah minim. Pada titik itu Harsono mulai mengangkat persoalan akan identitasnya sebagai warga negara Indonesia yang mempunyai darah keturunan Cina.

Dalam proses menanyakan identitas pribadi, Harsono merasa peran ia sebagai seniman yang sering mengangkat isu politik dan kultural sosial sangat penting untuk masyarakat. Harsono melihat dirinya sebagai bentuk hamparan tanah, dimana orang-orang bisa menanam berbagai macam bentuk tumbuhan dan tanaman di tanah tersebut. Bayangan itu pun divisualisasikan di karya Harsono yang berjudul “My Body as a Field” Diarsipkan 2023-02-24 di Wayback Machine..

Pada tahun 1967, pemerintahan Indonesia membuat hukum dimana orang-orang yang memiliki darah Cina harus mengubah nama mereka menjadi nama Indonesia agar dapat diakui sebagai warga negara Indonesia. Harsono merasa hukum tersebut melanggar hak asasi manusia. Nama “Harsono” secara pribadi dipilih oleh dirinya, dan nama “FX” yang merupakan singkatan dari nama baptis diberikan oleh ibunya. Setelah melalui tahap riset, Harsono sadar bagaimana banyak orang Cina yang tinggal di Indonesia mengubah nama mereka hanya dikarenakan keperluan administrasi. Melalui hal inilah nama menjadi isu penting bagi Harsono dalam pencarian identitas serta merupakan titik dimana dia mulai memfokuskan karyanya akan isu-isu identitas dan diskriminasi.[4]

Linimasa Karir[sunting | sunting sumber]

Pada 1974 bersama 13 seniman lainnya, ia menandatangani manifesto yang dikenal sebagai “Desember Hitam” sebagai wujud protes terhadap penilaian akhir Pameran Besar Seni Lukis Indonesia (PBLSI). Konflik tersebut menjadi momentum bagi lahirnya Gerakan Seni Rupa Baru (GSRB) pada Agustus 1975 yang diprakarsai oleh 12 seniman muda termasuk Harsono. Tujuan gerakan ini untuk mendobrak paradigma seni rupa Indonesia yang dianggap terlalu terkungkung berbagai pakem yang justru menghambat kreativitas seniman Indonesia. GSRB sukses menggelar pameran perdananya pada Agustus 1975.

Lebih lanjut lagi, memasuki 1990-an, karya Harsono mulai menarik perhatian dunia internasional, karena secara gamblang mengkritik rezim otoriter Orde Baru. Harsono mendapat kesempatan menjalani residensi di Adelaide pada 1992 dan mengikuti “Asia Pacific Triennale” di Brisbane setahun berselang. Setelahnya, Harsono kerap mengikuti berbagai pameran tunggal maupun kolektif di berbagai museum, Galeri Nasional dan privat di berbagai kota di dunia. Di antaranya New York, San Francisco, Amsterdam, dan beberapa kota di Belanda, Berlin, London, Paris, Tokyo, Fukuoka, National Gallery Australia di Canberra, Sydney, Melbourne dan beberapa kota di Australia, Singapore Art Museum serta beberapa negara di Asia seperti Jepang, Korea Selatan, dan Cina.

Sejak 2009, dengan berbasis riset karya-karya Harsono bertema tentang permasalahan identitas, kebudayaan, dan sejarah orang Tionghoa di Indonesia. Karya-karyanya menjadi koleksi dari beberapa museum, diantaranya National Gallery Australia, Gallery of Modern Art Queensland – Australia, Albright-Knox Art Gallery, Art Museum Buffalo, New York, Singapore Art Museum, National Gallery Singapore, Asian Art Museum San Francisco, Taoyuan Museum of Fine Arts, Taipe, Museum Macan, Tumurun Private Museum, Indonesia, dan beberapa kolektor Indonesia maupun mancanegara.

Pameran tunggal FX Harsono pertama kali di Amerika pada 2012 memamerkan “Writing in the rain” Diarsipkan 2023-01-20 di Wayback Machine. (2011) tentang meditasi yang kuat tentang trauma, kehilangan, ingatan dan ketahanan antar generasi identitas pribadi dan budaya. Writing in the rain dipamerkan di Tyler Rollins Fine Arts New York pada 2012 .

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

FX Harsono mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya adalah Prince Claus Award pada tahun 2014, Joseph Balestier Award for the Freedom of Art tahun 2015 untuk Kebebasan Seni (2015) diberikan oleh kedutaan AS di Singapura. Penghargaan Pangeran Klaus Award untuk menghormati “peran penting beliau dalam ranah seni rupa kontemporer Indonesia selama empat puluh tahun” (2014). Persembahan solo pertamanya di AS, "Writing in the Rain" (2011) dipamerkan di Tyler Rollins Fine Art pada tahun 2012. Video utama dari pameran tersebut ditampilkan di Times Square New York City selama sebulan (2018). Pada tahun 2017 karyanya dimasukkan dalam dua pameran survei besar: SUNSHOWER: Seni Kontemporer dari Asia Tenggara 1980-an hingga Sekarang di Museum Seni Mori di Tokyo; dan After Darkness: Seni Asia Tenggara dalam Kebangkitan Sejarah di Asia Society di New York. Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, Anugerah Adhikarya Rupa dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di samping itu, FX Harsono adalah salah satu pendiri Koalisi Seni.[5]

Daftar Pameran[sunting | sunting sumber]

Pameran tunggal:[6][sunting | sunting sumber]

Pameran kelompok[sunting | sunting sumber]

Residensi[sunting | sunting sumber]

  • School of Art, The South Australian University, Adelaide, Australia (1992).
  • The Amsterdam Grafisch Atelier, Amsterdam, Netherland (2002 - 2003)
  • KITLV, Leiden, Netherland (2015).

Koleksi Publik[sunting | sunting sumber]

  • Fukuoka Asian Art Museum Diarsipkan 2023-06-05 di Wayback Machine., Hakata, Jepang.
  • Ullen Foundation Collection, Beijing, People’s Republic of China.
  • Singapore Art Museum, Singapore.
  • National Gallery of Singapore, Singapore.
  • Sherman Foundation, Sydney, Australia.
  • National Gallery of Victoria, Melbourne, Australia.
  • National Gallery of Australia, Canberra, Australia.
  • Gallery of Modern Art, Queensland, Australia.
  • Museum OHD Diarsipkan 2023-06-01 di Wayback Machine., Magelang, Indonesia.
  • Arthub Asia, Far East Far West collection, Shanghai, People’s Republic of China.
  • Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Indonesia.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Anugrah Adhikarya Rupa 2014 Award, Dari Kementerian Pariwisata dan Kreatif Ekonomi, Indonesia (2014).
  • Penghargaan Prince Clause Fund Laureate (2014).
  • Penghargaan Joseph Balestier Untuk Kebebasan Seni, dari Kedutaan Besar AS, Singapura (2015).

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ISA Art and Design. "FX Harsono". ISA Art and Design. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-17. Diakses tanggal 2022-04-05. 
  2. ^ Harsono, FX. "Official Website FX Harsono". FX Harsono. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-30. Diakses tanggal 2022-04-03. 
  3. ^ "Sullivan+Strumpf » Artists » FX Harsono » CV/Bio". www.sullivanstrumpf.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-01. Diakses tanggal 2022-04-05. 
  4. ^ Beyond the Self: FX Harsono, diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-05, diakses tanggal 2022-04-05 
  5. ^ "FX Harsono and the Complexity of NAMA". COBO Social (dalam bahasa Inggris). 2019-05-30. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-06. Diakses tanggal 2022-04-05. 
  6. ^ "FX HARSONO". Arndt and Fine Art. Maret 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-22. Diakses tanggal 4 Maret 2018.